4 Tips Bagi Orangtua Menjaga Anak Tetap Aman Saat Bermain Instagram

Image dari faact.org

Image dari faact.org

Media sosial saat ini memang telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan anak-anak muda. Keberadaan teknologi yang semakin hari semakin mudah untuk diakses membuat anak-anak dengan leluasa dan bebas mempergunakan #media sosial. Meskipun menjadi sebuah kegiatan yang menyenangkan, bermain media sosial juga menyimpan beberapa bahaya yang tersembunyi bagi para penggunanya.

Jika Anda adalah orangtua yang mengetahui situasi dan kondisi ini tentunya Anda harus berhati-hati dan ekstra waspada dengan bahaya yang mengintai anak-anak Anda dari kegiatannya bermain media sosial.

Bahaya Akses Media Sosial Bagi Anak-Anak

Salah satu media sosial yang kini perlu menjadi perhatian para orangtua adalah #Instagram. Meski tidak sebesar jejaring sosial Facebook dan Twitter, media sosial berbasis gambar ini semakin lama semakin menjadi incaran beberapa oknum untuk berbuat tindak kejahatan. Tidak seperti Facebook, Instagram memang lebih berfokus pada keindahan murni, yang meliputi semua tentang gambar, filter, atau tanpa filter sekalipun.

Hal lain yang harus mendapat perhatian orangtua adalah bahwa di Instagram terdapat ‘follower’ alias ‘pengikut’ seperti halnya Twitter. Follower di Instagram bisa dibilang sedikit lebih ‘menyeramkan’ karena mereka dapat mengikuti alur foto anak Anda.

Artikel lain: 5 Tips Aman Akses Internet Dan Media Sosial Bagi Anak




Maka dari itu sebagai orang tua Anda sudah selayaknya untuk bisa menjaga dan mengamankan anak-anak Anda dari ancaman berbahaya media sosial kreasi Kevin Systrom ini. Lalu bagaimana cara atau tips untuk bisa membantu para orangtua membuat anaknya aman saat bermain Instagram? Berikut ulasannya.

1. Mintalah Anak Membersihkan Follower Tak Dikenal

Tips pertama untuk membuat anak aman bermain Instagram adalah dengan meminta anak Anda membersihkan orang yang dikenal di follower. Setiap orang yang telah mengkonfirmasi permintaan follower dari orang lain, maka sejak itulah orang lain tersebut akan dapat melihat gambar atau #video yang diposkan anak Anda kecuali mereka menggunakan modus akun privat dan menggunakan pembatasan akses yang tersedia.

Sayangnya banyak pengguna Instagram dan termasuk mungkin anak Anda yang tidak menggunakan modus privat untuk akun miliknya. Dalam hal ini Anda sebagai orang tua perlu menjalin komunikasi yang intens dengan anak-anak Anda. Tanyakan pada mereka (anak-anak Anda) “Siapakah orang-orang yang menjadi follower akun Instagram miliknya? “Apakah mereka mengenali orang –orang yang menjadi follower-nya? Jika jawabannya “Saya tidak kenal mereka” atau “Saya belum pernah bertemu mereka”, maka orang-orang tersebut harus dihapus dari daftar pengikut anak-anak Anda.

Dalam usaha Anda dalam menyakinkan anak untuk menghapus orang-orang yang tidak dikenal ini, mungkin Anda akan sedikit kesulitan karena mereka yang masih menganggap bahwa follower itu sebagai fans mereka. Dari sini Anda sebagai orang tua harus bisa memberi pemahaman bahwa statistik follower bukanlah ukuran popularitas.

2. Minta Anak Anda Mengaktifkan Modus Akun Privat

Meski akan membuat orang lain tidak bisa melihat tampilan akun Instagram secara keseluruhan saat pertama kali mengakses akun Anda, bukan berarti mereka lantas meninggalkan Anda. Jika Anda menggunakan modus privat, akun Anda memang tidak bisa dilihat secara keseluruhan.




Namun bagi Anda para orang tua yang concern dengan keamanan anak-anak Anda maka hal ini adalah sebuah cara untuk bisa memprotek anak-anak Anda dari kejahatan. Maka dengan mengaktifkan modus akun privat di Instagram, hanya orang yang disetujui sebagai pengikut yang dapat mengikuti Anda.

3. Minta Anak untuk Me-nonaktifkan Fitur Geo tag

Untuk keamanan, akan sangat penting jika Anda sebagai orangtua memberikan pemahaman pada anak-anak untuk menonaktifkan geo tag. Dengan menonaktifkan fitur geo tag ini maka orang lain yang mungkin saja berniat jahat tidak akan mengetahui keberadaan atau tempat anak-anak Anda yang sedang mengambil gambar. Ini akan membuat Anda sebagai orang tua akan nyaman dan tidak khawatir dengan keamanan anak-anak Anda yang gemar bermain Instagram.

Bagi pengguna #iOS yang ingin mematikan fitur geo tag ini, Anda tinggal mencari menu Settings, pilih “Privacy”> “Location Services”> “Instagram” dan kemudian pilih “Never” di bawah bagian “Allow Location Access”. Sementara bagi pengguna ponsel berbasis Android, Anda perlu memeriksa situs bantuan Instagram untuk informasi tentang menonaktifkan Geotag.

Baca juga: Tips Mudah Mengamankan Akun Media Sosial Dari Serangan Hacker

4. Jangan Biarkan Anak Mencantumkan Info Pribadi 

Terakhir, tips untuk membuat anak aman bermain Instagram adalah dengan tidak membiarkan mereka untuk mencantumkan info pribadi pada akun Instagram. Maka segera periksa informasi profil Instagram anak Anda.

Jika memang ada info profil yang terlalu bersifat pribdai yang sudah terlanjur dicantumkan, segera minta Anak Anda untuk menghapusnya. Info profil yang bersifat pribadi di media sosial memang acapkali menjadi bahan untuk para oknum melakukan tindak kejahatan.



1 comment on this postSubmit yours
  1. om mau tanya :3 maaf melenceng dari judul topik, aq tanya om krn biasanya mainnya ke sini dan fast respon :v…
    itu mslh web kyk blogtopsite dll yg berfungsi +trafik g jelas gt..itu aman kagak om ?

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud