Robert Budi Hartono, Orang Terkaya Nomor 1 di Indonesia

robert-budi-hartono

Sosok yang berkarakter dan mampu menunjukkan kapasitasnya sebagai pengusaha bertalenta mungkin itulah yang akan kita dapati dari seorang Robert Budi Hartono. Bagi anda yang belum tahu siapakah sosok beliau, mungkin anda akan terkejut bahwa ia telah menjadi salah satu tokoh bisnis nasional yang nama nya tercatat di daftar orang dengan kekayaan terbesar versi majalah Forbes.

Dalam laman web resmi situs forbes tersebut terpampang dengan jelas bahwa ia merupakan miliuner terkaya nomer 131 versi Forbes. Dan bagaimana di Indonesia? Pria berusia 72 tahun tersebut telah mantab berada sebagai orang terkaya di negeri ini selama hampir beberapa tahun.

Hingga tahun ini kekayaan Robert Budi Hartono yang tercatat pada bulan maret 2013 telah mencapai 8,5 miliar dolar atau setara dengan 85 triliun rupiah. Angka yang mungkin bagi sebagian orang hanya ada dalam mimpi. Dan yang pasti jumlah kekayaan yang teramat besar tersebut didapatkanya dengan jerih payah serta determinasi tinggi sebagai seorang bisnisman sukses di Indonesia.

Berikut sedikit kisah yang mungkin bisa menjadi inspirasi bagi kita bersama.



Artikel  lain: Daftar Orang Terkaya di Indonesia

Sekilas Tentang Kehidupan Pribadinya

Lahir dengan nama asli Oei Hwie Tjhong pada tanggal 28 April 1940 di salah satu daerah tepi kota kudus, ialah pria yang kini bernama Robert Budi Hartono. Ayah nya adalah seorah pengusaha rokok bernama Oei Wie Gwan. Keluarga kecil nya terdiri dari ayah nya, ibu nya dan kakaknya Michael Bambang Hartono alias Oei Hwie Siang yang kini juga menjadi seorang miliyader sukses bersamanya.

Setelah beranjak dewasa, ia akhirnya bertemu dengan belahan hati yang akhirnya menjadi istri nya yaitu Widowati Hartono atau lebih akrab dengan nama Giok Hartono. Mereka dikaruniai 3 orang putra bernama Victor Hartono, Martin Hartono, dan Armand Hartono.

Yang menarik adalah ketiga putra nya tersebut kini juga telah sukses menjadi pengusaha layaknya ayah mereka. Bahkan bungsu mereka, Martin Hartono kini merupakan salah sosok berperngaruh di situs forum populer Kaskus.

Artikel lain: Budiono Darsono ~ Pendiri Detik.com

Perjalanan Karir Robert Budi Hartono

Perjalanan karir sang triliuner Indonesia Robert Budi Hartono bermula ketika ia mendapatkan warisan dari ayahnya yang seorang pengusaha rokok. Pada saat itu ia yang masih berusia 22 tahun mendapat kan sebuah tantangan besar memegang sebuah pabrik rokok bernama Djarum Gramophon yang kini lebih dikenal sebagai pabrik rokok terbesar di Indonesia, Djarum.

Tahun pertama menjalani usaha warisan tersebut ternyata bukan sebuah pekerjaan yang mudah. Perusahaan warisan yang diberikan mendiang ayahnya tersebut bukan sedang dalam keadaan yang baik. Pabrik Djarum Gramophon tersebut baru saja mengalami kebakaran hebat yang hampir meludeskan semua asset perusahaan. Keadaan dimana banyak orang akan menyerah menghadapinya.

Namun tidak demikian dengan Budi dan kakaknya, mereka yakin bahwa Djarum masih bisa dihidupkan lagi. Dan dengan usaha nya mencari talangan dana dan inovasi bisnis yang cermat, pelan tapi pasti pabrik yang hampir “jatuh” itu pun bangkit dan lambat laun menjelma menjadi salah satu perusahaan tersukses yang ada di Indonesia. Bahkan kini produk rokok Djarum tidak hanya merajai pasar lokal namun telah merambah ke pasar Internasinal. Pencapaian besar yang didapatkan dengan jerih payah dan usaha keras beliau bersama kakaknya.

Ekspansi Bisnis Tiada Henti

Salah satu semangat yang kini menjadikan beliau orang terkaya di Indonesia bahkan sebagai salah satu profil tokoh besar dunia bisnis versi Wikipedia adalah semangat ekspansi bisnis nya yang tiada henti. Dengan semangat tersebut aliran pundi kekayaan kerajaan bisnis nya kini makin mantab dan hampir tidak tergoyahkan. Benar-benar semangat yang harus di contoh oleh generasi muda. Tidak takut bergerak dan terbang lebih tinggi.

Beberapa cabang bisnis yang telah digeluti Budi Hartono, dibawah bendera Djarum Group adalah diantaranya sektor perbankan, property, agribisnis, elektronik , multimedia, bahkan merambah ke dunia internet marketing. Dalam dunia perbankan, Djarum Group yang ia pimpin bersama kakaknya Bambang Hartono kini telah memiliki sebagian besar dari saham bank BCA.

Berikutnya pada sektor properti, perusahaan yang ia pimpin salah satu nya pernah ditunjuk dalam Mega proyek Grand Indonesia yang dilaksanakan pada tahun 2004 yang lalu. Proyek dengan nilai mencapai nilai 1,3 Triliun rupiah tersebut tentunya menjadi bukti bahwa kapasitas bisnis Djarum Group merupakan salah satu yang terbesar di Indonesia saat ini.

Tidak berhenti dalam sektor-sektor tersebut, kesuksesan di sektor lain seperti agribisnis, elektronik dan bisnis internet ditunjukan dengan sederet cabang perusahaan Djarum Group. Sebut saja Hartono Plantations Indonesia, Polytron atau Global Digital Prima Venture yang menjadi investor utama forum No. 1 Indonesia Kaskus.co.id.

Artikel terkait: Andrew Darwis ~ Founder Kaskus.co.id

Menjadi yang nomer satu di Indonesia seperti beliau mungkin masih jauh dari angan kebanyakan orang. Tapi yakin, banyak sekali hal positif yang bisa anda pelajari dari diri seorang Robert Budi Hartono, paling tidak untuk menjadi pribadi yang lebih baik, pribadi dengan semangat bisnis yang tidak pernah padam.

Get inspired !





62 total comments on this postSubmit yours
  1. Ijinkan saya ikut menawarkan sebuah Lahan Usaha untuk Investor di Kawasan Kota Wisata yang Sangat Strategis, harga memang Fantastis tapi Peluang Bisnis keDepan pun dengan KeUntungan Lebih Sangat Fantastis.
    Hanya Kalangan Investor peBisnis yang mampu berEksperimen Bisnis Jauh Lebih Menguntungkan.
    Disamping membuka lapangan pekerjaan
    Baik juga untuk membantu Perekonomian Warga Masyarakat sekitar guna mengAngkat Mertabat semua orang.

    Terimakasih

  2. Saya tengah menjalankan bisnis 3i-Networks, dengan konsep menabung investasi d unit link, uang tabunga akan d putarkan d ekuitas,obligasi, pasar uang dan reksadana, info lebih lanjut bisa hubungi no ini 089678350116

  3. salam sejahtrea bapak Robert Budi Hartono,,,,,,,,,
    salam sukses,,,,,,,,,

  4. nama saya dewa asal jawa timur.. alamt lengkap nya dikota mojokerto kcmtan dawarbelandong. desa sidokerto.. saya punya pengalaman di teknisi hp dan saya ingin punya usaha konter hp yang ada servis hpnya.. tolong bantu saya pinjami modal buat usaha om.. biar saya bisa bantu ibu saya di perekonomian.. umr saya 19 thn.. bila anda berkenang bantu saya tlong hbgi saya 085606664032. email cochebat997 @gmail.com. terimakasih. mohon bantuanya.

  5. Sya ibu rumah tangga ingin skali membantu suami tuk menambah penghasilan klwrga. Sya membutuhkan sebuah mesin jahit. Sudah lama sya ingin memilikinya tpi lom ksampaian. Mohon bantuannya. Alamat sya yunda desa sei merah pasar 4 tanjung morawa deli serdang medan 20362. Rek bri atas nama vivi novita ayunda no rek 222401003488506. Trima kasih

  6. sy kepala sekolah SMP Santa Theresia. sy bekerja di satu pulau kecil Lembata – NTT. saat ini ingin mengadakan Peralatan Lab Komputer yg selama ini sekolah belum memiliki. mungkin bpk bisa membantu beberapa unit komputer atau labtop utk sekolah. Thanks sebelumnya. Tuhan memberkati.

  7. Pak mohon bantuan pinjaman saya sangat memerlukannya. Tolong di bantu ya Pak demi anak2 saya . Terima kasih

  8. kepada yth. Bpk Budi Hartono
    sy minta bantuanya untuk istri saya yang sakit gagal ginjal berapapun keikhlasan Bpk berikan saya berterimakasih atas bantuannya. Andai Bpk berkenan untuk membantu sy tolong ditransfer ke BCA no rek : 0401875505 sekali lagi kamsia.

  9. Pa,saya bisa minta bantuan untuk pekerjaan saya,saya bekerja di bidang komoditi.
    Sebulan pertama saya harus ada atau minimal prospek Rp100.000.000,-
    jika bapa bapa akan mendapat keuntungan.

    dan saya bisa mendapat komisi.

    Terimakasih pa

  10. Salam damai dan sejahtera untuk kita semua

    Teriring salam dan do’a semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu melimpahkan rahmat dan hidayahNya kepada kita semua dalam menjalankan aktifitas sehari-hari. Adapun saya yang bertanda tangan di bawah ini :
    nama : Okie Merianto
    alamat : Boyolali – Jawa Tengah – Indonesia

    Dengan ini saya memberanikan diri untuk mengajukan permohonan kepada Bapak, agar sudi kiranya memberikan sedikit dari kenikmatan dan anugerah Tuhan yang telah diberikan kepada Bapak sekeluarga.
    Dimana pada saat ini saya sedang mengalami keterpurukan karena mempunyai hutang kepada beberapa bank yang tidak sedikit (75 juta), dan pada jatuh tempo pada waktu penulisan ini belum bisa membayar. Sedangkan saya hanyalah seorang buruh biasa yang upah hariannya tidak cukup untuk menghidupi diri sendiri apalagi keluarga.

    Besar harapan saya Bapak bersedia mengabulkan permohonan saya, setidaknya meringankan beban hidup saya. Syukur seandainya ada kelebihan bisa untuk saya berwiraswasta siapa tahu bisa merubah nasib dan keberuntungan.

    Ini rekening kami :
    – BCA : 0810713585
    – Mandiri Syariah : 7096184087

    Tidak ada yang bisa saya berikan kecuali hanya do’a tulus “semoga Bapak selalu dalam keadaan sehat, selamat, dan selalu menemui keberuntungan dalam menjalani hidup”.

    Bila ada salah kata atau yang tidak berkenan dihati Bapak, saya minta maaf yang sebesar-besarnya.

    Demikian permohonan ini saya ajukan, atas perhatian dan bantuannya saya ucapkan terima kasih.

    Semoga Tuhan meridhoi kita semua. Aamiin.
    .

    Salam hormat saya

    Okie Merianto

  11. Bapak Rudi, aku pengagum anda. Saya hanya minta bertemu dan menyalam bapak serta berikan ilmu tentang metode membuat usaha. Terima kasih

  12. Selamat siang Pak.Budi Hartono,,saya sebagai Pimpinan di Sekolah Katolik SMP Frater Kendari ,saat ini kami butuh untuk pembangunan gedung sekolah apakah bapak bisa membantu kami,trimaksih

  13. Pingn menaikan haji orang tua ku

  14. Pak tolong bantu saya untuk bisa memiliki RUMAH sendiri. Tolong di bantu uang muka nya saja untuk kredit KPR di pondok gede. Terimakasih

  15. Pak saya butuh modal untuk usaha semoga bpk bisa bantu usaha saya sudah 5 tahun dan saya ingin dibesarkan jingga buka grosir. Saya mohon bantuan dan sosialnya 083814751464 terima kasih

7 total pingbacks on this post
Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud