Karir.com ~ Mengulas Tentang Portal Karir Pertama di Indonesia

Karir.com ~ Mengulas Tentang Portal Karir Pertama di Indonesia

Karir.com
Image dari Karir.com

Memasuki tahun 2014, bisa dibilang merupakan awal kepopuleran istilah startup atau perusahaan rintisan berbasis teknologi. Pada tahun itu, mulai bermunculan startup teknologi dari berbagai bidang di Indonesia. Salah satu bidang yang semakin banyak digarap adalah situs online lowongan pekerjaan.

Namun jika ditarik kembali ke belakang, layanan semacam ini sebenarnya sudah mulai ada dan dikembangkan bahkan sebelum era tahun 2000an. Salah satu pionernya adalah Karir.com. Dan kini, Karir.com telah berevolusi menjadi layanan startup berbasis online terdepan yang menyediakan informasi lowongan kerja bagi masyarakat Indonesia.

Seperti apa saja kelebihan dari situs Karir.com? Berikut ulasan lengkapnya.

Sekilas Tentang Karir.com

Pada tahun 1999, merupakan pertama kali layanan informasi lowongan kerja Karir didirikan. Pada waktu itu, adaptasi yang digunakan tentu belum menggunakan layanan berbasis online melainkan berbasis offline. Namun seiring dengan berjalannya waktu, pengembangan layanan mulai diterapkan secara online mengusung nama situs Karir.com.

Dan pada akhir tahun 2014, merupakan salah satu tonggak perkembangan situs Karir.com dengan diakuisisi oleh Emtek Group. Perusahaan ini merupakan unit bisnis yang bergerak tiga divisi utama yakni media, telekomunikasi dan solusi IT serta konektivitas.

Artikel lain: 20 Situs Lowongan Kerja Terbaru dan Terpercaya di Indonesia

Emtek Group sendiri sudah mempunyai beberapa layanan utama berbasis online yang telah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Layanan tersebut antara lain situs berita Liputan6.com, situs e-commerce lakupon.com, situs Vidio.com serta tidak ketinggalan Karir.com yang mempunyai spesialisasi di bidang job listing atau situs lowongan pekerjaan.

Fitur Layanan Karir.com

Berbicara tentang fitur layanan yang ditawarkan oleh Karir.com, bisa dibilang sangatlah beragam bahkan menawarkan layanan yang paling lengkap dibanding para pesaingnya. Jika kebanyakan situs job listing hanya memberikan informasi terkait tentang lowongan pekerjaan saja, situs ini justru mengakomodir keperluan perekrutan tenaga kerja secara menyeluruh.

Bagi para pencari kerja, situs ini memberikan informasi yang sangat luas dari berbagai bidang tenaga kerja seperti bidang perbankan, retail, konsultan, otomotif, kesehatan, teknologi informasi, pemasaran dan masih banyak lainnya.

Dengan tampilan yang mudah dipahami yang dioperasikan, pengguna tinggal memasukkan beberapa informasi terkait dengan jenis lowongan pekerjaan seperti apa yang sedang dicari. Setelah itu, kita tinggal menyesuaikan dengan kualifikasi yang kita miliki atau beberapa filter lain seperti lokasi, gaji dan informasi lainnya.

Selain itu masih ada fitur lain untuk para pencari kerja yang nyatanya fitur seperti in tidak ditemui pada situs lainnya. Fitur tersebut yang pertama, kita bisa mendapat informasi lowongan kerja terbaru melalui email sesuai dengan resume yang telah kita buat sebelumnya. Jadi, tanpa harus mengecek setiap saat, Karir.com akan secara otomatis mengirimkan lowongan pekerjaan yang sekiranya sesuai dengan kualifikasi kita lewat perantara email.

Fitur kedua yakni, adanya tes pengembangan diri yang bisa diakses secara gratis. Tes tersebut antara lain tes bahasa Inggris, tes minat serta tes gaya komunikasi. Semuanya dikembangkan oleh para ahli di bidang psikologi yang tentunya bisa membantu para pencari kerja untuk semakin meningkatkan kualitas diri.

Selain itu fitur berikutnya adalah adanya program khusus dan management training dari perusahaan nasional atau multinational. Tidak kalah menarik, bagi yang menyukai kisah motivasi, Karir.com juga secara rutin menyajikan beberapa kisah dan pelajaran inspiratif bagi para pencari kerja.

Dari begitu banyak keuntungan yang bisa diperoleh lewat situs Karir.com, membuktikan bahwa platform ini dikelola secara profesional bahkan mendapat pengakuan sebagai salah satu portal lowongan pekerjaan terbesar dan terpercaya di Indonesia.

Proses pendaftaran yang mudah, serta kemungkinan untuk mendapat tawaran pekerjaan secara langsung dari perusahaan atau instansi tertentu, juga menjadi kelebihan lain mengapa kita harus memanfaatkan layanan yang satu ini. Kita tinggal melakukan pendaftaran untuk membuat akun pribadi yang nantinya bisa diisi beragam data diri serta resume atau CV.

Bagi yang lebih terbiasa mengakses layanan melalui aplikasi, Karir.com juga menyajikan layanan versi mobile dengan cara mendownload aplikasi untuk sistem operasi #Android maupun iOS. Layanan ini sangat direkomendasikan terutama bagi rekan-rekan yang sedang mencari lowongan pekerjaan di Indonesia.

1 KOMENTAR

  1. Rekomended banget nih buat yang pingin kerja

Tinggalkan Balasan