Lindungi Anak-anak Anda dari Pengaruh Buruk Internet dengan 4 Cara berikut Ini

Lindungi Anak-anak Anda dari Pengaruh Buruk Internet dengan 4 Cara berikut Ini

Pengaruh Buruk Internet
Image dari Wisdomtimes.com

Setiap tahun perkembangan #internet memang selalu terpantau tumbuh dengan cepat dan signifikan. Tidak hanya dari dukungan jaringannya, tapi juga dari jumlah penggunanya, internet menjadi salah satu unsur yang kini patut diperhitungkan. Dari meluasnya pengaruh internet ini tak ayal bila kemudian Internet telah menjangkiti anak-anak kecil, mungkin juga anak-anak Anda di rumah. Nah dari sinilah Anda sebagai orang tua harus memiliki kapasitas untuk melakukan perlindungan pada anak-anak Anda dari pengaruh buruk internet.

Di satu sisi internet memang mengandung beberapa konten yang buruk bagi anak-anak. Konten yang buruk dari internet ini tentunya harus Anda jauhkan dari anak-anak Anda yang sedang suka bermain internet. Tapi bagaimana caranya ajar anak-anak terlindungi dari pengaruh buruk internet? Berikut ulasannya.

1. Amankan Mesin Pencari

Pertama cara untuk melindungi anak-anak dari pengaruh buruk internet adalah dengan mengamankan #mesin pencari. Mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing dan laun sebagainya memang memiliki kemungkinan menampilkan hal-hal yang tidak baik untuk anak-anak Anda. Dengan kemudahan mengakses konten buruk dari mesin pencari ini maka sudah selayaknyalah Anda sebagai orang tua melakukan pengamanan.

Artikel lain: Mengenal Kiddle ~ Situs Mesin Pencari yang Didesain Khusus Untuk Anak

Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan memanfaatkan fitur SafeSearch dari Google. Kita memang akan khusus membahas mesin pencari yang satu ini karena Google adalah salah satu search engine yang paling populer. Nah dengan mengaktifkan fitur SafeSearch maka Anda akan mampu menyaring konten dewasa yang muncul dari hasil pencarian. Berikut cara mengaktifkan fitur SafeSearch pada Google:

  • Pada Perangkat Komputer:

1. Pertama, buka laman Google dan klik setelan penelusuran.
2. Dari sana temukan “Filter TelusurAman”, lalu centang atau hapus centang kotak di samping “Aktifkan TelusurAman”.
3. Terakhir klik Simpan di bagian bawah laman.

  • Pada Browser Ponsel:

1. Langkah pertama buka laman Google dan sentuh setelan penelusuran.
2. Dari sana cari bagian “Filter TelusurAman”, lalu aktifkan telusur aman dengan memilih filter hasil eksplisit dan juga nonaktifkan telusur aman dengan memilih tampilkan hasil paling relevan.
3. Terakhir, sentuh simpan di bagian bawah laman.

  • Pada Aplikasi Android:

1. Buka aplikasi Google
2. Lalu di pojok kiri atas laman, klik ikon Menu > Setelan > Akun & privasi.
3. Setelah itu gulir ke bawah di bagian “filter TelusurAman”. Dari bagian ini aktifkan telusur aman dengan mencentang kotaknya dan juga nonaktifkan telusur aman dengan menghapus centang kotaknya.

2. Atur Restricted Mode di YouTube

Berikutnya langkah untuk mengamankan anak-anak Anda dari pengaruh buruk internet adalah dengan melakukan pengaturan restricted mode di #YouTube. Ya, media film YouTube memang juga berbahaya bila tidak dilakukan pengaturan.

Mengapa? Pasalnya beberapa konten yang ada di YouTube ini mengandung hal-hal yang tidak patut dilihat oleh anak-anak. Nah dari sinilah Anda perlu melakukan pengaturan restricted mode pada YouTube agar anak-anak terhindar dari pengaruh buruk internet. Berikut cara untuk bisa melakukan pengaturan restricted mode di YouTube.

  • Pada Layar Komputer:

1. Pertama seret kebawah pada halaman Youtube lalu klik pada panah kecil di samping “Keamanan:Aktif” dan tarik ke bawah lagi
2. Langkah kedua pilih Off (Nonaktif), kemudian simpan

  • Pada Layar Ponsel (Browser):

1. Langkah pertama pilih logo YouTube di pojok kiri atas untuk membentangkan menu.
2. Selanjutnya pilih ikon roda gigi untuk masuk ke menu setelan.
3. Terakhir, pilih bagian “Mode perlindungan (Safety mode)” untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur ini.

Baca juga: 4 Tips Bagi Orangtua Menjaga Anak Tetap Aman Saat Bermain Instagram

3. Cek Pengaturan App Store

Selanjutnya cara untuk melindungi anak dari pengaruh buruk internet adalah dengan melakukan cek pengaturan App Store. Cara ini sendiri dilakukan untuk bisa mencegah anak mengunduh #aplikasi yang sesuai dengan umur mereka dan juga mencegah anak membeli item apapun dari aplikasi berbayar tanpa seizin Anda.

4. Periksa Pengaturan Privacy Media Sosial

Terakhir, cara menghindari anak-anak dari pengaruh buruk internet adalah dengan memeriksa pengaturan privacy #media sosial mereka. Jika mereka memiliki akun media sosial pastikan Anda memeriksa pengaturan privacy-nya. Untuk apa? Pengaturan privacy media sosial ini dilakukan untuk memastikan bahwa mereka hanya dapat berbagi dan chatting dengan orang yang mereka kenal saja.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan