Kebingungan Yang Sering Dihadapi Pada Awal Memulai Ngeblog

memulai blog baru

Image dari Blogmonetize.com

Aktifitas blogging memang bisa menjadi sebuah alternatif bagi teman-teman yang ingin mengadu nasib mendapatkan uang dari internet. Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk memonetisasi blog agar bisa menghasilkan pundi-pundi uang.

Anda bisa menjadi publisher Google Adsense, bisa dengan menjalankan bisnis afiliasi dan saya kira masih banyak yang lainnya. Jadi ketika Anda memiliki blog yang bagus, dengan banyak visitor tentu potensi untuk menghasilkan uang akan lebih tinggi.

Untuk membangun dan mengelola blog, untuk yang sudah berpengalaman mungkin bukan perkara yang sulit. Namun untuk para newbie atau pemula ada beberapa tahapan yang seringkali menyulitkan bagi para pemula dalam memulai prosesnya menekuni dunia #blogging. Di bawah ini adalah beberapa kebingungan yang sering saya jumpai dan juga saya alami ketika memulai belajar ngeblog.

1. Memilih Tema Atau Niche Blog

Meski ini terlihat sepele, namun banyak para #blogger pemula yang masih bingung memilih niche (tema utama) untuk blognya. Kebanyakan mereka bingung karena begitu banyak contoh blog yang sukses dengan berbagai niche yang diangkat. Ada banyak niche yang bisa dikerjakan sebenarnya, namun sebaiknya Anda mempertimbangkan beberapa hal dalam memilih niche blog ini. Yang paling mudah biasanya adalah disesuaikan dengan passion dan kegemaran Anda sendiri.

Pertimbangannya adalah ketika Anda menyukai sesuatu, biasanya ini bisa bertahan lama dalam hal konsistensi. Pertimbangan berikutnya adalah, Anda bisa memulai ngeblog dengan niche yang sesuai dengan latar belakang profesi offline Anda. Misal Anda seorang guru, maka Anda bisa mengulas mengenai topik #pendidikan.




Artikel lain: Mau Tentukan Niche Blog yang Paling Sesuai Untuk Anda? Jawab Dulu 5 Pertanyaan Berikut Ini

Jika Anda seorang dokter atau perawat, Anda bisa membahas topik kesehatan. Pertimbangan profesi ini bisa sangat bagus karena tentu Anda akan memiliki pengetahuan lebih daripada yang lain, dan itu bisa menjadi modal Anda untuk ngeblog.

2. Menentukan Platform Untuk Ngeblog

Selanjutnya adalah platform untuk ngeblog, sering juga dijumpai blogger yang bingung memilih platform mereka untuk ngeblog. Ada banyak platform yang bisa digunakan untuk ngeblog, seperti wordpress, blogspot dan lain-lain. Kalau yang ini, menurut saya akan lebih baik Anda memilih platform yang sudah familiar dengan Anda.

Artinya Anda bisa menguasai meskipun sedikit platform tersebut sehingga tidak perlu menghabiskan waktu untuk mempelajari platform baru yang belum Anda kuasai. Jika Anda sudah familiar dengan blogspot, gunakan saja dulu platform tersebut, baru jika Anda sudah benar-benar bisa mahir dan bisa menghasilkan dari blogspot, Anda bisa mencoba pada platform baru yang lain.

3. Bingung Antara Berbayar Atau Gratisan

Ini hampir sama dengan poin yang nomor dua, kebingungan ini juga sering menghinggapi blogger pemula. Ada yang mengatakan bahwa yang berbayar tentu lebih powerfull, memang itu benar. Namun jangan salah, ada juga blog gratisan yang bisa maksimal dalam menghasilkan uang.




Jadi menurut saya jika Anda termasuk blogger pemula yang belum pernah mendapatkan uang dari aktifitas ngeblog, sebaiknya gunakan saja blog gratisan terlebih dahulu. Baru jika blog Anda sudah bisa sukses dan mampu mendatangkan banyak visitor, Anda bisa memikirkan untuk memakai yang berbayar.

Baca juga: Inilah 5 Tahapan Blogger Menghasilkan Uang dari Kegiatan Blogging-nya

4. Bingung Menentukan Cara Memonetisasi

Sebenarnya ada banyak cara menghasilkan uang atau #monetisasi untuk blog, dan itu barangkali yang justru membuat para blogger pemula bingung. Sejauh ini yang paling banyak diminati adalah dengan menjadi publisher Adsense. Namun sebenarnya ada juga cara lain seperti mendapatkan komisi dari affiliate marketing, menawarkan ruang iklan di blog, menawarkan jasa atau produk sendiri, mereview bisnis atau blog orang lain, dan lain-lain.

Tapi perlu Anda ingat bahwa untuk bisa memonetisasi blog, tentunya blog Anda harus layak terlebih dahulu, artinya mempunyai visitor yang banyak dan stabil. Jadi, sebaiknya jangan berpikir untuk memonetisasi dulu, terpenting adalah perbaiki kualitas blog Anda sehingga bisa mendapatkan banyak visitor. Jika sudah memiliki banyak visitor, maka pintu untuk memonetisasi blog Anda akan semakin terbuka.

Itulah beberapa kebingungan yang sering dialami oleh pemula dalam dunia blogging yang sering dijumpai. Untuk para pemula, perbanyaklah informasi dan jangan berpikir instan untuk mendapatkan uang dari blog.



3 total comments on this postSubmit yours
  1. Kalau saya lebih ke pemilihan niche mas, awalnya make niche satu topik, eh ujung ujungnya ide nulis jadi nyandet alias macet, ujung ujungnya bikin yang gado gado aja.. hehe

  2. saya merasakan hal sama. berasa tidak optimal menggunakan blogspot, mau pindah ke wordpress org malah bingung make secara optinal

  3. yah.. apa yang dikatakan di atas benar2 sy alami.. sampai sekarang sy masih dilema apa mau netep didomain gratisan (blogspot) atau mau pake yg berbayar..

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud