9 Ide Jualan Modal Kecil yang Menguntungkan Tahun 2022-2023

Jualan yang menguntungkan kira-kira apa sih? Apakah produk Fashion, kuliner, jasa atau bahkan kebutuhan sembako sehari-hari. Yuk cari tahu sekarang!

Sebelum menetapkan sebuah bisnis, mengidentifikasi konsep adalah tahap pertama yang tidak boleh sobat abaikan. Upaya ini akan membuat sobat menemukan ide penjualan yang benar-benar sukses, lho. Jadi, pikirkanlah dari sekarang.

Sedangkan syarat penting yang tidak boleh sobat abaikan ketika ingin terjun ke dunia bisnis penjualan adalah bekerja keras dan selalu berpikiran positif.

Misalnya, ketika mengalami penurunan omset, maka teruslah berjuang dan berusaha untuk bangkit dari kekalahan para kompetitor dengan berbagi usaha.

Lantas seperti apa peluang usaha jualan yang menguntungkan dalam menyambut era digital saat ini? Berikut adalah beberapa ide bisnis yang termasuk dalam area pemasaran yang dapat sobat pilih berdasarkan saran maxmanroe.com

Ide Jualan Yang Menguntungkan

Ide Jualan Yang Menguntungkan

Berdasarkan kajian yang diperoleh Maxmanroe dari berbagai sumber, ada banyak produk yang akan laku jika dijual, yaitu:

1. Sosis Bakar

1. Sosis Bakar
ilustrasi gambar: Fimela.com

Jika Sobat tinggal di daerah yang ramai anak-anak atau dekat sekolah, berjualan sosis bakar pasti akan mendatangkan banyak keuntungan.

Berbekal panggangan sosis yang harganya cukup murah dan berbagai jenis sosis, Sobat sudah bisa memulai usaha ini lho.

Modal untuk memulai usaha yang menjual sosis bakar tidak begitu signifikan. Sobat dapat menginvestasikan 200.000 untuk memenuhi permintaan barang yang ingin Sobat pasarkan.

Sementara itu, modal awal untuk mendirikan usaha ini juga terbilang cukup murah karena harga panggangan sosis bakar sendiri saat ini Rp 26.000.

Jadi, proyeksi modal awal yang bisa Sobat siapkan untuk berjualan sosis bakar hanya Rp 250.000. Jika dalam satu hari semua barang tersebut terjual, maka penghasilannya bisa mencapai ratusan ribu, lho. Jadi, maxmanroe menganggap sosis bakar bagian dari ide jualan yang menguntungkan untuk saat ini.

2. Popok Bayi

2. popok bayi
ilustrasi gambar: id.foursquare.com

Ketika seseorang memiliki bayi, tentunya akan membutuhkan banyak popok. Terlebih jika bayi itu adalah anak pertama, maka saya yakin orang tua akan membeli semua kebutuhan bayi dalam keadaan yang masih baru. Jadi, sobat dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk menjadikannya sebagai bisnis penjualan yang sangat menggiurkan.

Meski kebutuhan popok ini tidak wajib setiap hari, sekali terjual, penghasilannya bisa mencapai ratusan ribu lho. Di satu sisi, sobat juga tidak membutuhkan tempat yang besar untuk menjualnya.

Saat memilih untuk menawarkan popok bayi, sediakan juga berbagai kebutuhan tambahan sebagai barang pendukung. Misalnya setelan baju bayi, sarung tangan, whatslap, kaos kaki, peralatan makan dan lain-lain.

Sobat bahkan bisa menawarkan tempat tidur dan bantal untuk bayi yang baru lahir, lho. Meski terlihat basic, item yang satu ini akan memberikan banyak keuntungan.

3. Pampers Untuk Bayi

3. Pampers Untuk Bayi

Karena si kecil terus-menerus membuang kotoran, maka popok biasanya menjadi kebutuhan yang tidak bisa disesuaikan dengan produk apapun. Dalam satu hari, biasanya seseorang membutuhkan 3 sampai 5 popok untuk menjaga anaknya tetap bersih, terutama agar tidak timbul ruam.

Sekarang mari kita hitung bersama! Dalam 1 paket popok bayi biasanya terdiri dari 40 pcs Pampers. Jika dalam 1 hari bayi membutuhkan 5 popok, maka 1 kotak saja cukup untuk menjaga kebersihan dalam 8 hari.

Terlebih jika di dekat tempat penjualan terdapat banyak bayi, tentu saja omset penjualan pampers ini akan mengalami peningkatan signifikan. Dengan begitu, sobat akan menerima keuntungan yang sangat luar biasa dari bisnis jualan pampers ini.

Titik tertinggi penjualan untuk produk ini yaitu ketika musim hujan tiba, dimana orang tua selalu bergantung pada pampers agar kotoran anak tidak kemana-mana dan menghindari banyaknya cucian dirumah.

Ketika sobat smart dalam mengoperasikan teknologi, bergabung ke berbagai platform marketplace juga ide terbaik untuk meningkatkan omset penjualan. Tujuannya agar sobat bisa menjangkau banyak pelanggan dari semua wilayah.

4. Susu Bayi

4. Susu Bayi

Ketahuilah, tidak semua Ibu bisa menyusui bayinya. Hal ini terjadi karena efek dari banyak hal lho, entah itu karena sakit atau bahkan ASI tidak keluar. Menyikapi dilema ini, tentu susu formula akan menjadi solusinya. Akibatnya, sobat dapat memanfaatkan skenario ini untuk menjual susu formula.

Ketika seseorang memilih susu formula, mereka biasanya akan berlangganan di salah satu penjual yang dianggap paling memuaskan. Oleh karena itu, sobat dapat menawarkan layanan terbaik kepada setiap klien sehingga bisnis ini dapat mendatangkan konsumen tetap.

Misalnya, memberikan potongan harga atau menjual berbagai jenis susu dari berbagai merek untuk menarik lebih banyak klien. Dengan rencana seperti ini, saya yakin sobat akan mendapatkan keuntungan yang besar dari bisnis penjualan susu bayi.

Jumlah keuntungan dari bisnis ini memang tidak besar, tetapi jika memiliki banyak klien, maka keuntungan kecil dapat tumbuh menjadi lebih besar dan dapat menghasilkan sumber pendapatan yang terus mengalami peningkatan.

5. Makeup

5. Makeup

Hadirnya kamera ponsel yang terus menawarkan keunggulan, menjadikan setiap wanita ingin tampil live di berbagai paltform sosial media. Biasanya mereka akan mengenakan Mackup terlebih dahulu untuk meningkatkan performa video miliknya.

Apalagi jika live itu mereka lakukan di Youtube yang cenderung memiliki banyak persaingan. Maka performa adalah nomor 1 yang tidak boleh terlewatkan.

Tak hanya karena hendak live video saja lho, beberapa siswa saat ini juga sudah banyak mengenal jenis Mackup. Alhasil, permintaan untuk produk ini selalu ramai pembeli.

Coba tekuni bisnis ini sebagai salah satu konsep jualan yang menguntungkan. Sediakan aneka produk Skincare yang sering dibutuhkan remaja. Saya yakin, dalam waktu dekat bisnis ini akan mengalami kemajuan dan akan dikenal secara luas.

6. Baju Anak

6. Baju Anak

Pernah berpikir untuk menekuni produk Fashion sebagai awal berkarir? Sepertinya baju dewasa sudah cenderung sulit untuk bersaing jika modal yang sobat miliki terbilang minim. Satu-satunya produk fashion yang dapat sobat pilih dan masih menjanjikan yaitu baju anak.

Alasannya sangat sederhana lho? Meski persaingan tergolong tinggi, baju anak tetap menjanjikan karena banyaknya model baru yang perlu sobat luncurkan. Tujuannya supaya toko memiliki ciri khas dan bisa bersaing dengan mereka. Bicara soal keuntungan, tentu bisa di hitung per produk yang besarnya bisa mencapai Rp50.000/pcs.

Memilih jualan yang menguntungkan satu ini memang tidak lepas dari model. Tetapi ketahuilah, setiap anak akan mengalami pertumbuhan. Ketika hal itu terjadi, ukuran badan tentu saja akan meningkat dan mengakibatkan semua baju lama menjadi tak bisa mereka pakai lagi.

Menyikapi situasi tersebut, penjual baju anak akan selalu ramai pembeli. Terlebih jika model yang ditawarkan tergolong baru, yang mana setiap anak cenderung punya keinginan untuk memakainya.

Kondisi seperti itu biasanya akan meningkatkan omset penjualan baju lho, yang kemudian berimbas pada besarnya keuntungan untuk bisnis yang sobat tekuni. Jadi, jangan menunda lagi ya.

7. Sembako

7. Sembako: Jualan yang menguntungkan

Pernah berpikir untuk membuka warung sembako? Biasanya bisnis ini menjual berbagai keperluan sehari-hari, termasuk: Beras, telur, mie instan, aneka bumbu dan rempah-rempah, bahkan kebutuhan lainnya.

Nah jika lokasi tempat tinggal saat ini jauh dari pasar, maka membuka usaha warung sembako adalah ide yang benar-benar bisa mendatangkan keuntungan lho. Dari daftar produk di atas, banyak masyarakat yang membutuhkannya. Bahkan tidak untuk persediaan satu hari saja, melainkan selamanya.

Coba manfaatkan peluang ini sebaik mungkin. Mulailah dengan menggali modal untuk produk yang hendak di jual saja. Sementara itu, sobat bisa memanfaatkan rumah sebagai kiosnya untuk meminimalkan risiko kerugian.

Setelah berhasil membangun kepercayaan pembeli dan memiliki banyak pelanggan tetap, maka sobat bisa membangun warung secara permanen sebagai bentuk pengembangan bisnis.

Memang modalnya tidak sedikit, tetapi keuntungannya juga luar biasa lho. Bermula dengan menginvestasikan 5 juta saja, maka jika berhasil membangun kepercayaan pembeli, bisnis ini bisa berkembang lebih besar tanpa suntikan modal lagi lho.

8. Alat Tulis Sekolah

8. Alat Tulis Sekolah: Jualan Yang Menguntungkan

Sekarang ini, pendidikan sudah menjadi kewajiban bagi setiap anak lho. Tak lepas dari itu semua, mereka akan membutuhkan berbagai peralatan sekolah, termasuk alat tulis yang akan berguna setiap hari ketika jam belajar berlangsung.

Coba sediakan buku tulis, buku gambar, pensil, aneka jenis pena dan kebutuhan lainnya sebagai produk jualan yang menguntungkan dalam jangka panjang.

Menghitung modal, tentu saja sobat membutuhkan lokasi dan tempat untuk menjual berbagai peralatan sekolah tersebut. Misalnya etalase untuk meletakkan aneka produk yang hendak sobat jual.

Terlebih jika sobat menyediakan fasilitas fotocopy yang cenderung dibutuhkan oleh semua kalangan, maka modal yang perlu sobat gunakan cenderung lebih besar.

Meskipun demikian, modal tersebut hanya berlaku di awal saja kok. Setelah itu, sobat akan menerima keuntungan setiap hari tanpa adanya risiko produk basi atau ketinggalan trend.

9. Sayuran

9. Sayuran: Jualan yang menguntungkan

Hanya dengan mengandalkan gerobak dorong saja, Sobat dapat memulai bisnis sebagai penjual sayuran dan memperoleh sumber pendapatan harian. Namun perlu sobat ketahui, peluang ini tidak bagus jika sobat menerapkan-nya di desa. Jadi sobat harus benar-benar mengevaluasi tempat tinggal terlebih dahulu ya.

Misalnya ada beberapa kontrakan di lingkungan sekitar, maka sobat dapat mendirikan usaha ini untuk menjadikannya sumber pendapatan utama.

Meski terkesan agak rendahan dihadapan sebagian orang, berjualan sayur dengan menggunakan gerobak tetap bermanfaat untuk menopang keuangan keluarga lho. Bahkan sobat bisa menyisihkan sebagian besar keuntungan-nya untuk membantu masa depan.

Coba sediakan aneka jenis sayur segar dan beberapa bumbu sachet. Sobat juga bisa menyediakan beberapa jenis buah-buahan seperti halnya pisang.

Kesimpulan

Sebenarnya banyak produk jualan yang menguntungkan. Namun memilih produk yang benar-benar menguntungkan dan minim risiko adalah langkah ideal untuk memulai karir. Dari semua ide produk di atas, maka menjual Pampers adalah salah satu ide terbaik sebagai jualan yang bisa mendatangkan keuntungan besar hingga kini.

Larry Max

Media Bisnis Online

2 thoughts on “9 Ide Jualan Modal Kecil yang Menguntungkan Tahun 2022-2023”

Leave a Comment