Kesalahan yang Membuat Seseorang Menjadi Sasaran Hacking

Sasaran-Hacking

Menggunakan #internet memang sangat mudah dan menyenangkan. Tak hanya mudah, kini tarif penggunaan internet pun cukup terjangkau di kantong, termasuk kantong pelajar dan mahasiswa. Dengan berlangganan paket internet pada provider tertentu, anda dapat menikmati fasilitas internet dengan kisaran harga puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah.

Begitu mudahnya menggunakan internet sampai-sampai banyak orang yang menggantungkan hidupnya dari transaksi pembelanjaan via internet. Bila sudah begini, Anda jangan buru-buru terlena ya dengan kemudahan internet yang memfasilitasi proses transaksi atau kegiatan lainnya. Mulailah berjaga-jaga dan waspada terhadap hacking yang bisa mengganggu akun Anda di sejumlah forum, program atau website di internet.

Hacking adalah sebuah kegiatan mencari kelemahan dari suatu jaringan, program atau instalasi yang berhubungan dengan internet. Dulu hacking termasuk sebagai salah satu kegiatan positif yang bertujuan untuk mencari kelemahan sistem dan memperbaikinya. Namun kini hacking banyak dikenal sebagai tindakan negatif yang dapat merusak suatu sistem atau mencuri data-data tertentu.

Anda mungkin seringkali tak sadar dengan kelalaian yang Anda lakukan saat menggunakan internet. Ada beberapa kelalaian yang bisa membuat akun Anda menjadi sasaran hacking, yuk kenali satu per satu agar kita bisa lebih teliti lagi saat menggunakan internet:

1. Menggunakan Password yang Sama

Menggunakan password yang sama untuk melakukan login memang akan menghindarkan anda dari insiden lupa password. Namun hal ini ternyata cukup riskan dan bisa membuat kita menjadi sasaran empuk tindak hacking di internet.




Hacker dapat membobol sejumlah akun Anda dengan mudah dan cepat karena kesamaan password. Agar tak mudah di hack, coba gunakan password yang berbeda-beda untuk setiap akun dengan kombinasi angka dan huruf yang cukup rumit.

Artikel terkait: Tips Membuat Password yang Lebih Kuat

2. Email aneh dan Pop-up yang Menjadi Media Hacking

Pernahkah membuka akun email dan menemukan email aneh yang ditujukan untuk Anda? Atau pernah membuka suatu website yang memunculkan pop-up iklan tertentu? Hal ini bisa menjadi salah satu media hacking lho.

Email atau pop up tersebut bisa saja mengandung virus atau Malware yang bisa mengacaukan akun Anda. Jadi mulai berhati-hati dan jangan sembarang meng-klik informasi atau pop up yang mencurigakan. Alangkah baiknya bila kita mengaktifkan fitur blocking pop up pada browser yang digunakan.

3. Penggunaan Aplikasi atau OS yang Tidak Up to Date

Memang terkadang malas ya menunggu #smartphone atau gadget Anda melakukan update OS atau software. Namun ternyata menggunakan aplikasi atau OS yang tidak di update membuat Anda rentan menjadi korban hacking. Biasanya update software atau OS dilengkapi dengan sistem perlindungan terbaru yang mampu melindungi akun anda dari serangan hacking dan tindak kejahatan online lainnya.




4. Menon-Aktifkan Fitur Security

Anda mungkin pernah menon-aktifkan firewall atau sistem perlindungan lainnya ketika harus menggunakan aplikasi yang berhubungan langsung dengan koneksi internet. Ada pula pengguna internet yang mematikan sistem antivirus agar gadget terasa lebih “ringan” ketika digunakan untuk bermain game.

Hal ini membuka peluang bagi para hacker untuk mengacaukan sistem atau akun anda. Sebagai solusinya, jangan lupa hidupkan kembali firewall yang sempat anda non-aktifkan. Untuk antivirus, jadwalkan scan pada waktu-waktu ketika anda tak menggunakan gadget Anda.

5. Mengabaikan Enkripsi Koneksi Wireless

Bagi Anda yang menggunakan fasilitas wi-fi di rumah atau di kantor, pastikan bahwa Anda menggunakan wi-fi dengan tipe koneksi WPA2. Beberapa sistem enkripsi lainnya (misalnya WEP) ternyata sangat rentan dibobol dan membuat jalur data anda mudah dibajak. Jadi, jangan lupa mengubah tipe koneksi wi-fi anda ke dalam tipe WPA2 agar data anda lebih aman dari tindak hacking. Mudah-mudahan nformasi bermanfaat kali ini bisa membantu Anda untuk lebih cermat dalam menggunakan koneksi internet.

Baca juga: Cara Mengamankan Blog WordPress Dari Serangan Hacker

Internet memang memberikan berbagai kemudahan bagi kita. Namun ingatlah bahwa internet juga menjadi sarana cyber crime yang dapat mencuri data atau merusak sistem yang Anda gunakan. Stay wise and get benefit of using internet!



1 comment on this postSubmit yours
  1. saya sering menerapkan yang no 1, keadaan darurat ini

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud