Mau Ajari Anak Kelola Keuangan? Coba 4 Cara Berikut Ini

mengajari anak mengelola uang

Image dari Hopeforwomenmag.com

Mengelola keuangan memang urusan yang sangat penting untuk setiap orang. Sebab dengan kemampuan pengelolaan keuangan yang baik maka akan mendorong kehidupan yang lebih baik. Nah cara pengelolaan yang baik ini tidak harus dilakukan oleh kaum dewasa yang telah mendapatkan penghasilan saja, namun pada anak-anak pun seharusnya sudah diajari.

Untuk apa mengajari anak kecil untuk mengelola #keuangan? Tentu saja banyak manfaatnya. Yang pasti dengan mengajari anak mengelola keuangan maka mereka akan terbantu dalam bertanggung jawab terhadap uang yang didapatnya dari orangtua. Nah kemudian ketika mereka telah dewasa, maka anak-anak ini akan lebih cermat dalam mengelola keuangan yang dimiliki.

Artikel lain: Mau Menghemat Uang Saku? Terapkan 6 Tips Berikut Ini




Dari beberapa manfaat ini tentu saja pengelolaan keuangan sejak dini sangatlah penting. Namun untuk mengajarkan anak mengelola keuangan ini banyak orang tua yang masih bingung. Para orang tua ini tak tahu dan tak mengerti cara untuk mengajari anak ini. Nah untuk Anda para orang tua yang masih kebingungan untuk mengajari anak mengelola keuangan, Anda bisa melakukan 4 cara berikut ini.

1. Berikan Uang Kepada Anak Selagi Di Rumah

Pertama cara untuk mengajarkan anak mengelola keuangan adalah dengan memberikan uang pada anak selagi di rumah. Namun bukan berarti Anda begitu saja memberikan uang pada anak di rumah. Namun Anda bisa memberikan uang ini dengan sebuah perintah mengerjakan dan menyelesaikan tugas lain. Bisa saja Anda menyuruh membersihkan kamarnya yang berantakan atau bisa juga Anda memerintah anak Anda untuk membersihkan halaman rumah.

Dengan adanya tugas-tugas ini sebelum menerima uang, Anak akan terbiasa berpikir bahwa untuk mendapatkan uang tidak semudah yang dibayangkan, sebab mereka perlu mengeluarkan tenaga untuk bisa mendapatkan uang tersebut. Jika hal ini terus-menerus Anda tanamkan maka kelak saat anak Anda sudah dewasa mereka akan mengerti dan memahami cara mendapatkan uang dan pentingnya pengelolaan uang.

2. Ajarkan Anak Tentang Satuan Harga

Berikutnya cara untuk mengajarkan anak untuk mengelola keuangan adalah dengan mengajarkan pada mereka tentang harga satuan barang dan perhitungannya. Ya, setiap barang pastinya memiliki harga tertentu. Dari sini ajari anak Anda untuk mengenali berbagai macam barang beserta harganya. Jangan lupakan juga untuk mengajari mereka perhitungannya. Misalnya dengan membeli tiga barang maka berapa uang yang dibutuhkan atau bila membeli dengan uang lebih maka berapa jumlah kembali uang yang seharusnya didapat.

Dengan mengajarkan hal-hal ini maka anak akan terbiasa berinteraksi finansial dengan orang lain. Jangan lupa juga untuk menyuruh anak melakukan atau mempraktikkan kegiatan transaksi finansial ini secara langsung di lapangan. Karena jika Anda hanya mengajari teorinya saja tanpa praktik tentu saja hal ini akan sia-sia saja.

3. Berikan Kesempatan Untuk Berpartisipasi Dalam Sebuah Bisnis Kecil

Jangan ragu untuk mengajarkan anak sejak dini dalam bisnis. Meski mereka masih kecil namun dengan pengalaman bisnis yang Anda pupuk sejak awal maka mereka akan memahami cara memperoleh uang dengan jalan berbisnis. Dengan cara ini selain anak-anak bisa belajar mengatur keuangan, mereka juga akan mampu belajar berpikir kreatif guna menciptakan #peluang bisnis. Menarik bukan? Maka dari itu berikan saja kesempatan buat mereka untuk berpartisipasi dalam bisnis.

Tak perlu bisnis besar, namun dengan hanya bisnis kecil-kecilan seperti menjual barang re-seller maka anak-anak ini akan mampu mendapatkan ilmu dan pengalaman yang sangat berharga dalam hal manajemen bisnis dan juga pengelolaan uang tentunya.

Baca juga: Bermain Monopoli Ternyata Mengajarkan Banyak Hal Tentang Pengelolaan Keuangan

4. Ajarkan Keuangan Lewat Permainan Komputer Atau Via Aplikasi

Terakhir, cara untuk mengajari anak mengelola keuangan adalah melalui games atau permainan di komputer atau via #aplikasi. Saat ini memang sudah banyak game dan aplikasi yang muncul dengan tema pengelolaan keuangan.

Bila kita dulu mengenal permainan monopoli secara konvensional, maka permainan monopoli saat ini bisa dimainkan degan sangat menarik melalui perangkat komputer atau #gadget. Tapi permainan dengan tema pengelolaan keuangan ini bukan hanya monopoli saja namun saat ini banyak pilihan yang bisa Anda download dan untuk Anda perkenalkan pada anak-anak Anda. Dengan cara ini anak-anak tentu saja akan senang sebab mereka bisa bermain sekaligus belajar melakukan pengelolaan uang.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud