Launchpad Accelerator, Upaya Google Kembangkan Startup Indonesia

Launchpad Accelerator Google

Image dari Indianweb2.com

Perkembangan bisnis online dan pertumbuhan perusahaan #startup yang semakin cepat, membuat Google juga tidak hanya tinggal diam. Indonesia sendiri yang termasuk sebagai negara dengan potensi yang luar biasa untuk bisnis yang berbasis pada pengembangan teknologi juga masuk dalam radar Google. Baru-baru ini Google meluncurkan sebuah program yang bertujuan untuk memajukan dan mengembangkan startup yang banyak tumbuh di beberapa negara.

Dalam program yang diberi nama Launchpad Accelerator ini tidak semua negara yang bisa merasakannya. Dan, ternyata Indonesia adalah termasuk negara yang didukung program tersebut. Nantinya diharapkan dengan adanya program ini bisa membimbing dan membina startup di berbagai negara yang didukung untuk bisa lebih berkembang dan bermanfaat di masyarakat. Indonesia yang termasuk negara yang didukung, termasuk beruntung dan barangkali #Google juga melihat potensi yang besar di Indonesia.

Launchpad Accelerator Sebagai Mentor Startup

Selain di Indonesia, program ini juga diluncurkan di India dan Brazil dalam mendukung berbagai startup yang ada. Program ini nanti yang akan memberikan panduan, mentor dan sokongan dalam pengembangan berbagai startup.

Bukan itu saja, bahkan program ini juga akan memberikan dana yang mencapai 50.000 dollar AS dengan tanpa keterikatan saham. Roy Glasberg, Global Lead Launchpad Program & Accelerator Google, menjelaskan bahwa inisiatif ini adalah kelanjutan dari program sebelumnya yang sudah dijalankan sejak dua setengah tahun lalu.

Tujuan utama mereka sebenarnya adalah bisa menemukan startup yang ke depan mampu memberikan pengaruh besat terhadap pasar lokal. Lalu disertakan juga informasi mengenai sistem dukungan dana dengan tanpa adanya keterikatan saham dimaksudkan agar program Launchpad Accelerator ini tidak tercampuri dengan pikiran mengenai return of investment atau ROI dan juga mengenai kepemilikan saham.




Artikel lain: Asyik! Tahun Depan Balon Google Loon Mulai Sambangi Indonesia

“Tujuan akhir program ini adalah mengidentifikasi game changers di pasar lokal dan menjadi game changer bagi mereka,” demikian tegas Glasberg.

Tidak Hanya Mendapat Mentor, Startup Bisa Diajak Ke Markas Google

Perusahaan bisnis rintisan digital yang mengikuti program Launchpad Accelerator dari Google ini tidak hanya akan mendapat mentor dari dalam negeri saja. Lebih dari itu, peserta nantinya juga akan diajak untuk turut serta dalam sebuah bootcamp dengan waktu dua pekan. Dan tak tsnggung-tanggung, mereka bakal di bawa ke markas besar Google di Mountain View, California. Bagi startup yang di bawa ke Mountain View, California, pengalaman ini tentu merupakan suatu pengalaman yang sangat berharga untuk menyerap ilmu sebanyak-banyaknya.

Di Mountain View nantinya akan ada beberapa mentor yang sudah menanti kedatangan beberap startup peserta bootcamp ini. Bukan saja mentor dari Google saja, namun juga ada beberapa dari luar yang nantinya juga akan membantu sebuah startup dalam perencanaan usaha dan berbagai hal yang terkait dengan startup.

Rencana ini akan dilaksanakan di berbagai negara yang  tentunya masuk dalam proyek Program Launchpad Accelerator ini. Sepanjang masa bimbingan, startup akan dijejali dengan berbagai tugas yang sudah dirancang untuk mempertajam #strategi marketing untuk lebih bisa melakukan penetrasi terhadap pasar.




Seusai Bimbingan Dalam Program Launchpad Accelerator

Tidak hanya ketika mengikuti program saja, namun fasilitas dari Google juga masih didapatkan setelah selesai melakoni bimbingan. Startup akan mendpaatkan ruang kerja dan juga tetap mendapatkan jaringan mentor Google baik dari tim lokal maupun yang internasional. Dan juga dilengkapi dengan kesempatan dalam menggunakan platform Google Developer.

Untuk kelas pertama dalam program Launchpad Accelerator terdiri dari 20 strtup yang nantinya akan dijadwalkan datang ke Mountain View sekitar pertengahan bulan Januari 2016. Diantara peserta gelombang pertama ini, ada satu startup perencanan asli dari Indonesia, yaitu Jojonomic.

Baca juga: Ssst, Google Indonesia Bocorkan Rahasia Jadi Populer di Youtube! Youtuber Wajib Tahu

Rencananya Google sendiri akan memberikan dukungan terhadap 50 startup tiap tahun melalui program ini. Selain itu, menurut Glasberg, mereka juga berharap untuk bisa memperluas dukungan dalam berbagai program lain di luar dari bootcamp yang digelar.

Semoga program ini bisa benar-benar bermanfaat di Indonesia dalam mendukung perkembangan startup ke depan. Karena di masa mendatang tentu akan semakin banyak bermunculan startup baru seiring dengan perkembangan #teknologi yang cepat.




Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud