Sadar Potensi Digital Marketing, Martha Tilaar Genjot Konten Kreatif Dan Kerjasama Influencer Online

martha tilaar

Image dari Blogger.com

Sudah banyak bisnis besar di Indonesia yang berhasil membuktikan kekuatan dari marketing digital. Terutama bagi yang sebelumnya hanya bergelut di bidang offline, masuk ke ranah online tentu  membawa angin segar serta potensi baru yang bisa meledakkan perkembangan sebuah bisnis.

Hal tersebut diamini oleh salah satu perusahaan brand kosmetik terkemuka di Indonesia, Martha Tilaar. Perusahaan yang telah berdiri sejak belasan tahun yang lalu tersebut, menjadi salah satu unit bisnis yang paling gencar untuk memaksimalkan adanya marketing digital. Strategi yang dijalankan pun terbilang sangat dinamis, mulai dari memaksimalkan pembuatan konten kreatif hingga mengadakan kerjasama dengan influencer online.

Membangun Divisi Khusus Marketing Digital

Sebagai bukti keseriusan mengembangkan #marketing digital, perusahaan Martha Tilaar saat ini telah mempunyai divisi khusus yang diberi nama Creative & Innovation Division. Divisi ini nantinya akan memaksimalkan segala aspek terkait dengan strategi digital dan pengembangan bisnis online Martha Tilaar.

Dalam keterangannya, disampaikan oleh Creative And Inovation Director Martha Tilaar Group of Companies, Kilala Tilaar, saat ini perusahaan besar di Indonesia membutuhkan kemampuan untuk riset pasar serta mengetahui prediksi tren produk hingga 5 tahun ke depan. Hal ini menjadi acuan penting agar sebuah perusahaan bisa tetap bertahan dan memenangkan persaingan yang semakin ketat.

Artikel lain: Martha Tilaar ~ Pengusaha Kosmetik Wanita Sukses Asal Indonesia




Lebih lanjut disampaikan bahwa, hingga saat ini upaya Martha Tilaar untuk menggaet konsumen memang lebih banyak dilakukan secara online. Hal ini dimulai dari riset, penciptaan produk hingga komunikasi dengan para konsumen semuanya sudah bisa difasilitasi secara digital.

Selain itu, karena menargetkan konsumen dalam kategori anak muda, tentunya pemasaran melalui media internet dirasa lebih efektif karena generasi milenial cenderung lebih “lengket” dengan teknologi ketimbang generasi pendahulu.

Beberapa Strategi yang Dilancarkan Martha Tilaar

Masih disampaikan oleh Kilala Tilaar, salah satu hal yang terpenting dalam upaya marketing digital ini adalah terkait dengan konten. Dan strategi yang ditempuh oleh perusahaan Martha Tilaar nyatanya juga terbagi dalam beberapa bentuk. Yang pertama yakni membuat konten seperti film pendek yang nantinya diharapkan dapat menjadi media komunikasi serta edukasi bagi konsumen.

Media dalam bentuk video memang semakin memegang peranan penting di saat akses video secara online juga semakin mudah. Selain itu pembuatan video nyatanya juga dapat lebih banyak menggugah minat konsumen untuk mencoba produk kosmetik.

Strategi kedua yang diterapkan oleh Martha Tilaar adalah menjalin kerjasama dengan influencer online dalam hal ini #blogger ataupun YouTuber untuk mempromosikan produk kosmetik Martha Tilaar.




Dari riset yang telah dilakukan oleh divisi pemasaran digital, bahwa ternyata kepercayaan konsumen dapat lebih mudah muncul dari testimoni yang dikeluarkan oleh para blogger atau YouTuber yang memang khusus membahas tentang masalah kosmetik.

“Sebelum membeli, mereka pasti riset dulu. Contoh, saat kampanye tren warna lipstik. Saat ini, lipstik mate dan omble sedang tren. Kami memberikan ke blogger dan kreasinya banyak sekali. Kami berikan KPI pada mereka. Jadi, terukur jika lewat blogger, ada berapa orang yang mau melihat dia,” jelas Kilala.

Jika dibandingkan dengan #media promosi lain seperti media cetak ataupun media promosi konvensional, nyatanya biaya yang dikeluarkan bakal lebih hemat dan menunjukkan hasil yang lebih maksimal. Sebagai perbandingan, ketika Martha Tilaar menjalin kerjasama dengan blogger yang khusus membahas perihal fashion dan kosmetik, hanya dalam 4 bulan saja, penjualan produk listrik terbaru dapat mencatatkan jumlah hingga 2 juta batang. Ini belum termasuk, keuntungan lain seperti adanya brand awareness yang muncul di mata konsumen.

Namun tentunya menjalankan digital marketing bagi perusahaan sekelas Martha Tilaar juga mau punya tantangan. Karena besarnya target serta sifat dari digital marketing yang sangat dinamis, mengharuskan perusahaan untuk terus melakukan pembaruan terkait dengan konten maupun program yang dirilis secara online.

Baca juga: Kilala Tilaar, Sukses dari Bawah dengan Memulai Karir dari Tukang Lap

Oleh karena itu, satu-satunya cara yang bisa ditempuh adalah tetap mengutamakan kreativitas dalam setiap strategi digital marketing. Dalam hal ini baik konten maupun komunikasi yang di jalan secara online harus makin kreatif, solusinya yakni menggunakan bantuan dari blogger, iklan video, film pendek inspiratif, hingga memanfaatkan jasa influencer online.

“Kendala, speed-nya harus real time. Human-nya tepat, apalagi ada 90 brand yang berbeda. Jadi memang harus banyak graphic desainer dan copywriter untuk mengatur strategi konten. Setiap bulan harus ada yang baru karena umurnya cepat.”




Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud