Maksimalkan Fungsi Media Sosial untuk Mengembangkan Bisnis

Advertisement-Scroll to Continue

Menunjang-Kesuksesan-Bisnis-Via-Media-Sosial

Zaman sekarang, penggunaan media sosial untuk mengembangkan bisnis bukanlah hal yang baru. Salah satu strategi pemasaran ini bisa membantu untuk meningkatkan brand awareness, engagement, dan tujuan lainnya untuk bisnis Anda. Maka tidak heran jika sekarang hampir setiap perusahaan memiliki akun sosial medianya.

Lalu bagaimana memaksimalkan fungsi media sosial untuk mengembangkan bisnis? Apa itu pengertian dari sosial media marketing? Mengapa perlu mempromosikan bisnis melalui media sosial? Dalam artikel kali ini, kita akan menjelaskan jawaban dari pertanyaan tersebut. Simak sampai selesai, ya!

Artikel lain: Mengenali 3 karakter umum Followers di media sosial

Apa itu Sosial Media Marketing?

Tentu Anda pernah mendengar istilah sosial media marketing, bukan? Tapi apakah Anda sudah memahaminya? Secara harfiah, sosial media marketing adalah sebuah proses atau kegiatan pemasaran yang melibatkan aplikasi media sosial untuk mempromosikan bisnis Anda.

Penggunaan strategi pemasaran ini dirancang khusus untuk mencapai beberapa tujuan bisnis melalui media sosial. Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan brand awareness, meningkatkan engagement dengan audiens, menjangkau audiens yang lebih banyak, dan lainnya.

Tidak hanya itu, sosial media marketing juga bisa membuat Anda menjadi lebih dekat dengan pelanggan, meningkatkan penjualan, meningkatkan traffic web, hingga memberikan wadah untuk berkomunikasi antara Anda dengan pelanggan.

Namun untuk bisa memaksimalkan fungsi media sosial untuk mengembangkan bisnis, Anda perlu memiliki perencanaan atau strategi pemasaran yang matang. Hal ini tentu bertujuan agar tujuan pemasaran yang Anda lakukan bisa berhasil.

Platform Media Sosial untuk Mengembangkan Bisnis

Maksimalkan Fungsi Media Sosial untuk Mengembangkan Bisnis
Maksimalkan Fungsi Media Sosial untuk Mengembangkan Bisnis

Jika dijabarkan satu-satu, ada banyak jenis aplikasi media sosial yang ada. Akan tetapi tidak semuanya bisa digunakan untuk melakukan campaign atau mempromosikan bisnis Anda. Hanya beberapa di antara banyaknya platform yang ada.

Berikut beberapa platform media sosial yang bisa Anda gunakan. Di antaranya adalah:

Facebook

Platform media sosial untuk mengembangkan bisnis yang pertama adalah Facebook. Seperti yang kita ketahui bersama, hingga saat ini Facebook masih menjadi pilihan teratas pengguna media sosial. Salah satu kelebihannya adalah audiens yang tersegmentasi.

Artinya, Anda bisa menargetkan audiens berdasarkan sesuai yang diinginkan. Selain itu, Facebook Ads juga memiliki jangkauan yang luas. Sehingga media sosial ini sangat cocok untuk mempromosikan produk dan/atau jasa yang Anda tawarkan.

Instagram

Ketenaran Instagram juga bisa dijadikan strategi pemasaran yang baik. Salah satu media sosial untuk mengembangkan bisnis ini cocok untuk bisnis Anda yang target pemasarannya adalah kawula muda. Sebab rata-rata pengguna Instagram adalah anak muda.

Sama seperti Facebook, Instagram juga memiliki jangkauan yang luas dan audiens yang tersegmentasi. Meskipun penggunanya kebanyakan anak muda, ada juga beberapa pengguna di atas 50 tahun, lho. Jadi, Anda bisa memaksimalkan segmentasi audiens yang diinginkan.

Twitter

Ketiga ada platform Twitter dengan ciri khasnya burung berwarna putih. Berbeda dengan platform media sosial lainnya, penggunaan Twitter lebih cocok untuk berbagai informasi singkat atau pemberitahuan terkait bisnis Anda. Hal ini karena jumlah karakter untuk satu post dibatasi.

Kendati demikian, Anda bisa menggunakan tagar tertentu atau tagar UGC (User Generated Content) untuk mempromosikan bisnis Anda. Trik lainnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan ikut berpartisipasi dalam obrolan seru yang sedang trend di Twitter. Sehingga bisnis Anda bisa dipromosikan secara luas.

LinkedIn

Jika Anda memiliki bisnis yang berfokus pada business-to-business atau B2B, maka Linked menjadi platform media sosial untuk mengembangkan bisnis yang tepat! Mengapa? Sebab media sosial ini lebih mementingkan profil bisnis dibandingkan dengan hal lainnya.

Dengan kata lain, LinkedIn adalah media sosialnya para profesional. Kelebihan dalam menggunakan LinkedIn untuk mengembangkan bisnis Anda adalah bisa terjaring dengan banyak ahli atau orang profesional di bidang bisnis yang serupa. Sehingga jangkauan bisnis Anda bisa lebih luas.

YouTube

Platform berbagi video ini bisa jadi media sosial untuk mengembangkan bisnis yang tepat jika Anda memiliki konten video yang berkualitas. Pada aplikasi ini, Anda bisa membuat bisnis channel untuk mengunggah video-video yang menjelaskan tentang bisnis Anda.

TikTok

Berbicara mengenai kepopuleran, kita tidak bisa melupakan TikTok. Tahukah Anda bahwa, setiap bulannya ada sebanyak satu juta pengguna aktif di aplikasi media sosial ini? Hal ini jugalah yang membuat TikTok sebagai salah satu media sosial untuk mengembangkan bisnis Anda.

Sama dengan Facebook dan Instagram, Anda bisa memanfaatkan media sosial ini untuk membangun brand awareness, memperluas jangkauan target pasar, hingga melakukan promosi bisnis dalam bentuk konten video dengan durasi singkat.

Pinterest

Terakhir adalah Pinterest. Merupakan aplikasi berbagi gambar populer dalam konteks fashion, desain interior, makanan, kecantikan, kesehatan, desain grafis, dan lainnya. Jika bisnis Anda bergerak di salah satu bidang tersebut, tidak ada salahnya untuk mencoba promosi di Pinterest.

Strategi Memaksimalkan Fungsi Media Sosial untuk Mengembangkan Bisnis

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Anda harus memiliki strategi yang terencana dan matang ketika ingin mempromosikan bisnis melalui media sosial. Jika dilakukan dengan benar, maka Anda bisa mencapai tujuan pemasaran yang efektif.

Nah berikut beberapa strategi memaksimalkan fungsi media sosial untuk mengembangkan bisnis yang perlu Anda ketahui. Di antaranya adalah:

Melakukan Identifikasi Target

Setiap media sosial memiliki karakteristik audiensnya masing-masing. Maka dari itu, strategi pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan mengidentifikasi target pemasaran. Pastikan Anda sudah mengetahui segmentasinya masing-masing.

Mulai dari demografi, usia, jenis kelamin, perilaku, minat, dan yang lainnya. Tentunya hal ini bisa membantu Anda dalam membuat konten yang relevan dan menarik untuk audiens. Selain itu, dengan adanya segmentasi ini bisa memaksimalkan tujuan dari bisnis Anda.

Pilih Platform yang Tepat

Selanjutnya Anda tinggal memilih mana platform media sosial yang tepat. Pilih aplikasi yang sesuai dengan target audiens dan image bisnis Anda. Jangan memaksakan untuk melakukan promosi di media sosial yang salah. Hal ini malah membawa kerugian, bukan keuntungan.

Artikel lain: Cara ampuh meningkatkan bisnis online via Facebook

Konten yang Menarik

Zaman sekarang, konten yang menarik adalah kunci utama untuk menarik atensi masyarakat. Namun tetap pastikan bahwa konten yang Anda buat tidak melanggar aturan dan kebijakan yang diterapkan oleh masing-masing media sosial, ya!

Anda bisa membuat konten berupa video atau gambar yang menarik, relevan, kreatif, dan inovatif agar bisa sepenuhnya memanfaatkan media sosial. Ketika ada audiens yang berhasil melirik, langkah selanjutnya adalah menjaga koneksi dengan mereka.

Buat Jadwal Posting yang Konsisten

Menjaga konsistensi dalam mengunggah konten merupakan hal penting yang harus Anda perhatikan. Misalnya mengunggah konten setiap hari di jam yang sama. Anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk membuat jadwal teratur.

Optimalkan Pencarian

Saat ini, hampir semua platform memerlukan kata kunci untuk bisa mengoptimalkan pencarian. Hal ini bisa membantu bisnis Anda lebih terlihat. Anda bisa mencoba dengan menggunakan tagar tertentu, agar bisa menjangkau audiens yang lebih banyak dan lebih relevan.

Interaksi itu Penting!

Ketika Anda sudah mendapatkan sejumlah followers atau pengikut di akun media sosial, ada baiknya untuk tetap berinteraksi dengan mereka. Misalnya saja menjawab pertanyaan yang ada di DM atau kolom komentar. Strategi ini juga bisa membantu Anda untuk menjadi lebih dekat dengan pelanggan. Pastikan Anda berinteraksi dengan sopan dan ramah tanpa melanggar aturan dan kebijakan yang terkait.

Gunakan Iklan Berbayar Media Sosial untuk Mengembangkan Bisnis

Salah satu cara memaksimalkan fungsi media sosial untuk mengembangkan bisnis adalah dengan menggunakan iklan berbayar. Dengan cara ini Anda bisa menjangkau lebih jauh audiens yang diinginkan dan tujuan pemasaran lainnya.

Pantau dan Evaluasi

Strategi terakhir memaksimalkan fungsi media sosial adalah memantau dan mengevaluasi. Ketika Anda menggunakan iklan berbayar, akan ada data analisis yang diberikan. Jadikan data ini sebagai insight untuk menentukan langkah yang akan diambil selanjutnya.

Selain menggunakan beberapa strategi di atas, ada baiknya jika Anda terus mengikuti tren yang ada di media sosial. Dalam menjalankan bisnis, Anda juga perlu beradaptasi dengan perubahan dan perkembangan terbaru dari tren dan platform media sosial yang ada. Terutama pada kebutuhan pasar yang terus berubah.

Kelebihan dan Kekurangan Media Sosial untuk Mengembangkan Bisnis

Saat ini, media sosial menjadi alat pemasaran yang optimal dan efektif setelah email marketing. Namun Anda juga perlu memperhatikan kelebihan dan kekurangannya sebagai bahan pertimbangan sebelum memutuskan akan berpromosi lewat media sosial.

Berikut beberapa kelebihan media sosial untuk mengembangkan bisnis yang perlu Anda tahu. Di antaranya adalah:

  1. Jangkauan yang luas
  2. Segmentasi target audiens
  3. Meningkatkan engagement dan lebih dekat ke pelanggan
  4. Biaya pemasaran rendah atau bisa diperhitungkan
  5. Meningkatkan brand awareness
  6. Data analisis yang akurat

Sedangkan beberapa kekurangan media sosial untuk mengembangkan bisnis adalah:

  1. Keterbatasan kontrol pada akun media sosial
  2. Perubahan algoritma media sosial
  3. Perubahan tren yang terus berkembang
  4. Sulit mempertahankan engagement dalam jangka waktu lama
  5. Sulit mengukur ROI (Return On Investment)
  6. Membutuhkan waktu dan sumber daya yang banyak untuk mengunggah konten di media sosial
  7. Reputasi bisnis Anda dipertaruhkan jika ada kesalahan

Kesimpulan

Terlepas dari kelebihan dan kekurangannya, media sosial merupakan salah satu alat promosi yang tepat untuk mengembangkan bisnis Anda. Terutama di era informasi bisa menyebar dengan cepat. Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk mempromosikan bisnis Anda ke jangkauan yang lebih luas lagi.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian, jenis platform media sosial yang bisa digunakan, strategi dalam memaksimalkan fungsi media sosial, dan kelebihan serta kekurangannya yang perlu Anda ketahui dan bisa menjadi bahan pertimbangan. Semoga bermanfaat!

Advertisement
Maxmanroe

A Blogger, YouTuber, and Trader. Start getting to know Online Business since 2012 and continue to learn about internet business until now. Currently active as a content writer at Maxmanroe.com.

2 thoughts on “Maksimalkan Fungsi Media Sosial untuk Mengembangkan Bisnis”

  1. wah dapet pencerahan. terima kasih banyak mas buat infonya :) mungkin kita bisa lebih termovitasi akan suksesnya didunia bisnis :)

    Reply
  2. thanks gan 5 kebiasaa sederhana yang agan tulis untuk menunjangk kesuksesan berbisnis melalui media ini sangat bermanfaat sekali dan menjadi tambahan ilmu buat saya.

    Reply

Leave a Comment