Hidup Sukses Dengan Filosofi Ikan, Inilah Rahasianya!!

filosofi ikan

Image dari Google.com

Sebagai mahluk yang berakal, sebaiknya kita belajar dari kehidupan hewan yang hidup di dalam air yaitu ikan. Hewan tersebut selalu berenang ke arah depan apapun kondisi yang dialaminya dan tidak pernah berenang mundur meskipun ada hal yang membuat dia untuk mundur. Seperti itulah yang harus kita contoh dalam meraih kesuksesan yang kita impikan.

Apapun halangan dan rintangan yang selalu datang ketika sedang meraih kesuksesan, ikutilah seperti ikan berenang ke arah depan. Hadapi dan jangan pernah mundur untuk mencapainya. Dan belajarlah juga dari ikan laut, meskipun air yang menjadi tempat tinggalnya terasa asin, namun tubuhnya tidak ikut asin.

Dari sini kita dapat mengambil filosofi ikan laut tersebut yaitu hidup jangan mudah terbawa oleh lingkungan, milikilah pendirian untuk menentukan apa yang ingin Anda capai dalam hidup yang hanya sekali saja. Sekali lagi, jangan pernah mundur sekali pun, karena waktu tidak akan pernah mundur walau 1 detik pun.

Sukses Hanya Untuk Orang yang Terus Berjuang

Kata-kata pesimis yang sering datang di pikiran orang yang sedang berusaha untuk meraih kesuksesan di antaranya adalah sepertinya “Aku tidak pantas jadi pengusaha”, “Tuhan tidak menghendakiku untuk jalan yang kupilih”, “mungkin ini sudah takdirnya”, “sudah tidak ada jalan lagi”, “mungkin Aku bukan orang sukses” dan lain sebagainya.

Sudah menjadi kalimat yang umum bahwa kegagalan yang sesungguhnya adalah ketika kita berhenti untuk berusaha. Ini bukan hanya sekedar sebuah kalimat saja. Kalimat ini bermakna bahwa jika Anda belum mendapatkan kesuksesan Anda, berarti saat ini bukan waktu yang tepat untuk mendapatkannya dan akan ada masanya Anda akan mendapatkannya.

Artikel lain: Inilah 5 Cara Ampuh Untuk Menyeimbangkan Hidup Bagi Seorang Pengusaha

Kesuksesan merupakan hal yang pasti didapatkan untuk orang yang selalu berjuang, namun berapa lama waktu yang harus ditempuh seseorang untuk meraih kesuksesan merupakan hal yang tidak dapat diketahui oleh siapa pun. Sedangkan waktu yang tepat untuk berhenti berjuang adalah ketika sudah berhasil mendapatkan apa yang diperjuangkan tersebut.

Namun di sini bukan berarti ketika sudah mendapatkan 1 keberhasilan, tidak perlu kerja keras lagi. Ketika kita mendapatkan sebuah keberhasilan, maka teruslah berjuang untuk keberhasilan lainnya. Seperti inilah hidup ikan, akan terus maju ke depan dengan banyak melewati rintangan yang pernah ia lewati.

Pantaskan Diri Anda Menjadi Orang Sukses Dengan Memiliki Pendirian yang Kuat

Mungkin bisa dikatakan bahwa pendirian yang kuat sama seperti orang yang keras kepala. Orang seperti ini terus melakukan hal yang ingin dilakukan meskipun orang-orang sekitarnya mengatakan bahwa hal itu mustahil untuk dilakukan.

Berbicara mengenai orang yang keras kepala, saya teringat dengan penemu lampu pijar yakni Thomas Alva Edison. Berkali-kali ia melakukan percobaan untuk membuat lampu pijar yang tahan lama, namun belum juga membuahkan hasil seperti yang diinginkan. Puluhan kali telah ia lakukan dan belum juga berhasil.




Dan ratusan kali ia coba lagi, tetap saja belum mendapatkan hasil. Sampai-sampai Edison mendapat kritikan dari seorang ilmuwan elektornik dengan komentar “hanya orang gila yang mencoba untuk membuat lampu pijar”. Kata-kata itu tidak membuatnya berhenti untuk melakukan percobaan dan tidak terpengaruh dengan kata-kata tersebut, seperti halnya ikan laut yang tidak ikut asin karena air yang ia tinggal di dalamnya terasa asin.

Pernah sesekali asisten Thomas bertanya kepadanya, dengan pertanyaan “maaf Prof, kenapa Anda tetap semangat melakukan percobaan ini walaupun sudah banyak mengalami kegagalan”. Thomas hanya menjawabnya dengan “Aku tidak pernah gagal, setidaknya aku sudah mengetahui bahwa percobaan yang tidak berhasil merupakan bukan cara yang tepat untuk membuat sebuah lampu pijar”. Dan percobaan Edison berakhir dengan keberhasilan setelah mengalami percobaan yang gagal dalam hitungan ribuan.

Baca juga: Renungan Bisnis ~ Sukses Bukan Hanya Tentang Uang!

Menyerah Tanda Ketidakyakinan Bahwa Sukses Itu Ada

Ketika seseorang memutuskan untuk menyerah, di sinilah ketidakyakinan akan hukum orang yang terus berjuang sudah pasti mendapatkan apa yang diperjuangkannya. Orang seperti ini melakukan gerakan mundur. Lain halnya orang yang sukses, ia terus maju ke depan seperti gerakan ikan.

Tidak pernah berhenti karena pengaruh dari luar seperti ikan laut yang tidak ikut asin walaupun air laut itu rasanya asin. Teruslah maju dan kuatkanlah pendirian Anda dalam melakukan perjalanan kesuksesan Anda.



4 total comments on this postSubmit yours
  1. Menginspirasi semoga bisa seperti ikan yang pantang menyerah :)

  2. waaaaaah, artikel yang dapat membangkitkan semangat kembali ….
    sangat bermanfaat ini..

    terima kasih Mas MArikxon sudah posting artikel ini.

  3. kalo tips sukses ngeblog kaya mas maxmanroe gimana,,,ajarin mas

  4. setuju pak, kan ada pepatah juga, saya lupa, tapi kalo gak salah begini:

    sudah terlanjur nyebur ya sudah basah”an, mandi sekalian hee… betul gak sih?

    berhenti setelah gagal boleh, tapi jangan kelamaan, keburu basi

    gunakan masa rehat itu untuk evaluasi

    setelah itu jalan lagi…

    dan berlari lagi, lebih cepat lagi

    sehingga tanpa sadar kita telah meninggalkan jejak-jejak di bumi sebagai tanda bahwa kita telah berusaha

    dan selebihnya biarlah Yang Maha Kuasa, ALLAH SWT yang menentukan…

    toh kewajiban kita sebagai manusia hanya berusaha dengan sungguh”

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud