5 Dampak Kesalahan Berkomunikasi Dalam Bisnis yang Bisa Berakibat Buruk

Dampak Kesalahan Berkomunikasi Dalam Bisnis

Dampak kesalahan berkomunikasi dalam bisnis bisa berakibat fatal bagi keberlangsungan bisnis tersebut. Kita tahu bahwa komunikasi adalah sesuatu yang sangat penting dalam bisnis apapun, dan komunikasi yang baik harus diperhatikan dan diterapkan terus-menerus.

Berkomunikasi adalah sebuah proses bertukar informasi yang melibatkan dua atau beberapa orang, kelompok, dan masyarakat, yang menciptakan dan menggunakan informasi tersebut agar terhubung dengan orang dan lingkungan lain. Dengan adanya komunikasi yang baik, maka kita memberikan informasi yang kita miliki kepada orang lain dengan baik.

Dalam dunia usaha, komunikasi memiliki peranan yang sangat penting, misalnya untuk proses pemasaran, pertemuan bisnis dengan orang lain, dan lain sebagainya. Seorang pengusaha biasanya memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik agar bisnisnya berjalan sesuai dengan harapan.

Namun, sebagai manusia terkadang para pebisnis juga bisa melakukan kesalahan dalam berkomunikasi. Kesalahan berkomunikasi ini bisa mengakibatkan kesalahpahaman antar para pelaku bisnis sehingga berdampak pada kelangsungan usaha yang dilakukan.



Ada kalanya kita tidak tahu dampak kesalahan berkomunikasi dalam bisnis, sehingga menganggap remeh masalah ini. Namun, pada akhirnya sebagai pelaku usaha tentu harus mengetahui hal tersebut agar tidak mengulangi kesalahan yang sama.

Berikut ini adalah lima dampak kesalahan berkomunikasi dalam bisnis yang perlu kita ketahui:

1. Kesalahpahaman Akan Terjadi

Informasi yang disalahmengerti oleh orang yang berkomunikasi akan menimbulkan kesalahpahaman. Kesalahpahaman ini bukan tanpa akibat, tentu saja akan memberikan dampak buruk bagi kegiatan bisnis seseorang.

Setiap individu pasti memilih persepsi dan cara pandang yang berbeda tentang sesuatu, dan seringkali ucapan seseorang disalahartikan oleh lawan bicaranya. Hal ini sering terjadi dan sebagian orang menganggapnya sesuatu yang wajar.

Namun, bila kita bicara tentang bisnis, ketika terjadi kesalahpahaman dalam berkomunikasi maka akan memberikan dampak negatif pada kedua belah pihak. Oleh karena itu, sebagai pelaku usaha, kita harus menyampaikan dan menerima informasi dengan baik dan tepat.

Lebih baik lagi bila kita mengkonfirmasi semua informasi yang ada kepada lawan bicara agar tidak terjadi kesalahpahaman dalam berkomunikasi.

Artikel lain: 10 Penyebab Kegagalan Usaha Baru, Kecil, dan Besar yang Harus Diwaspadai

2. Membuat Kinerja Tidak Maksimal

Pada dasarnya kinerja yang tidak maksimal dalam sebuah bisnis bisa terjadi karena beberapa faktor, dan salah satunya adalah karena kesalahpahaman atas informasi yang diterima.

Informasi yang salah tentu akan menghasilkan kinerja yang tidak sesuai harapan. Ini sering terjadi pada bisnis yang proses kerjanya serba cepat dan banyak gangguan di sekitarnya.

Ada kalanya seseorang salah mengerti atas informasi yang didapatkannya, sehingga ia bekerja tidak sesuai dengan yang diinginkan. Pada akhirnya output yang dihasilkan pun tidak sesuai dengan diharapkan.

3. Proses Bisnis Tidak Sesuai Harapan

Dampak kesalahan berkomunikasi dalam bisnis berikutnya adalah proses bisnis yang bisa berantakan. Ketika proses bisnis tidak sesuai harapan maka hal buruk bisa terjadi, misalnya produksi tidak maksimal, penjualan merosot tajam, dan lain sebagainya.

Itulah alasannya mengapa meeting perlu dilakukan sebelum melakukan langkah-langkah penting dalam menjalankan usaha. Dengan komunikasi yangbaik, maka para pekerja akan mendapatkan solusi dari berbagai pembahasan masalah dalam pertemuan meeting tersebut.

Selain itu, berkomunikasi dengan baik dalam bisnis akan membuat proses bisnis semakin mudah dan terarah. Oleh sebab itu, hindari kesalahan dalam memberikan dan menerima informasi dalam menjalankan bisnis karena akan sangat berpengaruh pada keberhasilan bisnis yang dijalankan.

4. Menurunnya Kemampuan Pelayanan dan Pemasaran

Dalam dunia bisnis, pasti akan berhubungan dengan pemasaran dan pelayanan. Dan ketika kita bicara tentang proses pemasaran dan pelayanan, pasti dibutuhkan kemampuan dalam berkomunikasi yang baik dengan orang lain.

Saat melakukan pemasaran bisnis, menyampaikan informasi secara tepat dan bisa mempengaruhi orang lain akan memberikan dampak yang besar bagi penjualan dalam jangka panjang. Kesalahan dalam memberikan informasi dalam pemasaran akan membuat proses pemasaran tersebut gagal, akhirnya penjualan pun merosot.

Pun demikian halnya dalam pelayanan yang diberikan kepada konsumen. Pelayanan tidak akan maksimal jika kita tidak memberikan informasi yang akurat kepada konsumen.

Kepuasan konsumen tidak hanya soal kualitas produk, tapi juga dalam hal pelayanan. Oleh karena itu, sebaiknya para pekerja sebuah bisnis harus memiliki pengetahuan yang memadai agar tidak memberikan informasi yang keliru kepada konsumen.

5. Hilangnya Rasa Percaya Dari Orang Lain

Berikutnya, dampak kesalahan berkomunikasi dalam bisnis adalah hilangnya rasa percaya dari orang lain. Kesalahan berkomunikasi yang berulang yang Anda lakukan pasti akan membuat orang lain meragukan integritas Anda, dan pada akhirnya akan membuat mereka tidak percaya lagi pada bisnis Anda.

Kita tahu bahwa keberhasilan sebuah kerjasama bisnis adalah rasa percaya dan juga menjaga rasa percaya itu terus menerus. Jika sudah tidak ada lagi rasa percaya dalam menjalankan kerjasama, maka hal ini akan menimbulkan kinerja yang tidak efektif dan rasa kurang nyaman dalam menjalankan usaha.

Itulah sebabanya kita harus menghindari kesalahan berkomunikasi dalam bisnis, agar rasa percaya antara satu dan lainnya tetap terjaga dengan baik.

Baca juga: 5 Manfaat Business Plan Yang Perlu Dipahami Pebisnis

Kesimpulan

Di atas tadi adalah lima dampak kesalahan berkomunikasi dalam bisnis yang bisa berakibat buruk. Bagi para pengusaha tentunya hal ini adalah standar pengetahuan yang harus dikuasai sejak awal, dengan begitu kita bisa lebih memperhatikan cara penyampaian informasi kepada orang lain. Semoga bermanfaat.





2 total comments on this postSubmit yours
  1. gimana ya mas ngatasin, calon pembeli yang sudah deal namun ketika ditanya mereka gk jawab. dan ujung ujungnya gagal closing

    • Sebenarnya masalahnya bukan di mas, tapi di pembelinya. Kalau udah deal harusnya terjadi transaksi, kasus mas mungkin si pembeli ngga bener-bener mau beli atau tiba-tiba ga jadi beli karena uangnya ngga ada :)

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud