Kenapa Sih Penggunaan Infografis Penting Untuk Content Marketing?

Kenapa Sih Penggunaan Infografis Penting Untuk Content Marketing?

infografis bisnis

Perusahan mana yang tidak ingin produk atau jasanya dilirik dan diminati oleh banyak orang. Tapi rupanya keinginan ini tidak bisa diwujudkan oleh semua bisnis. Butuh semangat dan kerja keras untuk berinovasi dengan bisnis, termasuk inovasi untuk bidang konten pemasaran.

Tidak ada yang betah dengan strategi pemasaran yang cenderung memaksa, monoton dan terdengar membosankan. Masyakarat masa kini sudah lebih cerdas dan menyukai proses berbagi informasi yang menarik dan edukatif. Dengan alasan inilah, penggunaan infografis sebagai konten pemasaran menjadi semakin diminati.

Mengapa infografis menjadi salah satu trik yang bisa patut dimiliki oleh suatu konten pemasaran?

1. Infografis Mudah Menarik Perhatian

Sudah bukan rahasia lagi kalau masyarakat menyukai konten yang berbentuk visual karena dianggap lebih menarik dan menghibur. Jadi, pemilihan warna-warna dan tata letak infografis yang menarik akan menambah kesan seru pada infografis yang disampaikan oleh suatu bisnis.

Artikel lain: Mengenal Pengertian Infografis Dan Jenisnya

2. Membuat Banyak Orang Jadi Makin Mengerti

Banyak hal yang tidak bisa dicerna atau dipahami orang ketika mendengar informasinya dalam bentuk audio atau deretan kata-kata. Nah, disinilah peran ilustrasi dalam infografis menjadi pendukung untuk menyampaikan maksud kita kepada banyak orang.

3. Memiliki Kemampuan untuk Berkembang Secara Viral

Sebuah penelitian mengenai infografis menunjukkan bahwa konten infografis yang memang terdiri dari gambar sebagai fokus utama mamu mencapai tingkat page view 14% lebih tinggi daripada konten pemasaran tanpa gambar.

Penyebaran konten infografis secara viral akan semakin pesat jika masyarakat menganggap bahwa infografis memberikan informasi yang sangat penting dan menarik. So, tidak perlu repot-repot menarik perhatian banyak orang karena gambar bisa melukiskan sejuta kata-kata yang ingin kita sampaikan.

4. Mampu Meningkatkan Hasil dari Upaya Pemasaran

Studi mengenai bidang pemasaran modern menyatakan kalau 60% calon pelanggan yang melihat informasi pemasaran dalam bentuk visual biasanya langsung tertarik untuk menghubungi bisnis kita. Karena biasanya konten yang berbentuk visual terbukti lebih ampuh memancing perhatian dan keingintahuan dari calon pelanggan. Ilustrasi mengenai produk bisnis bisa disampaikan secara keren dan eye catching untuk membuat calon pelanggan tergoda.

5. Jumlah Subscribers dan Followers Bertambah Banyak

Infografis yang menarik biasanya sukses mengawali interaksi dengan banyak orang. Akan banyak orang yang tergelitik untuk memberikan like, melakukan share atau meninggalkan pendapat di kotak komentar. Dari interaksi hangat yang dibangun dengan banyak pengguna #internet, maka akan semakin banyak orang yang tertarik untuk memfollow atau menerima news feed dari akun media sosial bisnis kita.

6. Mudah Diintegrasikan dengan Blog atau Website

Infografis didesain secara simpel dan bisa di embedd sesuai dengan kebutuhan bisnis kita. Infografis yang sudah di embedd dapat segera terhubung dengan blog atau website bisnis kita. Sesaat seseorang tertarik dengan informasi yang kita berikan, maka bukan hal yang mustahil bagi mereka untuk mengakses langsung ke blog atau website untuk bisa memperoleh lebih banyak informasi.

7. Infografis Bisa Menampilkan Kesan Profesional

Selain disajikan dengan warna dan ilustrasi yang menarik, infografis biasanya juga dilengkapi dengan data-data berbentuk grafik, diagram alir atau bentuk-bentuk penyajian data lainnya. Hal ini tentu mampu memberikan kesan profesional dan expert karena kita tidak hanya sekedar memperkenalkan produk, tapi juga mampu menjabarkan keadaan real yang berkaitan dengan suatu bidang permasalahan.

Baca juga: Membangun Content Strategy yang Matang Via Google Plus

8. Mudah Ditracking dengan Perangkat Analisis

Kemudahan untuk ditracking dengan perangkat analisis di internet menjadi alasan berikutnya mengapa infografis wajib digunakan. Karena proses analisis dengan menggunakan perangkat analisis di internet akan membantu kita melakukan tracking mengenai jumlah view, jumlah share maupun respon para pengguna internet terhadap infografis kita.

Sehingga pada akhirnya kita bisa menilai infografis seperti apa yang lebih diminati oleh para pengguna internet yang menjadi target bisnis kita.

Jika kita memiliki bisnis yang sedang berkembang dan sedang membidik banyak pelanggan baru, tidak ada salahnya lho menggunakan infografis sebagai salah satu konten pemasaran. Siapkan infografis dengan data yang valid dan ilustrasi yang menarik agar maksud yang ingin kita sampaikan bisa diterima dengan baik oleh target bisnis kita.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan