KerjaDulu.com, Starup Jejaring Sosial Karir Pertama Di Indonesia

KerjaDulu-Starup-Jejaring-Sosial-Karir

Sosial media yang berkonsep karir dan pencarian kerja memang bukan hal benar-benar baru. Kalau anda seorang professional pasti Anda mengenal LinkedIn, #sosial media yang kini penggunanya sudah menembus angka jutaan. Dunia yang kini mengalami perubahan yang begitu cepat ini sepertinya telah memunculkan banyak fenomena-fenomena pada kehidupan manusia.

Diantara banyak fenomena yang ada, social recruitment adalah salah satu fenomena baru tersebut. Sekarang orang tak perlu lagi kesana kemari untuk memperoleh pekerjaan, yang perlu mereka lakukan saat ini untuk mendapatkan kerja hanyalah cukup menggerakkan jari-jemarinya disebuah jaringan internet.

Social recruitment sendiri adalah sebuah cara para pencari kerja atau pemberi pekerjaan dengan tujuannya masing-masing, untuk bertemu, bersosialisasi dan tentunya melakukan kesepakatan karir dalam portal sosial tertentu di sebuah jaringan #internet. Dengan social recruitment ini diharapkan semua pihak yang terkait karir dan bisnis akan dimudahkan dengan layanan atau fitur yang telah disediakan.

Salah satu social media berbasis karir yang merupakan karya anak negeri adalah KerjaDulu.com. Social media yang telah berumur satu tahun ini cukup menarik perhatian banyak pihak. Buktinya, sejak peluncuranya pada Januari 2014, penggunanya telah menembus angka lebih dari 90.000. Lalu seperti apa media sosial yang berbasis karir pertama buatan anak negeri ini? Berikut ulasannya.

Artikel lain: 3 Startup Ini Sediakan Lowongan Kerja Untuk Pekerja IT

Chris Liu dan Inspirasinya

Adalah Christian Liu bersama temannya Bruce Sung, orang dibalik KerjaDulu. Liu sendiri adalah anak asli Indonesia yang bertahun-tahun telah berkarir dengan merintis bisnis digital di Taiwan. Dengan segudang pengalamannya di dunia digital, Liu telah banyak diganjar penghargaan, seperti Best Startup Entrepreneur of the Year dari Presiden Taiwan Ma Ying Jeou dan Top 10 Most Promising Manager of the Year oleh Wakil Presiden Taiwan, Vincent C. Siew.

Pada tahun 2012, Liu memutuskan untuk kembali ke Indonesia dan bertekad bertahan karena sebuah alasan dari ide atau inspirasinya. Ya pada suatu hari sesaat setelah kembali dari Taiwan ia berkesempatan mengikuti job fair. Tak disangkanya bahwa pada job fair tersebut banyak sekali para pencari kerja yang datang dan sampai-sampai duduk di lantai untuk menulis resume.

Dari situlah Liu tersentuh dan idenya seketika muncul untuk membuat portal online yang bisa mengakomodasi para pencari kerja di Indonesia tersebut. Dari sana ia pun bersama temannya Bruce Sang membuat KerjaDulu.

Peluang Besar di Indonesia

Dengan jumlah penduduk terbesar keempat didunia yang didukung dengan perkembangan teknologi dan jaringan internet, membuat Indonesia menjadi lahan subur dan menyimpan peluang besar bagi para pebisnis online. Berdasarkan hal tersebut dan dengan alasan jumlah pencari kerja di Indonesia yang masih belum banyak terakomodasi inilah Liu membangun situs KerjaDulu.

Menurutnya, masa depan rekrutmen dan dunia karir ada pada jaringan sosial. Karena itulah, situs KerjaDulu ini selain menayangkan informasi lowongan kerja juga menampilkan fitur-fitur social media. Liu menganggap dengan beberapa fakta diatas itulah, Indonesia akan menjadi tempat yang memiliki peluang sangat besar baginya jika ia mampu mengerjakan startup KerjaDulu dengan baik.

Fitur dan Keunggulan

Fitur yang disuguhkan oleh KerjaDulu ini dapat dikategorikan menjadi dua kelompok besar yaitu fitur pencarian kerja dan fitur media sosial. Dari situs ini orang bisa menampilkan profil dan riwayat hidupnya secara gratis. Setelah profil dan riwayat hidup telah diunggah, saat itu juga pengguna telah bisa mendapatkan dua hal dari portal ini, yaitu jaringan dan juga pekerjaan. Salah satu fitur social media yang menarik dari KerjaDulu adalah adanya tombol “Mantap” sebagai pengganti “Like” seperti yang ada di Facebook.




Dalam hal lain, pengguna KerjaDulu juga dapat mengetahui banyak aktivitas dari beberapa perusahaan dengan cara melakukan follow pada perusahaan tersebut. Menurut Liu, KerjaDulu memiliki beberapa keunggulan seperti menjalin koneksi bisnis dan #profesional, berbagi sesuatu dengan sesama rekan kerja, dan juga bisa menemukan peluang dan pengembangan karir yang lebih profesional.

Baca juga: Situs Job Listing ~ Era Baru Media Online Pencari Kerja

Verifikasi Perusahaan

Ketika ada orang yang mendaftar, tim KerjaDulu bisa langsung menjadikan mereka sebagai pengguna. Namun bagi perusahaan yang mendaftar, KerjaDulu akan terlebih dahulu melakukan verifikasi. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar menghidarkan portalnya dari perusahaan yang ilegal dan fiktif.

Peraturan ini memang harus dilakukan oleh tim KerjaDulu untuk menjaga kredibilitas dan kualitas situsnya. Maka jangan heran jika Anda nantinya hanya mendapati jumlah perusahaan di KerjaDulu yang masih belum terlalu banyak. Karena inilah yang terjadi bahwa tim KerjaDulu harus memastikan bahwa perusahaan yang terdaftar memiliki legalitas hukum. Maka mereka melakukan verifikasi terlebih dahulu sebelum dinyatakan perusahaan dinyatakan sebagai member yang terdaftar.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud