Kenapa Bisnis Pengusaha Tionghoa Selalu Sukses? Ini Rahasianya

Kenapa Bisnis Pengusaha Tionghoa Selalu Sukses? Ini Rahasianya

pengusaha tionghoa

Seperti kita ketahui bersama bahwa orang Tionghoa yang berada di Indonesia sebagian besar adalah seorang pengusaha. Dan, hebatnya hampir keseluruhan mereka adalah pengusaha yang sukses. Seakan-akan apapun bisnis yang pengusaha Tionghoa kerjakan bisa berjalan dengan baik dan membawanya menuju kesuksesan.

Ada banyak nilai di sini yang bisa kita pelajari dalam sistem atau tata kelola bisnis yang dijalankan oleh pengusaha Tionghoa. Apa saja sebenarnya yang menjadi kunci sukses dalam menjalankan bisnis dari orang Tionghoa tersebut, perhatikan rahasianya di bawah ini.

1. Pembelajaran Bisnis Sejak Dini

Sudah menjadi hal yang lumrah bagi keluarga Tionghoa ketika menjalankan bisnis keluarga selalu diikutsertakan sejak dini. Bahkan jangan kaget ketika misalnya mereka membuka usaha toko, maka biasanya anak yang menjadi pelayan dan ibu menjaga kasir.

Nah, pembelajaran bisnis seperti ini ternyata sangat efektif dan efisien dalam kultur pengusaha Tionghoa. Sangat bermanfaat bagi anak, nantinya ketika mereka dewasa, mereka sudah sangat memahami seluk beluk bisnis yang dikelola ayahnya. Sehingga ketika dilepaskan pun, mereka tidak kaget lagi.

Artikel lain: Robert Budi Hartono ~ Orang Terkaya Nomor 1 Di Indonesia

2. Manajemen Keuangan yang Baik

Ini adalah salah satu kunci usaha yang mungkin jarang dilakukan oleh pebisnis kita. Pengusaha Tionghoa, seberapapun kecil bisnis yang mereka kelola, mereka selalu membuat pembukuan serapi mungkin dan sedetail mungkin.

Mereka menyadari betul bagaimana pentingnya tata kelola keuangan dalam bisnis, sehingga dari sini akan memudahkan setiap langkah bisnis yang mereka akan lakukan. Dengan membiasakan diri membuat catatan keuangan sejak bisnis masih kecil, maka akan semakin memudahkan ketika bisnis menjadi besar suatu saat.

3. Sistem Administrasi yang Rapi

Hampir kita tidak pernah menemui sebuah toko yang dikelola orang Tionghoa kehabisan stok barang. Ini bukti nyata bahwa mereka benar-benar menjaga peluang yang ada, mereka tidak mau peluang meskipun sangat kecil sampai terlepas dari genggaman.

Selain itu, hal ini juga menunjukkan betapa rapinya administrasi yang mereka jalankan. Mereka tahu jika sampai sekali saja tidak bisa melayani pelanggan, maka kredibilitas toko akan menurun di mata pelanggan. Sistem administrasi yang sangat tertata dengan baik bisa menjadi rahasia sukses mereka dalam menjalankan sebuah usaha.

4. Meminimalisir Biaya Hidup

Kebiasaan yang selalu dilakukan oleh pengusaha Tionghoa ketika mereka menjalankan usaha adalah dengan meminimalisir biaya hidup seminim mungkin. Sebelum mereka benar-benar kaya, mereka akan selalu bertindak dengan hati-hati. Bahkan mereka mampu menekan biaya hidup dengan hanya menggunakan 20% dari penghasilan yang mereka dapatkan.

Mereka tidak akan pernah bersenang-senang sebelum posisi usahanya benar-benar aman. Jadi ketika mereka mendapatkan penghasilan 100 juta maka untuk biaya hidup mereka menggunakan yang 20 juta.

5. Keberanian Pengusaha Tionghoa Dalam Mengambil Resiko

Faktor ini juga sangat berpengaruh dalam setiap langkah bisnis yang diambil oleh pengusaha Tionghoa. Mereka memiliki keberanian yang sangat tinggi dalam mengambil sebuah resiko. Namun demikian, tentu setiap keputusan sudah dipikir dengan baik, dengan analisa yang kuat dari pengalaman.

Maka dari itu, spekulasi mereka dalam berbagai bisnis sangat bagus. Intuisi yang kuat ini menunjukkan bahwa mereka memiliki jam terbang yang sangat tinggi dalam membaca peluang. Pengalaman jatuh bangun dalam dunia bisnis yang mereka geluti semakin mengasah kemampuan mereka dalam menganalisa sebuah peluang.

6. Belajar Kepada Siapapun

Kaum Tionghoa ketika mereka sudah memutuskan untuk menjalankan sebuah bisnis, maka mereka akan selalu belajar kepada siapapun. Mereka tidak pernah malu atau segan untuk bertanya pada siapapun yang dianggap bisa memberikan informasi terkait bisnis yang akan mereka jalankan. Daya belajar yang sangat tinggi ini membuat mereka cepat mengetahui informasi penting terkait usahanya. Sehingga membuat usaha yang mereka kelola cepat berkembang dan menjadi besar.

Baca juga: Kisah Sukses Ciputra – Sang Pelopor Real Estate Indonesia

7. Etos Kerja yang Sangat Baik

Sudah bukan rahasia lagi bahwa kaum Tionghoa dalam bekerja memiliki etos kerja yang sangat luar biasa bagus.

Mereka akan selalu bekerja dengan penuh tanggung jawab, tuntas dengan integritas yang sangat tinggi. Selain itu keseriusan mereka dalam mencintai pekerjaan menjadikan setiap langkah kerja menjadi menyenangkan. Sehingga hal ini menjadikan mereka semakin semangat setiap hari dalam memajukan bisnisnya.

23 KOMENTAR

  1. Di bidang yang satu ini memang mantap etnis tionghoa, patut ditiru…terutama sekali untuk menggunakan pendapatannya jauh di bawah 50% untuk biaya hidup.

  2. Lebih dipercaya pihak bank untuk memberikan pinjaman modal, dibanding orang indonesia asli. Itu juga faktor kesuksesan usaha mereka dibanding orang indo asli salah satunya

  3. Point Nomer 5 menjadi hal penting untuk berhasil,karena keberanian untuk memulai, berani mengambil resiko merupakan hal yang sulit ditempuh pengusaha ataupun para pebisnis pemula.

  4. Orang Tiongkok di Indonesia banyak yang sukses, dari liputan di atas jadi motivasi bahwa kita harus mencontoh cara mereka berbisnis.

  5. Gun..kmu prl bc ini artkl bgs.jg bt tmn2 yg lain.mntp oke pnya.

  6. Bener gan,,itulah kunci keberhasilan, pengen niru ah….

  7. Nabi muhammad bersabda Tuntutlah ilmu sampai ke negeri cina. Sebenarnya tersirat pesan tuntutlah ilmu (termasuk ilmu dagang) pada orang cina. Terbukti jg kini negeri cina sangat diperhitungkan oleh dunia internasional.

  8. mungkin dengan melakukan hal tersebut diatas banyak yang bilang kalo pengusaha tionghoa itu dikenal pelit kali ya.., tapi memang masuk akal tips diatas yang mungkin belum bisa ane lakukan sehingga selalu saja kebobolan terus dalam hal manajemen keuangan, ..

  9. Perlu dicontoh nih gaya bisnisnya agar bisa mengikuti jejak suksesnya. Terimakasih atas infonya. Sukses selalu

  10. Terima kasih atas trik nya, meskipun saya bukan org tionghoa tp tdk ada salahnya jika saya belajar bisnis dr cara org tionghoa.
    Semakin mantap hatu saya untuk berbisniss MLM myazaria dg berbagai trik tersebut.

    Dgn modal 1,4jt sekali seumur hidup & penghasilan 1jt/member membuat saya harus lebih bijak membelanjakan uangnya.

    Salam sukses :
    Bisnis MLM MyAzaria
    Azariaoke
    52A98B1C
    Ig : azariaoke

  11. ibarat kan kayak jaman nya jokowi, revolusi mental hee

  12. Hai max, artikel ini boleh ya saya share ke blog tionghoa saya, dengan mencantumkan sumber tentunya. Kamsiaaa :)

  13. Hebat…
    perlu dicontoh pak.

  14. makasih om … jadi makin pinter saya nih …

  15. Perlu di contoh, saya menerapkan juga ke anak saya, sederhana saya belikan printer dia jualan jadwal pelajaran sekolah di kelas, bahkan memberi aku adsense sendiri untuk mengelolanya.

  16. Benar sih, bisnis itu sebenrnya tentang jiwa, tapi perlu ada aspek lainnya yang mendukung seperti manajemen keuangan, sistem adminis yang baik, serta kerja keras.. semga kita jg bsa menjadi pebisnis yang sukses, aamiin.

  17. saya terkesan sama pepatah China, “org yg tidak senyum, dilarang membuka toko”
    disitulah sebenarnya pokoknya

  18. Blog Dmathholic

    pembelajaran bisnis sejak dini dan berani mengambil resiko saya paling salut sama mereka.
    Pengalaman mengajar di sekolah tionghoa, mereka rela putus sekolah dan mengatakan ya sudah pak anak saya tidak usah naik kelas, dia akan saya ajari berdagang saja.

  19. tionghoa lebih disiplin..dan gaya hidup biasa…sedangkan bangsa indonesia…kebanyakan kaya dikit …jadi gak fokus…banyak godaan..ini itu..hehe

  20. Tak bisa di pungkiri bahwa pengusaha Tionghoa lebih sukses ketibang yng lain….setuju karena mereka memang memiliki etos dan berbisnis sejak dini.

    Trims atas ercerahannya

Tinggalkan Balasan