Beranda Bisnis Manfaat Sistem Sales Tracking Tools untuk Usaha Kecil Menengah

Manfaat Sistem Sales Tracking Tools untuk Usaha Kecil Menengah

Manfaat Sistem Sales Tracking Tools

Semua sepakat bahwa penjualan adalah sumber kehidupan bagi setiap bisnis, termasuk Usaha Kecil Menengah (UKM). Keberhasilan pemasaran dan penjualan sebuah usaha kecil sangat tergantung pada bagaimana tim pemasaran mereka mengalokasikan uang untuk menjalankan strategi pemasaran dan bagaimana cara berkomunikasi dengan calon prospek mereka.

Lalu, jika sebuah UKM telah memiliki strategi pemasaran yang ciamik, apakah pekerjaan mereka cukup sampai di sana? Tentu tidak.

Salah satu hal yang cukup krusial untuk diperhatikan oleh semua UKM adalah memiliki sistem yang baik dalam melacak semua informasi penjualan yang dihasilkan. Dalam pelaksanaannya, diperlukan sebuah software atau tools untuk membantu melakukan pekerjaan tersebut dengan baik.

5 Manfaat Sistem Sales Tracking Tools

Mungkin banyak yang beranggapan bahwa bisnis akan terus berkembang secara otomatis dengan mengandalkan penjualan. Penjualan memang sangat penting, namun mengetahui informasi mengenai penjualan yang terjadi juga merupakan sesuatu yang sangat penting bagi pertumbuhan sebuah bisnis.

Berikut ini adalah beberapa manfaat sistem sales tracking tools:

1. Melacak Waktu Penjualan

Jika penjualan adalah sumber kehidupan sebuah bisnis, maka waktu adalah denyut nadinya. Apapun jenis industri yang sedang dijalankan oleh sebuah bisnis, bergerak dengan cepat adalah suatu keharusan agar dapat bertahan dan maju di tengah sengitnya persaingan.

Seperti halnya denyut nadi yang berdegup cepat, sebuah bisnis juga harus bergerak dengan cepat. Dengan bergerak cepat maka Anda dapat menyelesaikan banyak pekerjaan dan melewati hari tanpa menyadarinya.

Dengan menggunakan alat pelacakan penjualan, setiap UKM dapat melihat kembali semua transaksi mereka di masa lalu. Informasi tersebut akan membantu sebuah bisnis melihat hal apa saja yang benar-benar efisien dan apa yang perlu dilakukan untuk pertumbuhan bisnis.

2. Membantu Memonitor Sales Lapangan

Setiap kali agen sales lapangan berkunjung ke toko klien, dokumen dicatat dalam bentuk kertas. Lalu disimpan dan dikumpulkan ke kantor pusat setiap harinya. Setelah itu, berkas baru diinput ke dalam sistem oleh admin di kantor. Proses ini sangat memakan banyak waktu belum lagi apabila dokumen hilang di tengah proses atau admin kantor salah input sehingga memperlama proses di pabrik atau distributor.

Proses lama di pabrik akan menyebabkan efek domino terhadap pengiriman produk tersebut. Jika produk tersendat di pabrik, distributor juga akan terlambat dalam penyebaran produknya, hal ini dapat menyebabkan ketidakpuasan klien. Apabila klien tidak puas dengan layanan dan produk yang diberikan, perusahaan principal dapat kehilangan klien mereka. Inilah mengapa input yang salah atau dokumen yang hilang dapat merugikan perusahaan.

Kesalahan seperti ini seharusnya tidak perlu terjadi, dengan bantuan tools atau software tertentu semua proses tersebut dapat dilakukan dengan baik. Seperti halnya yang dilakukan oleh Advotics yang dapat membantu manajemen dalam membangun bisnis yang lebih transparan, efisien, dan terukur, dengan platform berbasis cloud.

Advotics adalah perusahaan startup SaaS (software as a service) yang telah teruji mendigitalisasi proses distribusi di 60 lebih perusahaan ternama di Indonesia. Sistem workforce Advotics menjembatani perusahaan principal (produsen maupun importir) dengan distributor dan toko-toko di seluruh lapisan rantai pasokan.

Tersedia di handphone dan web platform, sistem Advotics dapat mencatat sales order, struk pembayaran, laporan stok barang hingga survei klien. Data yang dikumpulkan, baik harian, mingguan, bulanan maupun tahunan akan diolah dalam bentuk analitik dan grafik yang menarik sehingga manajemen dapat membacanya dengan keseluruhan proses distribusi.

Industri rantai pasokan (supply chain) saat ini didorong oleh tantangan dan tuntutan yang kompleks. Advotics menawarkan solusi dalam mendigitalkan jalur produksi dan memastikan penjualan dan distribusi hingga ke lapisan akhir (konsumen akhir) dengan cara yang paling efisien.

3. Mengukur Kinerja Pegawai

Suatu penilaian kerja yang efektif akan membantu sebuah perusahaan dalam membuat keputusan yang dapat meningkatkan produktivitas dan profit. Namun secara umum, pekerjaan memantau dan meninjau karyawan bukanlah tugas yang mudah, apalagi bila sales lapangan yang tidak pernah bekerja di kantor.

Sistem penilaian kinerja akan membantu para manejer/ supervisor untuk mengukur kinerja sales lapangan secara kurat. Tidak hanya dari KPIs dan target, tapi juga layanan yang diberikan kepada klien.

4. Melacak Keberhasilan Bisnis

Apa yang membuat suatu metrik berharga? Ini bukan tentang seberapa mengesankan pelanggan Anda, bukan juga tentang pesaing bisnis yang terlihat mulai ketakutan.

Sebuah tools yang efektif akan menunjukkan performa sebuah bisnis, baik itu peningkatan atau penurunan. Misalnya dengan tools Advotics, sebuah bisnis dapat mengetahui dengan akurat mengenai tingkat keberhasilan upaya yang telah mereka lakukan sehingga pengusaha UKM memiliki gambaran tentang apa yang perlu dilakukan di masa mendatang.

5. Strategi Baru untuk Performance Review

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, data-data yang diambil dari tools Advotics dapat dipertanggungjawabkan karena berdasarkan fakta yang memang terjadi di lapangan. Web dashboard untuk manajemen dapat digunakan untuk mengakses dan menganalisa kinerja para karyawan dari berbagai perspektif, seperti kehadiran, penjualan, dan lain-lain.

Dengan system Advotics, teknisi yang bergantian/ rotasi tidak akan lagi menjadi masalah. Teknisi baru dapat mengambil alih pekerjaan teknisi yang lama dengan mudah karena semua informasi yang mereka butuhkan dapat diakses melalui aplikasi seluler Advotics.

Baca juga: 5 Dampak Kesalahan Berkomunikasi Dalam Bisnis

4 KOMENTAR

  1. Ginilo - Website yang Selalu Update!

    Dari semua segi memang sangat membantu, namun tidak semua segi bsia menggunakan sistem ini. Lalu untuk sistem seperti apa yang cocok untuk sistem ini?

  2. boleh diinformasikan lebih jelas perihal tracking layanan untuk ke klien?

  3. Bener bener tools yang lengkap dan sangat membantu untuk usaha kecil , tapi tools tersebut tersedia di playstore untuk android gak min .

    Trimakasih informasinya yang berharga ini salam sukses selalu.

  4. Aplikasi Advotics, kalau tracking area dan performa penjualan sudah kebayang, tapi kalau untuk tracking layanan yang diberikan ke klien, modelnya seperti apa ya, bisa digambakan ?

    Terima kasih

Tinggalkan Balasan