Jalin Kerjasama, Facebook Tengah Siapkan 300 UKM Bandung Go International

Image dari Detik.com

Image dari Detik.com

Sebagai salah satu persiapan guna menyambut era Masyarakat Ekonomi Asean, Bandung tak hanya tinggal diam. Kota yang sering dijuluki kota kreatif ini segera melakukan langkah kongkrit agar tetap bisa bersaing di pasaran. Tak tanggung-tanggung, Ridwan Kamil mewakili Pemerintah Kota Bandung, menggandeng situs jejaring sosial paling populer Facebook untuk mendukung pelaku bisnis lokal Bandung.

Melalui program “Boost Your Business” atau “Tingkatkan Bisnis Anda” dari Facebook yang diluncurkan di Bandung Minggu kemarin diharapkan bisa mengangkat produk UKM untuk bersaing dengan produk luar negeri. Sebanyak kurang lebih 300 pelaku UKM di Kota Bandung dikumpulkan di Pendopo kota Bandung untuk mengikuti workshop yang akan diberikan oleh petinggi Facebook.

Ke depan, mereka akan disatukan dalam sebuah platform bisnis yang rencananya akan langsung dipersiapkan oleh Facebook sendiri. Facebook nantinya akan memberikan semacam training untuk para pelaku bisnis UKM Bandung agar bisa dan mampu berjualan secara online memanfaatkan jejaring sosial Facebook. Kang Emil sendiri menyatakan sangat bahagia dengan terpilihnya Bandung untuk program dari Facebook ini.

Mimpi Ridwan Kamil, UKM Bandung Bisa Go Internasional

Sejauh ini, Ridwan Kamil menyebutkan bahwa terdapat lebih dari 300 ribu UKM Bandung. Untuk saat ini, yang diundang atau dilibatkan secara langsung dalam program dari Facebook ini masih 0,1 persen atau 300 UKM. Ia menjelaskan masih memilih UKM Bandung yang dinilai berkualitas terlebih dahulu. Dilihat dahulu bagaimana ke depannya, apakah mereka benar-benar memiliki niat untuk lebih maju atau tidak. Ridwan kemudian menjelaskan lebih detail bahwa nantinya bakal ada satu halaman yang khusus memuat produk UKM kreatif dari Bandung yang dilengkapi dengan review yang dibuat semenarik mungkin.

Ridwan Kamil sendiri berharap bahwa nantinya UKM Bandung yang tergabung dalam bisnis bersama Facebook ini bisa segera Go Internasional. Karena mau tidak mau, dengan adanya MEA, produk lokal harus didorong bisa bersaing dengan produk-produk dari luar negeri. Karena jika tidak, produk UKM lokal tentu akan tergerus dengan berbagai produk manca negara yang akan gencar masuk Indonesia.

Artikel lain: Branding Online Untuk Meningkatkan Kredibilitas UKM Anda

“Dengan MEA, nantinya ada orang Thailand buka toko di Pasar Baru, kita tidak bisa larang. Lalu bisa ga kita melakukan hal sebaliknya? Harus bisa. Makanya saya punya mimpi, dalam waktu 2 tahun, UKM-UKM disini bisa dibeli buyer dari Thailand sampe Zimbabwe misalnya,” tandas Kang Emil.

Kekaguman Petinggi Facebook Pada Pelaku UKM Indonesia

Dalam beberapa tahun terakhir ini memang kecepatan pertumbuhan bisnis sangat luar biasa. Percepatan itu tidak terlepas dari peran internet dan tentu saja media sosial yang sangat signifikan. Banyak sekali orang yang menawarkan berbagai produk yang ia miliki melalui internet atau media sosial sepert Facebook. Facebook sendiri sebagai media sosial yang paling populer di Indoensia tentu tidak menutup mata dengan fenomena seperti ini. Tanggapan positif, lebih tepatnya sebuah kekaguman dari Clair Deevy sebagai Head of Economic Growth Initiatives Asia-Pacific Facebook diungkapkan beberapa waktu yang lalu.

“Kami senantiasa kagum melihat bagaimana UKM di Indonesia menggunakan Facebook untuk mencapai kesuksesan dan mendorong terciptanya nilai ekonomi dan kami berharap untuk dapat membantu lebih banyak UKM lagi,” terang Clair Deevy.

Baca juga: Selaras.id ~ Lahir dan Berkembang Untuk Memajukan Sektor UKM Indonesia




Leboh lanjut Clair Deevy juga menerangkan bahwa sejauh ini Facebook sudah berkontribusi terhadap nilai ekonomi Asia-Pasific sebesar Rp. 472 triliun. Sebuah angka yang luar biasa yang bisa dicapai sampai saat ini, dan tidak menutup kemungkinan akan semakin meningkat di masa-masa yang akan datang. Untuk penciptaan lapangan pekerjaan, menurut Clair Deevy Facebook juga memiliki peran yang signifikan dengan menciptakan lebih dari 1,3 juta lapangan pekerjaan.

Terkait UKM, Clair Deevy menjelaskan bahwa perannya sangat besar pada perkembangan ekonomi secara keseluruhan. Ia menyebutkan bahwa ketika sebuah UKM bisa berkembang dengan baik di suatu daerah, maka bisa dipastikan bahwa ekonomi di daerah tersebut akan bisa berkembang juga dengan baik. Untuk itulah tidak salah jika UKM harus digenjot performanya agar lebih bisa berbicara di arena percaturan bisnis di sebuah daerah, terlebih dengan adanya era MEA.



4 total comments on this postSubmit yours
  1. sinergi yang efektif antara pihak pemerintah dan pihak swasta, terutama facebook sebagai plaform yang sangat digandrungi masyarakat hampir di semua kalangan. ukmmarket.co.id juga baru-baru ini mengadakan catch program yang bekerja sama dengan PLUT bersinergi merangkul banyak pelaku ukm di beberapa daerah di Indonesia, seperti Yogyakarta dan daerah lain.

  2. Wah enak bgt pengusaha bandung –” dapat akses go international. Ijin share ya bang

    • monggo

  3. Makin keren aja nih Kang Emil…. Ijin Share….

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud