7 Tips Penting Agar Sukses Memulai Blog Bisnis

blog bisnis

Apakah Anda tertarik untuk memulai bisnis di dunia blog? Ingin tahu bagaimana cara untuk memulai bisnis tersebut agar mendapatkan hasil memuaskan? Ada banyak pilihan untuk memulai bisnis blog ini, seperti platform #blogging, domain, hosting, layout blog dan lain lain. Namun, dari sekian banyak pilihan itu sebetulnya hanya ada beberapa kunci sukses yang bisa Anda terapkan untuk bisnis blog Anda. Perhatikan poin – poin berikut.

1. Tentukan Layout Blog yang Baik

Sebelum membahas lebih jauh, berikut tiga layout blog yang paling sering dipakai:

  • Layout tiga kolom dengan dua sidebar dan kolom konten utama
  • Layout dua kolom dengan satu sidebar dan kolom konten utama
  • Layout satu kolom yang hanya berisi kolom konten utama

Ada kelelebihan dan kelemahan tersendiri dari masing-masing layout tersebut.  Berikut penjabarannya:

Jika Anda seorang publisher yang memiliki blog dengan sejumlah besar konten artikel yang ingin langsung anda promosikan secara bersamaan, maka Layout dengan tiga kolom adalah yang terbaik karena layout ini akan memberikan Anda banyak ruang untuk Anda mempromosikan isi blog Anda yang lain. Layout ini juga membuat pembaca menjadi lebih lama mengunjungi blog Anda karena ada banyak artikel yang ikut muncul selain artikel utama.

Namun, kelemahan layout jenis ini adalah ia akan mengganggu konsentrasi pembaca dari artikel utama karena ada banyak pilihan artikel lain yang mungkin lebih menarik untuk dibaca. Jika Anda ingin para pembaca Anda memberikan 100% fokus nya pada artikel utama, maka layout dengan satu kolom adalah pilihan terbaik. Karena hanya memiliki satu kolom untuk artikel utama saja, maka sudah bisa dipastikan tidak akan ada sidebar lain yang menghiasi blog Anda.




Artikel lain: Affiliate Marketing, Bisnis Yang Cocok Untuk Blogger Pemula

Kekurangannya tentu saja artikel Anda yang lain selain artikel utama tidak akan bisa dilihat oleh para pembaca Anda kecuali jika di akhir paragraph pada artikel utama Anda, Anda menambahkan link ke artikel Anda yang lainnya.

Yang paling penting, kecuali anda adalah seorang publisher atau pebisnis yang mengambil keuntungan dari pemasang iklan, jangan berikan pengunjung blog Anda link lain yang menghubungkan ia dengan blog lain di luar blog Anda. Kecuali link tersebut merujuk kembali blog Anda.

2. Pastikan Blog Bisnis Anda “Mobile Friendly”

Tidak peduli apa tata letak yang Anda pilih untuk blog Anda , pastikan bahwa itu mobile-friendly. #Google merekomendasikan desain responsif yang merupakan standar peraturan yang diterapkan oleh google untuk menilai sebuah blog. Jadi jika ingin blog bisnis anda berjalan dengan baik anda bisa membuat sebuah blog yang nyaman pada saat diakses melalui perangkat mobile.

3. Buat Form Berlangganan

Jika Anda ingin mengkonversi pembaca blog menjadi pelanggan #email untuk mempromosikan produk dan jasa perusahaan Anda, Anda harus memiliki beberapa bentuk opt-in di blog Anda. Ada beberapa cara yang berbeda untuk menerapkan bentuk opt-in di blog Anda, dan banyak alat untuk melakukannya.




Kebanyakan solusi perangkat lunak pemasaran email menawarkan bentuk opt-in yang berbeda untuk memilih yang dapat Anda tambahkan ke situs Anda menggunakan kode yang disediakan. GetResponse, misalnya, memiliki Builder Formulir yang memungkinkan Anda membuat bentuk sesuai desain situs Anda dan tempatkan di mana saja di website Anda.

Gunakan GetResponse Formulir Builder untuk membuat bentuk opt-in. SumoMe memungkinkan Anda untuk menambahkan berbagai bentuk opt-in ke website (bukan hanya WordPress). Anda dapat menambahkan bar cerdas di bagian atas #website Anda, sebuah kotak scroll yang muncul di bagian bawah kanan website atau lampu kotak pop-up yang muncul atas situs web.

4. Setting SEO Pada Blog Anda

Jika Anda menggunakan WordPress, Anda dapat menginstal plugin gratis seperti WordPress SEO untuk membuat sebuah kata kunci untuk semua halaman blog Anda untuk mengoptimalkan mereka untuk mesin pencari. Setelah terinstal, mulai dengan menambahkan judul #SEO dan deskripsi meta untuk situs blog Anda, dioptimalkan untuk kata kunci tertentu .

5. Gunakan Tombol Berbagi Media Sosial

Tombol berbagi #media sosial adalah suatu keharusan untuk konten posting blog Anda. Tombol tersebut memudahkan bagi pembaca Anda untuk berbagi konten Anda pada jaringan sosial yang penting bagi Anda.

Jika Anda merasa nyaman mengedit desain blog Anda, Anda dapat memilih untuk menambahkan tombol berbagi resmi dari Twitter, Facebook, LinkedIn, Pinterest dan jaringan favorit Anda lainnya. Tombol-tombol ini menarik judul, URL, deskripsi dan gambar (tergantung pada jaringan) dari halaman mereka dan memungkinkan pengunjung untuk berbagi.

6. Gunakan Google Analisis

Selain analisis sosial media, ada beberapa alat analisis tambahan untuk melihat seberapa baik konten anda di mesin pencari. Pertama , mulailah dengan menggunakan Google Analytics. Dalam google analitics akan nampak rincian tentang lalu lintas konten Anda, laporan Top Artikel pada blog anda, hal tersebut akan membantu anda mengembangkan blog bisnis anda.

Berikutnya, memanfaatkan Google Webmaster Tools. Laporan dalam Analytics dapat menunjukkan bagaimana konten Anda muncul dalam proses pencarian berdasarkan jumlah kali terlihat, jumlah klik dan posisi rata-rata dalam pencarian. Masing-masing alat ini dapat membantu Anda mengoptimalkan strategi pemasaran konten Anda untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan hasil terbaik dari posting blog Anda.

Baca juga: Mengapa Bisnis Anda Harus Memiliki Sebuah Blog Bisnis?

7. Buat Konten Yang Unik

Untuk membangun sebuah blog bisnis buat konten yang unik dan bermanfaat bagi pembaca Anda. Semakin unik, menarik, kreatif dan bermanfaat informasi yang Anda sajikan, tentu saja blog Anda akan semakin diminati.

Ada banyak cara untuk mengembang blog untuk kepentingan bisnis Anda. Semoga dengan tips ini akan membantu Anda membuat blog yang mendapatkan hasil yang maksimal. Buat Anda yang memiliki ide lain silahkan berbagi dengan berkomentar di artikel ini.



2 total comments on this postSubmit yours
  1. Apakah blog flarform blogger dgn custom domain bertema gado2 bs dioptimalkan untuk bisnis affiliasi ya mas?

    Rubrik bisnisnya sih ada cuma nggak banyak

  2. Saya baru belajar blogging ni,,,terimakasih tipsnya… saya mau coba praktekin dulu

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud