4 Keuntungan Bekerja di Coworking Space Bagi Para Penggiat Startup

Keuntungan Bekerja di Coworking Space

Apa keuntungan bekerja di coworking space?

Seiring dengan berkembangnya indutri startup, layanan virtual office dan coworking space juga semakin menjadi tren di kalangan para entrepreneur dan para penggiat startup di Tanah Air. Bahkan, di Ibu Kota, ada puluhan atau bahkan ratusan working space di Jakarta yang menjadi tempat bernaung para solo entrepreneur, freelancer, hingga startup-startup yang baru mulai berkembang.

Lalu, apa sebenarnya yang membuat para penggiat startup lebih senang bekerja di coworking space? Alasannya, tentu karena coworking space menawarkan banyak keuntungan yang tidak akan didapatkan dengan bekerja di kantor konvensional.

Nah, apa saja keuntungan bekerja di coworking space? Berikut adalah di antaranya.

  1. Harga Sewa yang Lebih Terjangkau

Harga sewa yang lebih terjangkau menrupakan keuntungan dan manfaat utama yang akan Anda dapatkan dengan bekerja di coworking space. Konsep ruang kerja bersama ini umumnya menggunakan prinsip economy sharing. Dengan begitu, harga sewa yang dipatok tentunya juga akan jauh lebih murah daripada harga sewa kantor konvensional.



Salah satu Coworking space di Jakarta bahkan memiliki paket seharga Rp50.000 per hari. Selain itu, coworking space juga menyediakan layanan dimana si penyewa dapat menggunakan ruang kerja yang nyaman. Dengan berbagai fasilitas yang disediakan di dalamnya dengan biaya mulai dari Rp1 jt sampai Rp1.2 juta per bulan.

Memilih coworking space sebagai tempat bekerja memang sangat tepat bagi para penggiat startup. Dengan biaya sewa kantor yang murah, Anda pastinya dapat lebih menghemat pengeluaran dan mengalokasikan dana untuk keperluan lain yang lebih penting.

  1. Menambah Relasi Baru

Keuntungan berikutnya bekerja di coworking space adalah dapat menambah relasi baru. Karena tempat kerja ini mengusung konsep ruang kerja yang dapat digunakan bersama-sama, maka Anda dapat lebih mudah untuk berinteraksi, berkolaborasi, menjalin relasi, bahkan bertukar pikiran dengan para penggiat startup lainnya.

Tak hanya itu saja, acara-acara sharing yang umumnya diadakan coworking space setiap beberapa bulan sekali pastinya juga akan memungkinkan Anda untuk bertemu dengan para ahli bisnis, orang-orang yang telah suskes di dunia startup, hingga para investor.

  1. Suasan Kerja yang Nyaman

Berbeda dengan kantor konvensional yang umumnya identik dengan suasana formal dan kaku, coworking space justru menawarkan suasana kerja yang nyaman, cozy, dan memiliki kesan homey.

Bahkan, di beberapa working space Jakarta seperti Comma (Collaboration Matters) dan EV Hive, Anda juga bisa melungkan waktu dengan bermain play station, pingpong, atau biliar saat suntuk dengan pekerjaan. Dengan suasana kerja yang menyenangkan seperti ini, Anda pasti dapat bekerja dengan pikiran yang lebih tenang dan relaks.

  1. Lebih Produktif

Di kantor-kantor biasa, setiap orang akan fokus bekerja di dalam kubikalnya masing masing tanpa ada gangguan dari rekan kerja yang lain. Hal ini kelihatannya memang sangat produktif. Namun, benarkah demikian?

Kenyataannya, pengaturan ruang kerja yang dibuat bersekat-sekat seperti ini seringkali malah membuat para pekerja lebih cepat bosan dan stres. Berbeda dengan hal tersebut, coworking space akan membuat setiap orang bekerja lebih produktif karena satu sama lain dapat saling membantu tanpa adanya batasan-batasan.

Jika Anda perlu bantuan atau tidak paham dengan suatu urusan, Anda dapat langsung bertanya ke rekan kerja di dalam satu ruangan yang lebih mengerti. Saling berdiskusi, memberikan saran, atau belajar bersama juga merupakan kegiatan yang sangat mudah dilakukan dan hampir setiap hari terjadi di coworking space.

Baca juga: Co-working Space, Inovasi Konsep Ruang Kerja Modern

Nah, itulah beberapa keuntungan bekerja di coworking space bagi para penggiat startup. Bagaimana? Masih berpikir bahwa coworking space tidak lebih menguntungkan dari tempat kerja pada umumnya?

Referensi: Legalo Virtual Office




1 comment on this postSubmit yours
  1. Halo lae Max, kami Pak Tani Digital sebuah startup untuk bidang pertanian yang berasal dari kota Medan.

    Fokus kami adalah untuk menjadi solusi digital bagi pertanian Indonesia

    Bisakah lae mengulas kami di blog ini. Terimakasih

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud