Ini Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Waralaba yang Harus Diketahui

Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Waralaba

Image via entrepreneur.com

Apakah saat ini Anda tertarik untuk berbisnis dengan sistem franchise? Sebelum memutuskan untuk terjun ke bisnis waralaba, ada baiknya Anda mengetahui apa kelebihan dan kekurangan bisnis waralaba itu.

Banyak orang memulai bisnis dan memilih usaha waralaba ketimbang membangun bisnis sendiri dari nol tanpa mengetahui kelebihan dan kekurangannya. Memang hal itu hak masing-masing orang, namun akan lebih baik bila kita mengetahui apa keuntungan dan kerugian menjalankan usaha waralaba.

Dikutip dari situs Companywarehouse.co.uk, berikut ini adalah beberapa kelebiihan dan kekurangan bisnis waralaba yang harus Anda ketahui sebelum menjalankannya.

6 Keuntungan Bisnis Waralaba

Semua jenis bisnis pasti punya kelebihan masing-masing, begitu juga halnya dengan bisnis franchise. Berikut ini adalah kelebihan bisnis waralaba:

1. Manajemen bisnis telah terbangun

Usaha waralaba yang punya reputasi bagus biasanya telah memiliki manajemen bisnis yang bisa memberikan keuntungan kepada para mitra mereka. Ide bisnis, nama brand, dan sistem manajemen bisnis waralaba tersebut sudah teruji dan tinggal diimplementasikan pada lokasi baru.

2. Brand sudah dikenal masyarakat

Brand yang sudah dikenal masyarakat akan membuat proses pemasaran bisnis waralaba menjadi lebih mudah, apalagi bila produk yang dijual adalah produk yang dibutuhkan dan disukai oleh masyarakat.




Hal ini tentu saja akan lebih mudah untuk memasarkan produk yang dijual ke masyarakat, sehingga biaya dan tenaga yang dikeluarkan untuk membangun reputasi bisnis tidak sesulit ketika kita membangun bisnis dari awal.

3. Kemudahan dalam manajemen finansial

Kebanyakan investor lebih suka memberikan modal pada sebuah bisnis yang terbukti kokoh dari segi finansial dan jaringan pemasaran. Bergabung dengan usaha waralaba memberikan keuntungan karena sistem manajemen finansial telah ditetapkan oleh pewaralaba. Para mitra waralaba tidak perlu pusing lagi mengenai hal ini seperti halnya terjadi pada bisnis yang baru dimulai.

4. Kerjasama usaha telah terbangun

Mereka yang membeli franchise sebuah brand akan mendapatkan keuntungan lain, yaitu kerjasama bisnis yang telah terbangun dengan baik sebelumnya. Beberapa contoh keuntungannya adalah dalam hal pemasok bahan baku untuk produk yang dijual, agensi periklanan dan pemasaran.

5. Dukungan dan keamanan yang lebih kuat

Biasanya para pemilik waralaba memberikan pelatihan khusus kepada para mitra mereka sebelum beroperasi. Pelatihan ini mencakup manajemen finansial, strategi pemasaran, cara periklanan, cara menjalankan usaha, dan lain-lain. Pelatihan tersebut biasanya sudah termasuk dalam pembelian paket waralaba, sehingga para mitra akan dimudahkan dalam menjalankan bisnis mereka sesuai standar yang baik.

6. Keuntungan bisnis waralaba lebih besar?

Jika dibilang usaha waralaba menguntungkan, tentu saja menguntungkan. Namun jika kita beranggapan bahwa keuntungan dari bisnis waralaba ini akan lebih besar bila brand waralabanya terkenal, ini belum tentu. Dengan sistem waralaba biasanya ada potongan fee, dimana keuntungan mitra sebagian kecil akan menjadi hak si pemilik waralaba.




5 Kekurangan Bisnis Waralaba

Semua jenis bisnis pasti ada kekurangan dan tantangan tersendiri, demikian juga dengan usaha waralaba. Sebagian besar mitra waralaba tidak masalah dengan kekurangan ini, namun tidak sedikit juga calon mitra yang memutuskan untuk mengundurkan diri.  Berikut ini adalah kekurangan bisnis waralaba:

1. Mitra waralaba kurang memiliki kendali

Mitra waralaba biasanya tidak punya kendali penuh pada bisnis waralaba yang dia beli, karena semua sistem sudah ditentukan sebelumnya oleh si pemilik waralaba. Ketika mitra ingin melakukan inovasi atau perubahan, hal tersebut terbentur dengan ketentuan dan perturan yang sudah disepakati sejak awal. Dengan adanya hambatan ini, ide-ide Anda sebagai mitra waralaba tidak bisa diaplikasikan pada bisnis Anda.

2. Mitra waralaba terikat dengan pemasok

Biasanya para pengusaha akan mencari pemasok (supplier) yang menawarkan harga yang lebih kecil. Hal ini tidak bisa Anda lakukan bila Anda sudah membeli usaha franchise. Bila pemilik waralaba telah menentukan supplier sejak awal, maka mitra waralaba tidak bisa membeli atau memilih supplier lain yang lebih murah.

3. Terpengaruh pada reputasi waralaba lain

Ini adalah salah satu kekurangan terbesar dari usaha waralaba. Ketika reputasi waralaba lain (untuk brand yang sama) tercemar karena kesalahan mereka sendiri, maka bisnis Anda juga akan ikut terimbas. Terkadang bisa terjadi penurunan omset yang signifikan pada seluruh cabang waralaba bila hal ini terjadi pada salah satu mitra.

4. Adanya biaya waralaba

Hampir semua usaha waralaba menerapkan sistem fee kepada mitra mereka. Pemiliki franchise akan mengajukan biaya awal untuk membeli waralaba miliknya. Selain itu, ada juga biaya berkelanjutan yang dibebankan kepada para mitra, biasanya itu untuk pelatihan dan dukungan kepada pembeli waralaba.

5. Pemotongan keuntungan

Selain biaya waralaba, mitra waralaba juga harus membayar royalti kepada franchisor, yaitu pemotongan dari sejumlah keuntungan yang Anda dapatkan. Jika ternyata keuntungan Anda hanya sedikit, maka keuntungan tersebut tetap dipotong untuk menutupi biaya royalti.

Namun tidak semua brand waralaba memberlakukan sistem seperti ini. Jadi, Anda harus menanyakan mengenai hal tersebut sejak awal.

Baca juga: 15 Peluang Usaha Rumahan dengan Modal Kecil

Nah, di atas tadi adalah beberapa kelebihan dan kekurangan bisnis waralaba yang bisa menjadi bahan pertimbangan bagi Anda. Pada dasarnya semua jenis bisnis memang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dengan mengetahui hal tersebut sejak awal, Anda bisa melakukan perhitungan yang matang sejak awal sebelum memutuskan untuk membeli usaha franchise.



1 comment on this postSubmit yours
  1. Usaha waralaba menurut saya sangat cocok bagi pemula yg punya modal dan langsung punya usaha. Memang menggunakan brand orang lain, tp dari sini kita bisa mulai belajar bisnis

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud