Menilik Peluang Bisnis Tanaman Hias Yang Bisa Anda Kembangkan

bisnis tanaman hias

Image dari Olandscape.com

Sebagai seorang pebisnis, Anda dituntut harus pandai melihat celah dan #peluang usaha yang bisa menghasilkan. Peluang usaha dari hobi jadi bisnis masih sangat menjanjikan jika dikelola dengan profesional. Banyak sekali pebisnis yang sukses bermula dari hanya sekedar hobi. Sama halnya dengan bisnis tanaman hias ini, jika Anda memiliki ketertarikan yang lebih terhadap tanaman hias, tak ada salahnya juga untuk Anda tekuni lebih serius dan dijadikan sebuah bisnis.

Ternyata, jika kita amati lebih dalam ada beberapa segmen pasar yang bisa dimasuki di seputar bisnis tanaman hias. Ada keterkaitan satu dengan yang lainnya antara masing-masing bisnis yang berada di seputar tanaman hias. Dan hal ini tentu menjadi peluang yang bagus karena adanya ikatan kebutuhan masing-masing bisnis tersebut.

Di bawah ini adalah beberapa peluang usaha yang ada di sekitar tanaman hias yang bisa Anda jadikan alternatif jika Anda memiliki hobi dengan tanaman hias.

1. Jual Pupuk Tanaman Hias

Pupuk adalah salah satu kebutuhan pokok bagi tanaman. Apalagi untuk tanaman hias, tentu harus mendapatkan perawatan yang khusus dan perhatian yang lebih. Untuk itu, peluang jualan pupuk untuk tanaman hias nampaknya sangat potensial dan prospektif untuk dijalankan.

Selain untuk tanaman hias, pupuk juga sangat dibutuhkan untuk tanaman produktif yang lain. Untuk pupuk, Anda bisa menjual pupuk kimia atau pupuk organik. Untuk saat ini, yang mulai banyak peminatnya adalah pupuk organik.

Artikel lain: Little Gardenia ~ Bisnis Tanaman Hias Dengan Prospek Cerah

2. Jual Media Tanam Tanaman Hias

Media untuk tanaman hias memang umumnya berbeda dengan media tanam pada tanaman yang lain. Jadi menjual media tanam tanaman hias bisa dibilang juga sangat menguntungkan. Jika Anda tidak atau belum bisa membuat media tanam sendiri, Anda bisa memesannya pada pembuat media tanam untuk tanaman hias.

Saran saya, carilah relasi penjual tanaman hias, baik penjual bunga atau yang lainnya dan bekerjasamalah dengan mereka untuk menjadi supplier. Atau jika tidak, Anda juga bisa langsung menjualnya pada konsumen perorangan.

3. Membuat Media Tanam Tanaman Hias

Ini sangat erat kaitannya dengan nomor dua. Biasanya karena beberapa hal, penjual tanaman hias tidak bisa membuat media tanam sendiri. Bisa karena tidak adanya waktu, juga mungkin karena keterbatasan kemampuan. Nah, peluang bisnis ini bisa Anda manfaatkan dengan menjadi pembuat media tanam untuk tanaman hias.

Sebelum Anda memutuskan untuk menjadi pembuat media tanam tanaman hias, sebaiknya Anda pelajari dengan baik dan benar beberapa kebutuhan tanaman hias akan media tanam yang tentunya berbeda-beda. Jangan sampai media tanam hasil buatan Anda bukan menjadikan subur tanaman, namun justru sebaliknya. Jadi sebaiknya persiapkan pengetahuan dengan betul.




3. Buka Jasa Membentuk Tanaman Hias

Bisnis pada segmen ini kelihatannya belum begitu banyak peminatnya. Jasa ini bisa diterapkan pada beberapa jenis tanaman hias, seperti bunga adenium dan terutama pada bonsai. Membentuk tanaman hias dibutuhkan baik untuk kebutuhan koleksi pribadi atau juga untuk kebutuhan perlombaan.

Untuk membuka jasa ini, memerlukan keahlian dan pengalaman yang tinggi. Karena sangat sulit untuk melakukan pembentukan tanaman hias sehingga bisa menghasilkan hiasan alami nan indah.

4. Bisnis Tanaman Hias untuk Dekorasi

Bisnis ini juga belum begitu banyak yang menekuninya. Sebenarnya, peluang bisnis ini sangatlah prospektif. Karena saat ini semakin banyak orang yang sangat sadar dengan estetika pada rumahnya. Jika Anda memiliki kemampuan membuat desain taman dengan tanaman hias, tidak ada salahnya Anda coba bisnis ini.

Baca juga: Ingin Hobi Jadi Bisnis? Jawab Pertanyaan Ini Dulu Agar Sukses

Anda bisa bekerja sama dengan beberapa pengembang atau pebisnis properti untuk jasa ini. Atau Anda juga bisa menjalin kerjasama dengan tukang bangunan atau bisa juga pemborong. Biasanya tukang bangunan tidak memiliki kemampuan untuk membuat dekorasi desain taman, nah di situlah Anda bisa masuk.

Nah, itulah empat peluang usaha yang berada atau berkaitan erat dengan bisnis tanaman hias. Ada beberapa orang pebisnis tanaman hias yang juga sekaligus menjual pupuk dan sebagainya. Namun ada baiknya juga jika Anda memilih satu segmen bisnis tertentu agar lebih fokus dan bisa maksimal.



1 comment on this postSubmit yours
  1. Ak bangga dengan ad nya peluang yg bisa di percaya

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud