Kenapa Sebuah Brand Harus Memiliki Blog, Ini Alasannya

FUNGSI BLOG BISNIS

Image dari Lornali.com

Peran brand dalam sebuah bisnis sangat penting sekali. Terlebih lagi jika bisnis Anda saat ini baru Anda mulai dan kembangkan, Anda perlu memiliki sebuah brand untuk memperkuat strategi pemasaran bisnis Anda. Brand juga sangat berperan untuk membranding bisnis Anda sendiri agar lebih mudah dikenali dan populer sehingga semakin memudahkan #promosi Anda.

Nah, brand pada produk bisnis akan semakin semakin maksimal perannya ketika Anda memadukannya dengan sebuah blog. Melihat perkembangan internet dan #bisnis online di dunia termasuk di Indonesia yang semakin pesat, maka blog adalah pilihan yang sangat relevan. Ada banyak sekali fungsi dan manfaat yang bisa Anda peroleh dengan memanfaatkan media blog untuk brand bisnis Anda.

Di bawah ini adalah beberapa alasan yang tepat untuk Anda untuk memaksimalkan peran blog untuk brand bisnis Anda.

1. Memperkuat Identitas Brand Itu Sendiri

Saat ini, hampir semua pelaku bisnis besar maupun kecil selalu memanfaatkan media online untuk segala kebutuhan. Tak hanya pelaku bisnis online, para pelaku bisnis offline pun juga mulai menjalankan berbagai kampanye melalui media online. Di sinilah kemudian manfaat sebuah blog untuk kepentingan brand sangat kentara.

Tentu saja blog sangat bagus untuk kepentingan membranding sebuah brand. Dari blog juga Anda bisa memperkuat citra brand bisnis Anda sendiri, apalagi dewasa ini perkembangan dunia online semakin besar. Pengguna #internet juga semakin banyak, maka dengan blog Anda akan memungkinkan untuk semakin memperkuat citra brand Anda.




Artikel lain: 7 Tips Penting Agar Sukses Memulai Blog Bisnis

2. Sarana Promosi yang Sangat Efektif

Meski bisnis yang sedang Anda jalani berbasis pada bisnis offline, namun tak ada salahnya jika Anda memanfaatkan blog sebagai media promosi brand Anda. Dengan menggunakan blog, brand Anda akan semakin dikenal luas oleh para konsumen.

Bukan saja konsumen lokal atau di sekitar Anda saja, namun dengan memanfaatkan blog sebagai sarana promosi, jangkauan Anda akan semakin luas. Dan ini sangat bagus sekali, meski mungkin saja orang yang Anda jangkau belum pasti akan melakukan transaksi dengan bisnis Anda, namun setidaknya brand Anda akan semakin berkibar dan semakin dikenal banyak orang.

3. Meningkatkan Popularitas Melalui SEO Blog

Ketika Anda menggunakan blog sebagai sarana promosi, maka tidak bisa tidak Anda harus juga menggunakan teknik SEO untuk mendongkrak popularitas Anda di search engine. Hal ini akan semakin bagus untuk brand Anda, apapun bisnis Anda, apapun yang Anda jual, apapun informasi yang Anda sampaikan melalui blog, maka SEO blog memiliki peran sangat vital.

Dewasa ini, semakin banyak perusahaan yang sadar akan peran SEO dan bahkan mereka rela mengeluarkan budget besar untuk menyewa ahli SEO. Maka dari itu, Anda pun juga harus demikian, Anda juga harus sedikit bermain #SEO baik oleh Anda sendiri maupun oleh orang lain untuk brand Anda. Sehingga, ketika blog Anda sudah bisa menempati posisi bagus di search engine pada target brand bisnis Anda, maka sama halnya brand bisnis Anda semakin populer dan meningkatkan potensi transaksi pada bisnis Anda.




4. Mengatur Lalu Lintas Informasi Brand

Selain sebagai media promosi dan #branding, blog juga sangat bermanfaat digunakan sebagai mengatur lalu lintas informasi brand bisnis Anda. Anda bisa menyampaikan beragam info melalui blog. Informasi diskon misalnya, informasi promo dan berbagai informasi penting lainnya. Dari sini kemudian Anda bisa melihat bagaimana respon para konsumen mengenai berbagai informasi yang Anda sampaikan melalui blog mengenai brand bisnis Anda.

Nah, kemudian Anda pun bisa melakukan analisa dari berbagai respon konsumen tersebut. Ini merupakan informasi penting guna meningkatkan layanan maupun kualitas produk Anda.

Baca juga: Content Marketing Efektif: Lakukan 7 Hal Ini untuk Mengelola Blog Bisnis dengan Baik

5. Sebagai Bahan Kampanye Di Media Sosial

Blog juga bisa Anda gunakan sebagai bahan kampanye dan promosi Anda melalui #media sosial. Media sosial saat ini memiliki potensi yang sangat luar biasa karena pengguna media sosial semakin membludak. Selain pengguna yang semakin banyak, jenis dan macam media sosial pun juga semakin bertambah dan fiturnya pun juga semakin berkembang.

Nah, Anda bisa memanfaatkan berbagai media sosial tersebut dengan bahan kampanye dari blog brand bisnis Anda. Ini bisa jadi akan mempermudah cara promosi Anda melalui media sosial.



3 total comments on this postSubmit yours
  1. Inspiratif, thanks banget untuk tulisannya.
    Sekarang sudah banyak perusahaan Indonesia yang memiliki blog, tinggal eksekusianya saja yang harus diperbaiki termasuk dalam sisi SEO.

  2. Cakep posnya gan

    • orangnya kali gan yang cakep

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud