Lebih Dekat Dengan Fitur Periklanan Video Ala Pinterest

pinterest

Image dari Technewstoday.com

Mulai bulan Agustus 2016 lalu, platform #media sosial Pinterest mengeluarkan fitur terbaru terkait dengan layanan periklanan miliknya. Setelah sebelumnya para brand bisa beriklan lewat media berbentuk gambar, pesaing Instagram tersebut mencoba peruntungan dengan memperkenalkan konsep media periklanan berbentuk video.

Hal ini mungkin menjadi langkah Pinterest yang telah diprediksi oleh banyak pengamat. Dengan pertumbuhan konten video yang semakin meningkat dari waktu ke waktu, membuat Pinterest ikut arus membuka layanan video ads untuk para brand.

Kelebihan Periklanan Berformat Video

Pada sebuah artikel terdahulu kita sudah membahas tentang bagaimana efektivitas konten video sebagai media periklanan. Setidaknya ada dua alasan utama mengapa semakin banyak platform online yang mencoba melakukan upaya marketing menggunakan konten #video.




Yang pertama adalah, fakta bahwa sepertiga dari aktivitas online yang ada saat ini adalah menonton video. Hal ini semakin nyata karena hampir seluruh situs jejaring sosial mulai mengutamakan konten dalam bentuk video. Belum lagi, nama besar YouTube yang bahkan telah mampu menjadi alternatif mesin pencari terbesar kedua setelah Google.

Artikel lain: Kejar Target Finansial, Pinterest Bajak Mantan Eksekutif Twitter

Alasan berikutnya, dari sebuah studi yang dilakukan mengungkap 90% dari pengguna yang melihat video ulasan tentang sebuah produk mengaku sangat terbantu untuk menentukan produk yang akan dibeli. Belum lagi, studi lain yang menyebut bahwa pengguna yang melihat video dari sebuah produk, memiliki kemungkinan 1,8 kali lebih besar untuk melakukan pembelian ketimbang mereka yang tidak melihat video.

Dari situlah layanan media sosial online berbondong-bondong meng”anak emas”kan video sebagai konten prioritas pada platform mereka. Dan hal ini juga harus disadari oleh para marketer yang ingin memanfaatkan booming konten video.

Periklanan Video Di Pinterest

Khusus untuk artikel kali ini kita akan membahas tentang bagaimana sistem dari periklanan video yang diterapkan oleh media sosial #Pinterest. Platform online berbagi foto ini, menawarkan layanan  Promoted Video yang hanya bekerja untuk perangkat mobile.

Layanan ini akan muncul dalam bentuk Cinematic Pin. Secara umum, Cinematic Pin merupakan sebuah konten gambar gerak (GIF) yang menampilkan sejumlah cuplikan dari iklan video yang telah kita buat.

Inilah faktor utama yang membedakan konsep periklanan video Pinterest dengan periklanan sejenis yang ditawarkan oleh Facebook maupun Twitter. Cinematic Pin menjadi faktor penting untuk dapat menarik minat pengguna sebelum nantinya menyaksikan video kita secara utuh.

Nantinya iklan tersebut bisa tampil dalam bentuk horizontal, vertikal maupun berbentuk persegi dengan  durasi maksimal 5 menit. Pengiklan juga diberikan kesempatan untuk memilih 6 pins dari akunya yang dirasa mampu mendukung konten video sebagai media periklanan utama.

Terkait dengan fitur analisis yang ditawarkan, Pinterest membuat sistem yang memungkinkan pengiklan untuk memeriksa bagaimana kinerja iklan video yang telah dibuat. Di dalamnya akan ada data terkait dengan berapa kali iklan tersebut dilihat, berapa jumlah klik yang didapatkan, berapa jumlah klik untuk featured pin yang dipasang serta berapa persen dari jumlah pemirsa yang meneruskan untuk melihat video secara lengkap.

Pembayaran Berbasis Impresi

Untuk masalah biaya, Pinterest menerapkan pembayaran untuk setiap 1000 tampilan dari konten GIF (gambar gerak) yang dipasang oleh pengiklan. Jadi meskipun tidak ada pengguna yang melihat video iklan, pengiklan tetap harus membayar sesuai dengan jumlah impresi. Sebuah situs online, AdAge menyatakan bahwa untuk menggunakan layanan Promoted Pins, pengiklan minimal membutuhkan biaya investasi sebesar $5000. Inilah alasan mengapa, Promoted Pins masih belum bisa dijangkau oleh bisnis berskala menengah ke bawah.

Dan untuk menghindari pembengkakan biaya karena pengguna yang melihat konten GIF secara terus-menerus, akan ada pembatasan berapa kali setiap pengguna bisa melihat konten gambar gerak dari iklan kita.

Baca juga: Ikuti Para Rival, Pinterest Hadirkan Format Periklanan Video

Melihat penjelasan di atas, faktor utama yang wajib diperhatikan oleh para pengiklan di Pinterest adalah konten gambar gerak atau GIF. Karena, jika kita gagal memilih cuplikan video yang tepat dan menarik bagi pengguna, maka bisa dipastikan pengguna tidak akan meneruskan untuk menonton iklan video kita dan tentu semakin kecil pula dampak marketing yang akan didapat.

Untuk semakin memaksimalkan hasil dari promoted pins, Pinterest nyatanya tidak lepas tangan. Karena ada tim khusus bernama The Pin Factory yang dapat membantu kita dalam pembuatan konten GIF terbaik dan mempunyai kesempatan ditonton lebih besar.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud