Beranda WordPress Kelebihan WordPress Dibanding Platform Lain

Kelebihan WordPress Dibanding Platform Lain

kelebihan-wordpress

Melanjutkan postingan saya sebelumnya yaitu langkah untuk mengoptimalkan SEO sebuah situs, kali ini saya mau menulis tentang kelebihan WordPress dibanding platform lain seperti Blogspot, Weebly, Jigsy, dan lainnya. Oh ya kelebihan WP yang saya maksud ini adalah WordPress.org untuk self hosting bukan WordPress.com yang gratisan hehehe.

Mungkin banyak blogger yang memilih Blogspot atau WordPress.com dalam membangun blognya karena gratis. Menurut saya tidak ada masalah dengan itu kalau Anda hanya ingin blogging saja. Tapi kalau ingin terlihat lebih pro dan kemudahan dalam kustomisasi menurut saya akan jauh lebih menguntungkan bila menggunakan script WordPress.org dengan hosting sendiri. Ok, ga usah panjang lebar, berikut ini adalah beberapa kelebihan WordPress dibanding platform lain:

1. Pilihan themes/ template berfariasi

Themes atau template sebuah situs salah satu faktor yang sangat penting. Ketika pengunjung masuk ke halaman situs Anda, kesan pertama yang mereka dapatkan adalah tampilan atau layout web. Themes yang simple dan menarik dapat membuat pengunjung merasa ingin berlama-lama di website Anda.

WordPress memberikan pilihan themes yang tidak terbatas, Anda dapat menggunakan themes gratis yang sudah disediakan dengan jumlah yang tidak terbatas. Tapi bila Anda ingin menggunakan themes yang lebih personal atau unik, Anda bisa mengedit sebuah themes gratis, atau bisa juga dengan membeli themes yang sesuai dengan keinginan Anda.

2. Fasilitas Plugins

Pada blog WordPress, Anda bisa menambahkan plugins-plugins tertentu untuk menambah kemampuan sebuah blog. Ada banyak jenis plugins pada WordPress dan memiliki fungsi masing-masing. Salah satunya adalah plugins All In One SEO Pack yang berfungsi untuk membantu optimasi web Anda di mesin pencari.

Masih banyak plugins yang bisa Anda gunakan untuk web/ blog WordPress sesuai dengan fungsi yang Anda butuhkan. Tidak dibutuhkan keahlian khusus untuk menginstal plugins ke dalam web WordPress Anda, cukup hanya menginstal lalu aktifkan plugins. Beberapa plugins akan membutuhkan setting, tapi kebanyakan plugins WordPress dapat disetting dengan mudah.

3. Struktur permalink yang ‘bersahabat’ dengan mesin pencari

Yang dimaksud dengan struktur permalink yang ‘bersahabat’ dengan mesin pencari adalah struktur permalink yang mudah dibaca oleh mesin pencari. Pada WordPress, kita dapat mensetting struktur permalink agar sesuai dengan judul artikel yang kita buat sehingga membuat setiap artikel kita mudah terbaca oleh mesin pencari, dan tentunya ini juga membantu SEO sebuah situs.

4. Support Widget

Ini adalah fasilitas untuk mengatur blok modul pada side bar atau footer blog WordPress kita. Anda dapat menambah modul pada sidebar dan mengatur widget sesuai keinginan dengan cara drag and drop, sangat mudah.

5. Kode HTML dapat diubah

Pada WordPress.com kita tidak dapat mengubah kode html yang sudah ada, namun untuk WordPress.org Anda dapat mengubah kode html di dalamnya sesuai keinginan, tentunya Anda harus mengerti coding hehehe. Pada kebanyakan themes WordPress, Anda perlu mengetahui tentang html – walau tidak harus ahli – agar tampilan blog atau web yang dibuat benar-benar sesuai dengan yang diinginkan.

6. Link management terintegrasi

Pada kebanyakan weblog pasti akan ada link atau tautan ke situs lain yang direkomendasikan. Dengan situs WordPress, Anda dapat memasang dan mengatur link ke situs lain dengan mudah.

7. Dapat membuat page dengan mudah

Saya pernah membuat blog di blogspot dan sampai artikel ini saya tulis saya belum berhasil bikin page khusus hehehe. Saya yakin pasti ada cara untuk membuat page khusus di blogspot tapi cara membuat page pada WordPress jelas jauh lebih mudah.

8. WordPress dilengkapi anti spam

Spammers adalah salah satu masalah yang sering menggangu saya. Banyak sekali spammers yang menggunakan software khusus untuk membuat komentar palsu agar link situs mereka berada pada halaman komentar. Saya kurang tau pendapat Anda, tapi menurut saya lebih baik tidak ada komentar di artikel saya dari pada komentarnya berasal dari spammers.

Untuk mengatasi para spammers ini, wordpress juga menyediakan plugins gratis yang bernama Akismet. Fungsi plugins ini adalah menahan semua komentar spam yang terkirim ke dalam blog kita. Cara instal plugins Akismet ini sangat mudah, dan membutuhkan registrasi untuk penggunaannya.

9. Tagging

WordPress juga dilengkapi fasilitas tagging yang bertujuan agar kita dapat memasukkan tag dengan kata kunci yang berhubungan dengan artikel yang dibuat. Tag tersebut tentunya akan membuat situs anda lebih mudah dikenali oleh mesin pencari, dan membantu SEO situs kita.

10.  Multiple Authors

Ini adalah salah satu fitur WordPress yang sangat saya sukai. Kita bisa menambahkan penulis di blog WordPres dengan mudah dan praktis tanpa khawatir dengan keamanan situs kita. Seperti yang bisa dilihat di maxmanroe.com, saat ini blog ini punya 3 penulis dengan user name yang berbeda. Dua penulis lain dapat login dan memposting artikel tapi tidak memiliki kontrol atas blog maxmanroe.com.

11. Dapat memblok visitor dari IP tertentu

Saya pernah memblok beberapa IP setelah menemukan visitor dari IP tersebut melakukan SPAM melalui halaman komentar. Inilah kelebihan lain dari WordPress.org, selain dapat menahan komentar spam di kotak spam, kita juga bisa memblok IP spammers agar tidak bisa mengakses situs kita dikemudian hari hehehe.

12. Kita dapat melihat pengunjung situs

Anda pasti penasaran ingin mengetahui dari mana aja sih pengunjung situs Anda? Memasang google analytics adalah salah satu cara untuk mengetahui data tentang visitor situs kita, dan untuk itu Anda harus membuat akun google analytics dan memasukkan script google analytics ke dalam blog WordPress Anda. Tapi ada juga plugins yang bisa membantu untuk melihat asal visitor situs kita. Dengan menginstal satu plugins yang bernama Who’s Online, kita bisa melihat siapa dan dari mana asal visitor web kita.

13. Sangat Mudah Dalam Penggunaannya

WordPress sangat cocok untuk level pemula karena pengguna tidak diperlukan seorang yang ahli dalam coding dan script php untuk mengoptimalkan CMS WordPress. Selain untuk membuat blog, WordPress juga bisa digunakan untuk membuat berbagai jenis website dengan tampilan dan fitur yang menarik, misalnya toko online, website perusahaan, web profile, dan lainnya. Walaupun begitu, WordPress tidak untuk semua jenis website.

Sebenarnya masih banyak kelebihan WordPress dibanding platform lain yang tidak bisa saya tulis di post ini. Menurut saya, memiliki situs WordPress dengan hosting sendiri akan lebih menguntungkan, selain akan terlihat lebih profesional, Anda juga bisa membuat brand Anda lebih dikenal. Bila Anda punya tambahan yang lain atau pendapat yang berbeda, silahkan posting di bagian komentar.

51 KOMENTAR

  1. Bayu Afrizatul Rizki

    baru pindah ke wp dari blogger. Banyak banget kelebihan yang gak bisa disebutin satu2 pokonya wp is the best dah

  2. mantap informasi artikel ini , saya masih baru di dunia blog dan masih pake blogstop setelah baca ini kedepanya pengen pindah ke wordpress , sambil nungu dana buat sewa hosting …

  3. Sejauh ini memang wordpress paling powerfull, sudah gitu gampang customnya pakai plugin yang jumlahnya sudah banyak sekali.

  4. Emang the best lah wordpress ini, gak sia2 aku pakai cms wordpress

  5. dari dulu saya pakai wordpress yang hosting sendiri ya, jadi lebih enak kalau mau di oprek2.

  6. Ane paling suka dengan wordpress.
    alasan Ane gak suka dengan blogger adalah karena tampilan waktu nulis artikelnya bikin gak enak dan ga mood.

  7. selain itu juga WordPress sepenuhnya milik kita, makanya kita bisa mengutak ngatik sesuai keinginan..

  8. kalo blog saya tentang sepakbola.
    bagusam mana wordpres ama blogger?

    • Sama saja sebenarnya, tergantung theme yang digunakan untuk blog mu. Sekarang ini ada banyak theme blogger yang keren lho, coba cek theme di Maskolis.com atau arlinadzgn.com

  9. Saya lebih memilih WordPress karena dimanjakan oleh berbagai plugin

  10. Gw paling suka dengan wordpress.
    alasan gw gak suka dengan blogger adalah karena tampilan waktu nulis artikelnya bikin gak mood.

  11. lebih mantap nih memilih wordpress, dan insha allah jadi lebih semangat ngeblognya, thanks nih infonya

  12. Tetap.. WordPress yang terbaik. Sangat powerful

  13. ane juga pake wordpress gan, emang sangat simple digunakan. bahkan untuk orang awam yang ga tau coding pun bisa pake :D

  14. Erick Girimukti

    Kalau wordpress.org apakah langsung berbayar atau bisa gratis dulu yaa?

  15. Ternyata banyak sekali ya kelebihan WordPress dibandingkan dengan blogspot atau yang lainnya. Jadi makin sayang sama blog wordpressku :D
    Tapi blogspot juga masih belum bisa aku tinggalkan :)

  16. Konveksi Murah Depok Jakarta

    Mas saya mau nanya, saya sudah terbiasa memakai blogspot dan mau pindah ke wordpress self host supaya lebih leluasa dalam membangun blog saya, apakah bisa? dan jika saya sudah pindah hosting ke wordpress self host apakah blog saya sudah berubah menjadi website? mohon jawabannya ya mas.. thanks :)

    • Dari blogspot bisa kog diubah platformnya ke WordPress. Sebenarnya blog dan website itu sama saja, blog itu adalah website dinamis.

  17. artikel yang sangat informatif… kalau yg gratisan, antar WP dgn blogspot mana yg lebih baik gan. mohon pencerahannya..

  18. HERUTOMO TOBING

    Pak… MAXMANROE.COM ini pakai wordpress juga ya…pakai theme apa yah?

    Lalu punya usulan theme wordpress…untuk media berita online?

    Thanx before…

    • Blog ini pakai engine WordPress dan menggunakan Unspoken Theme yang sudah dimodifikasi. Web berita online banyak theme WordPress nya kog, mau yang gratisan atau yang premium?

  19. Penasaran sekali menggunakan wordpress, tapi rasanya berat mulai dari awal lagi.

  20. Artikel diatas bisa menjadi pedoman bagi pemula dalam menentukan domain dan hosting sebelum merencanakan sebuah blog.

    Terlepas dari kelebihan wordpress seperti dalam artikel diatas, saya ingin memberikan masukan apapun platformnya, terpenting adalah konten dalam sebuah blog.

    Sebab faktanya, bagi mereka yang lebih paham tentang blogger mereka akan mengatakan kelebihan yang sama.

    Artikelnya sangat menarik saya merasa terinspirasi

  21. kalau pake wordpress sama bloger dibaca sama mbah google gimana? apakah mungkin google akan mengutamakan blog di blogger karena milik sendiri dibanding dengan wordpress?

  22. Mas kalo boleh tau Anda menggunakan hosting apa, langganannya dimana? Soalnya akses blog ini lumayan cepat.. Kebetulan sy jg ingin pindahin blog ke self host. Tapi bingung mw langganan ke mana..

  23. kepengen pindah ke wordpress, tapi masih kurang paham, takutnya entar waktu udah pindah malah hancur

  24. Kalau boleh tau mas,? Kira-kira fitur themes di wordpress.com bsa pake dari themes luar gak mas? Selain itu fitur yg ada di wordpress.com kira-kira bagus gak buat SEO ?

  25. Sejak mengenal blog dari tahun 2011 saya langsung jatuh hati dengan WordPress. Pernah ngeblog di Blogpsot, namun hanya beberapa bulan saja langsung ditinggalkan.

  26. Banyaknya pilihan theme dan plugin yang membuat saya setia sama wordpress..

  27. yang berbayar tetap lebih bagus tapi kalau cuma untuk bloging aja yang free kayaknya sudah cukup mas :)

  28. keren om info ny..kapan2 mau coba wordpres ahhh…..

  29. memang masih bagusan wordpress

  30. Maaf sebelumnya…. saya sebenarnya tertarik memiliki hosting sendiri seperti yang anda punya. Namun yang membuat saya belum pindah karena biasanya kapasitas hosting terbatas sehingga kita harus memperhitungkan posting artikel karena keterbatasan kapasitas hosting tersebut. Kalau anda sendiri bagaimana? Hostingnya premium atau free.

  31. mau tanya mas, kalau saya pindahkan blog saya di blogger tp udah di setting ke domain berbayar ke wordpress.org apakah postingan saya dgn url link nya akan berubah juga ? terus trafik dari google nya apakah bermasalah ?

    terima kasih

  32. oke deh mas, saya mau pindah ke wordpress…

    alasanya saya ingin membuat sebuah blog berita professional yang memiliki tampilan menarik. dan sangat sedikit sekali template untuk blogspot yang di jual.. karena seperti yg kita ketahui, yang gratis asem bener diliatnya..

  33. Terima kasih atas artikel yang sobat jelaskan, dengan membaca artikel di atas saya jadi memahami tentang ilmu yang berkaitan dengan wordpress, semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Salam kenal

  34. Menurut saya setiap flatporm tentu mempunyai kelebihan dan kelemahan masing-masing, namun yang paling saya suka pada wordpress adalah sistem widget yang mudah tapa perlu editing lagi. Salam kenal dan terima kasih

  35. bagaimana mengatur supaya tulisannya kaya related post disini. soalnya di blog ku jadi pada besar. dan warnanya hijau

  36. terima kasih mas atas infonya yang mencerahkan
    saya juga lebih suka wordpress dibandingkan blogging platform lainnya
    terutama karena banyak plugin yang memudahkan :D

  37. saya suka wordpress karena seo nya bagus :D

  38. Bagus gan posnya tapi bukannya kalo wp susah kita nambah widgetnya gan?

      • Gan ajarin cara edit template wordpress yang bagus atau bagi template wp bagus

  39. Artikelnya bisa buat nambah-nambah wawasan blogging Mas, makasih.. (y)

  40. mas, kalo t4 download themplate wp yg bagus tp gratis d mn yahh?
    coba pk nulled ud gk bs nih kyk nya..
    thx

  41. terimakasih untuk infonya , sangat berguna :)

  42. Pevita Eileen Pearce

    info yg berguna sekali bagi saya yg masih hrs banyak belajar soal per wp-an.

    salam
    /kayka

Tinggalkan Balasan