Mau Beli Kartu Micro SD untuk Smartphone? Terapkan 5 Tips Berikut Agar Tidak Merugikan Anda

kartu Micro SD

Image dari Droid-life.com

Bila Anda adalah salah satu pengguna smartphone, pasti Anda tak akan lepas dari komponen yang satu ini yaitu micro SD. Micro SD sendiri adalah kartu memori non-volatile yang dikembangkan oleh perusahaan produsen SD Card Association tertentu untuk kemudian digunakan dan dimanfaatkan pada perangkat portable seperti ponsel, kamera, tablet dan lainnya.

Nah melihat dari kegunannya yang penting untuk perangkat ini maka Micro SD tentu perlu Anda cek dan periksa sebelum membeli. Mengapa? Sebab dengan keberadaan Micro SD saat ini yang sangat banyak jumlahnya, tak menutup kemungkinan ada beberapa produk yang jelek dan bisa merusak perangkat #smartphone yang Anda miliki.

Dari sini tentu saja Anda akan merugi saat mendapatkan kartu Micro SD yang jelek dan tidak sesuai tadi. Mak dari itu dari sinilah tentu Anda harus memiliki kewaspadaan ketika akan membeli dan memilih Micro SD untuk kebutuhan smartphone Anda. Lalu seperti apakah cara dan tips untuk memilih kartu Micro SD yang tepat untuk perangkat ponsel pintar ini? Berikut ulasannya.

1. Pastikan Perangkat Mendukung Kartu Micro SD

Tips pertama untuk membeli dan memilih kartu Micro SD untuk smartphone adalah dengan memastikan perangkat (smartphone) telah mendukung kartu micro SD. Ya, beberapa ponsel pintar memang ada yang tidak mempunyai dukungan ke slot micro SD. Mereka para produsen smartphone yang tidak memiliki dukungan ke micro SD menyatakan bahwa pihaknya sudah memberikan ruang penyimpanan internal yang besar dan luas pada perangkatnya.

Jadi menurutnya penggunaan micro SD ini tidak diperlukan sama sekali. Nah dari sinilah agar tidak merugikan Anda, sebelum Anda akan membeli kartu micro SD alangkah baiknya Anda memastikan perangkat (ponsel pintar) telah mendukung fitur micro SD.




Artikel lain: Aplikasi ‘Bersih-bersih’ Malah Bikin Smartphone Android Lemot, Benarkah Demikian?

2. Pastikan Ketahui Jenis Kartu Micro SD

Kartu micro SD memang ada beberapa macam atau jenis yaitu SDSC, SDHC dan SDXC. Micro SD SDSC (Secure Digital Standard Capacity) sendiri adalah kartu micro SD yang memiliki kapasitas maksimum resmi sekitar 2 GB hingga sampai 4 GB. Sedangkan micro SD SDHC (Secure Digital High Capacity) merupakan micro SD yang mempunyai kapasitas penyimpanan dari 4 GB sampai 32 GB.

Dan kemudian ada SDXC (Secure Digital Extended Capacity) yang memiliki kapasitas penyimpanan di atas 32GB hingga maksimum 2TB. Nah dari beberapa mengetahui beberapa jenis dari kartu Micro SD ini maka Anda akan bisa mendapatkan kartu micro SD yang sesuai dengan smartphone dan juga sesuai dengan kondisi finansial Anda.

3. Pahami Arti Class pada Sebuah Kartu Micro SD

Selain memiliki jumlah kapasitas penyimpanan yang berbeda-beda, kartu micro SD juga mempunyai perbedaan pada tingkat kemampuan minimum di mana kartu ini bisa mempertahankan transfer data. Dalam istilah Micro SD, kemampuan ini disebut dengan Class atau kelas.

Secara keseluruhan micro SD yang ada, setidaknya ada 4 class yaitu 2, 4, 5, dan 10. Jadi jika Anda melihat micro SD dengan tulisan class 2 maka itu artinya micro SD tersebut dapat membaca dan menuliskan data pada kecepatan 2 Mbps. Dan jika pada micro SD tersebut tertulis class 4 maka artinya micro SD itu bisa membaca dan menuliskan data pada kecepatan 4 Mbps. Begitu pula seterusnya untuk micro SD dengan class 5 dan 10.




4. Pahami Maksud UHS Pada Kartu Micro SD

Dalam produk micro SD juga sering dikenal istilah UHS. Apa itu UHS? UHS (Ultra High Speed )adalah kecepatan transfer data dari micro SD. Dari sejarah produk micro SD sendiri setidaknya sudah ada tingkat UHS dari 1 dan 2 dengan rincian :

  • UHS-I (Ultra High Speed-Class1) yang mampu membuat kecepatan transfer 30MB/s hingga 104MB/s.
  • UHS-II (Ultra High Speed-Class2) yang mampu membuat kecepatan transfer 156MB/s hingga 312MB/s.

Sayangnya sampai saat ini belum ada ponsel pintar yang mendukung standar UHS, karena kecepatannya yang memiliki perbedaan dengan kecepatan kartu micro SD yang ada saat ini.

Baca juga: 5 Mitos Salah Kaprah Tentang Pengisian Daya Baterai Smartphone

5. Pilih Micro SD yang Lebih Baik dan Bisa Mempercepat Kinerja Smartphone

Terakhir, tips untuk membeli dan memilih micro SD adalah dengan memilih micro SD yang berkualitas dan mampu mempercepat  kinerja smartphone. Ya, jangan ragu untuk membeli micro SD yang paling berkualitas. Sebab semakin berkualitas micro SD maka hal ini akan mampu meningkatkan kinerja smartphone. Dan satu lagi keuntungan dari memilih micro SD yang berkualitas baik adalah bisa menjaga keawetan micro SD dan smartphone Anda.



1 comment on this postSubmit yours
  1. Jika salah membeli merek kartu Micro SD, akibatnya bisa sangat fatal ya…
    Data hilang dan uang pun jadi hilang… karena kartu Micro SD yang akhirnya rusak tidak terbaca lagi…

    Biarlah membeli kartu Micro SD yang agak mahal sedikit namun berkualitas…

    Salam,

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud