Asyik! Tahun Depan Balon Google Loon Mulai Sambangi Indonesia

Image dari Iapplefan.com

Image dari Iapplefan.com

Pada artikel terdahulu kita sudah cukup sering membahas tentang berbagai macam inovasi mutakhir yang ditelurkan oleh perusahaan raksasa #Google. Bahkan paska menjalankan restrukturisasi dengan nama induk perusahaan baru Alphabet, nampaknya perusahaan besutan Larry Page dan Sergey Brin ini makin trengginas mengeluarkan inovasi terbaru yang tentunya bermanfaat untuk masyarakat dunia.

Bagi negara kita sendiri, kabar terbaru menyatakan bahwa tidak lama lagi salah satu project besar Google di bidang penyediaan akses #internet, Google Loon akan segera dijalankan di Indonesia. Proyek dengan armada khusus berbentuk balon terbang tersebut akhirnya menyambangi Indonesia setelah terjadi kesepakatan khusus antara Google dengan beberapa perusahaan telekomunikasi besar di Indonesia.

Tepatnya pada tahun 2016 mendatang, balon internet Google sudah akan mengudara di langit nusantara. Harapannya tentu satu hal, rakyat Indonesia bisa mulai menikmati layanan internet berkualitas untuk kehidupan yang lebih berkualitas pula tentunya. Lebih dalam mengulik kabar gembira ini, berikut telah kami siapkan ulasan lengkapnya.

Kesepakatan Bersama Beberapa Petinggi Bisnis Telekomunikasi Indonesia

Jika rekan-rekan sempat membaca salah satu artikel yang membahas layanan internet murah dari Google yakni Project Fi, dalam artikel tersebut sempat disinggung bagaimana sikap para penyedia layanan internet lokal yang merasa tak nyaman dengan kemungkinan adanya program tersebut.

Namun skip membicarakan hal tersebut, karena kini justru para CEO dari top 3 perusahaan opearator telekomunikasi Indonesia lah yang pergi ke Amerika untuk membahas kerja sama proyek Google Loon di nusantara. Pertemuan tersebut digelar beberapa waktu yang lalu di markas Google X (sayap bisnis yang menangai Project Loon) di Mountain View, California, Amerika Serikat.




Artikel lain: Project Fi ~ Proyek Baru Google yang Sukses Membuat Operator Seluler Ketar-Ketir

Ketiga pentolan industri telekomunikasi Indonesia tersebut yakni CEO Telkomsel Ririek Adriansyah, CEO Indosat Alexander Rusli serta CEO XL Axiata Dian Siswarini, menghadiri acara khusus yang memang diadakan oleh pihak Google sehubungan dengan rencana peluncuran Google Loon di Indonesia. Dalam acara yang berjalan dengan suasana casual tersebut, selain tim dari Google X nampak juga salah satu founder Google yakni Sergey Brin.

Visi Proyek Google Loon di Indonesia

Terkait pertemuan dan kerjasama ini, VP Project Loon, Mike Cassidy secara resmi dalam blog Google menyatakan bahwa saat ini kondisi akses internet di Indonesia memang masih belum berada pada kondisi yang ideal. Dengan jumlah penduduk yang banyak, sebenarnya potensi yang bisa diciptakan dengan adanya akses internet yang baik tentunya akan sangat besar.

Ia melanjutnya saat ini hanya 1 dari 3 penduduk Indonesia yang sudah bisa menikmati layanan internet. Itupun mayoritas masih belum mendapatkan akses dengan kualitas yang prima. Sekilas penyebabnya mungkin sangat mudah diketahui, kurangnya infrastruktur pendukung seperti jaringan kabel optik atau membangun BTS menjadi alasan utama. Ini tentu tidak terlepas dari kondisi geografis Indonesia yang didominasi wilayah kepulauan, tentu cukup sulit membangun infrakstruktur darat yang dibutuhkan.

Nantinya #teknologi balon udara milik Google Loon diharapkan bisa menjadi jembatan yang mempermudah distribusi layanan internet untuk wilayah kepulauan yang cukup jauh. Dan fungsi balon Google Loon-pun tak ubahnya seperti BTS terbang yang menyambungkan antara operator lokal dengan masyarakat luas.




“Dalam beberapa tahun ke depan kami berharap Loon bisa membantu memberikan koneksi internet cepat LTE yang bisa menjangkau lebih dari 100 juta rakyat Indonesia,” jelas Mike.

Baca juga: Inilah 6 Proyek Spektakuler Google yang Pernah Dijalankan Di Google X Lab

Sambutan Unik ala Sergey Brin

Ada cerita unik tersendiri dari kedatangan para CEO perusahaan operator telekomunikasi Indonesia ke markas Google X. Di mana pada kesempatan tersebut, sebagai tuan rumah Sergey Brin menyambut para tamunya dengan gaya yang sangat santai. Berseragam kaos oblong plus bawahan celana olahraga, Sergey menyapa para petinggi perusahaan dan juga tamu undangan lain.

Tak nampak, di balik pencapaian besar bahkan mengantar dirinya menjadi salah satu miliuner bisnis teknologi, sosok Sergey Brin jauh dari tampilan yang formal atau bahkan berlebihan. Tentunya bukan tidak ingin menghormati para tamu, namun apa yang ditunjukkan Sergey adalah wujud seperti apa seharusnya attitude seorang dengan kesuksesan luar biasa, yakni stay humble dan tidak berlebihan.

Kembali pada bahasan utama tentang project Loon yang segera mengudara di Indonesia, kita tunggu saja seperti apa peningkatan yang bisa kita rasakan nantinya. Yang pasti dan wajib kita sadari, seperti apapun nanti hasilnya kita sebagai konsumen dan warga Indonesia harus lebih bijak dalam memanfaatkan teknologi tersebut.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud