Masa Depan Cerah Dengan Bisnis Tanaman Hias

Image dari Pixabay.com

Image dari Pixabay.com

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa hampir semua rumah yang ada di dekat kita memiliki tanaman hias sebagai alat untuk mempercantik rumah. Ada banyak sekali jenis tanaman hias yang bisa digunakan untuk memperindah baik rumah, kantor maupun sekolah.

Tidak hanya bunga saja, namun tanaman jenis bonsai juga bagus sekali digunakan sebagai tanaman penghias. Nah, jika dilihat dari keadaan ini, maka mengelola bisnis tanaman hias adalah sangat prospektif dan potensial.

Apalagi jika Anda memiliki dasar yang hobi dengan tanaman hias, maka tentu saja bisnis tanaman hias menjadi semakin mudah untuk ditekuni. Menjalankan #hobi jadi bisnis ini akan terasa menyenangkan dan selalu menantang. Kembali ke tanaman hias, bagaimanakah prospeknya ke depan, apakah bisnis ini termasuk bisnis yang musiman saja, ataukah justru sebaliknya. Mari kita simak ulasan di bawah ini.

Kenapa Memilih Bisnis Tanaman Hias?

Menurut hemat saya, bisnis tanaman hias sampai saat ini masih dipandang sebagai bisnis musiman yang tidak bisa diandalkan untuk menopang ekonomi. Mungkin pandangan tesebut masih terkait dengan boomingnya tanaman hias beberapa tahun yang lalu. Saat itu ada beberapa jenis bunga yang memiliki harga yang luar biasa sangat mahal.

Sebut saja jenis gelombang cinta, kemudian ada sanseivera, kemudian dilanjutkan dengan jenis adenium. Semua masyarakat tersihir oleh gaung bisnis bunga-bungaan sehingga yang sebelumnya tidak hobi dengan bisnis tanaman hias, tiba-tiba menjadi seorang yang sangat menyukai bisnis ini.

Nah, kemudian apa yang terjadi, setelah gaungnya meredup, maka masyarakat yang ikut-ikutan tadi hanya mendapatkan kerugian karena bunga yang mereka beli sudah tidak memiliki harga yang sefantastis seperti sebelumnya.

Mungkin faktor ini yang membuat cara pandang mereka menjadi sedikit apatis terhadap bisnis tanaman hias. Namun sebenarnya jika saya perhatikan, penjual tanaman hias di beberapa daerah di sekitar, masih tetap berjalan dan bahkan mengalami perkembangan. Ini bisa menjadi sedikit bukti bahwa bisnis tanaman hias bukanlah bisnis yang hanya berdasar pada musim saja.

Artikel lain: Ingin Menjalankan Bisnis Tanaman Hias? Inilah 4 Syarat Suksesnya 

Ada beberapa jenis tanaman hias yang masih banyak diburu oleh pehobi tanaman. Jenis bunga dan bonsai masih memiliki pasar yang sangat potensial. Bunga-bunga dengan kategori bunga yang tidak mahal juga masih menjadi daya tarik untuk beberapa konsumen.

Jika Anda benar-benar tertarik untuk menjalankan beisnis tanaman hias, sebaiknya Anda pelajari dengan benar bagaimana seluk beluk pada bisnis ini. Jangan hanya menjadi pengikut trend sesaat yang hanya akan membuat Anda menyesal kemudian.




Prospek ke Depan Bisnis Tanaman Hias

Sebenarnya, bagaimana cara memandang prospek atau #peluang usaha pada sebuah bisnis di masa yang akan datang itu tergantung diri kita sendiri. Apakah bisnis itu ke depan akan tetap bisa bertahan atau malah akan berhenti di tengah jalan ketika pasar mulai jenuh. Namun, untuk mengetahui seberapa potensialkah bisnis tanaman hias ini ke depan, mari kita pelajari bersama-sama seberapa besar pasar membutuhkan keberadaan tanaman hias ini.

Bisnis tanaman hias ini, ternyata setelah saya cermati sangat terkait dengan perkembangan pembangunan pada suatu daerah. Kenapa demikian, karena jika melihat pesatnya pembangunan di suatu daerah, akan sangat membantu pebisnis tanaman hias dalam memasarkan barangnya.

Banyaknya pembangunan perumahan, pembangunan kantor, ataupun pembangunan sekolah, sangat berpangaruh signifikan terhadap bisnis ini. Rumah dan kantor baru tersebut selalu membutuhkan penghias untuk bangunan yang baru didirikan. Baik untuk hiasan taman maupun untuk hiasan di bagian dalam sebuah ruangan.

Baca juga: Menilik Peluang Bisnis Tanaman Hias Yang Bisa Anda Kembangkan

Saat ini, jamak ditemui sebuah kantor di beberapa ruangan di dalamnya terdapat sedikitnya satau atau dua jenis tanaman hias. Belum lagi sekolah, tentu akan banyak lokasi yang membutuhkan tanaman hias. Apa lagi jika sekolah mengusung misi green school yng saat ini tengah digalakkan, pasti akan menjadi peluang yang sangat bagus untuk bisnis tanaman hias.

Nah, jika melihat pasar yang ada, serta kebutuhan akan tanaman hias, saya kira masih sangat relevan untuk menjalankan bisnis tanaman hias. Namun tentu ada beberapa catatan yang harus Anda perhatikan jika akan menekuni bisnis ini. Jangan sampai Anda hanya mengikuti tren sesaat saja.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud