Jalankan Bisnis Rental Mobil? Lakukan 5 Cara Ini Untuk Atasi Resiko yang Ada

bisnis rental mobil

Image dari Bisnis.com

Dalam menjalani kehidupan ini, selalu ada risiko dalam segala sesuatunya. Tidak terkecuali saat kita menjalankan sebuah usaha atau bisnis. Hal ini menjadi suatu hal yang perlu diantisipasi untuk mengatasi segala risiko yang muncul dalam menjalankan bisnis. Dalam diri seorang pengusaha, Anda memang akan dituntut untuk memahami dan mencari cara untuk mengatasi setiap risiko yang muncul.

Dari sini nantinya tingkat kerugian yang muncul akan dapat berkurang atau diminimalisir.  Dengan beban risiko usaha yang berkurang tentu saja Anda akan mampu menjalankan bisnis dengan aman dan nyaman.

Resiko Usaha Rental Mobil

Pada era dan zaman yang serba cepat ini, bisnis rental mobil merupakan sebuah hal yang makin menjanjikan. Meski demikian, tentu saja bisnis ini tidak lepas dari risiko. Beberapa risiko yang dapat menghampiri Anda sebagai pebisnis rental mobil seperti pencurian mobil oleh oknum penyewa yang tidak bertanggung jawab, penggadaian mobil sewa atau penjualan mobil oleh penyewa kepada pihak lain.



Belum lagi masih ada risiko lain seperti penggunaan mobil sewa untuk tindak kejahatan, penyewa yang melanggar kesepakatan pengembalian mobil tanpa pemberitahuan hingga penyewa mobil yang tidak bertanggung jawab dengan meninggalkan mobil sewa didaerah tertentu dengan tujuan tidak ingin atau tidak sanggup membayar uang sewa.

Artikel lain: Peluang Bisnis Musim Mudik Lebaran Yang Patut Anda Coba

Cara untuk Mengatasi Risiko pada Bisnis Rental Mobil

Dengan adanya beberapa risiko di atas, tentu saja Anda tidak ingin risiko ini terjadi pada bisnis rental mobil yang Anda jalankan. Maka dari itu, Anda diharuskan memiliki beberapa cara untuk mengantisipasi kejadian berisiko tersebut. Hal yang dapat Anda lakukan untuk mengantisipasi risiko yang terjadi antara lain:

1. Melakukan Administrasi Rental yang Baik

Cara untuk mengantisipasi risiko bisnis rental mobil yang pertama adalah dengan membuat administrasi yang baik. Pengelolaan administrasi yang rapi dapat membuat Anda tenang dan nyaman dalam menjalankan bisnis ini. Hal tersebut terjadi dikarenakan keberadaan mobil sewa yang dapat selalu terkontrol. Salah satu hal dalam mengelola administrasi adalah dengan membuat daftar check list untuk setiap kali transaksi dalam penyewaan.

2. Memperketat Persyaratan dalam Perentalan Mobil

Usaha rental mobil yang tidak memberikan persyaratan apapun pada penyewa mobil, pada umumnya memiliki risiko yang tinggi dalam tindak penyalahgunaan mobil sewa. Oleh sebab itu agar hal tersebut tidak terjadi pada bisnis yang Anda jalankan, ketentuan persyaratan dalam transaksi peminjaman merupakan salah satu cara yang dapat anda lakukan.

Anda tidak boleh ragu dalam memberikan persyaratan. Salah satu persyaratan yang dapat Anda terapkan adalah dengan diharuskannya memberikan dokumen penting, sebut saja misalnya KTP asli, kartu keluarga (KK) dan dokumen penting lainnya.

3. Memasang Alat Pelacak pada Mobil Rental

Cara yang tidak kalah penting lainnya yaitu membuat sistem keamanan pada mobil yang disewakan. Hal yang dapat anda lakukan adalah dengan memasang alat pelacak pada mobil. Dengan cara ini, Anda dapat mengetahui lokasi keberadaan mobil yang dibawa oleh penyewa. Untuk menerapkan cara ini, memang membutuhkan dana yang cukup besar.

Harga dari alat pelacak mobil rata-rata dipasaran adalah berkisar antara Rp 1,8 juta hingga Rp 3 jutaan. Namun dengan adanya sistem keamanan ini, kita dapat melakukan pemantauan pada mobil yang sedang Anda sewakan sehingga dapat meminimalisir risiko yang muncul yang diakibatkan oleh peminjam mobil yang tidak bertanggung jawab.

4. Menilai Calon Peminjam

Dalam setiap transaksi yang dilakukan, Anda berhak untuk melakukan penilaian kepada calon penyewa mobil. Penilaian yang dapat anda lakukan adalah dengan melakukan pengamatan dari bagaimana sikap dan tutur kata dari peminjam. Anda juga dapat memberikan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan tujuan penyewaan mobil.

Dari penilaian tersebut, Anda dapat menyimpulkan apakah pemberian sewa kepada penyewa tersebut memiliki risiko yang tinggi atau tidak. Pada akhirnya Anda pun nantinya akan bisa memutuskan apakah Anda akan menyewakan kepada penyewa tersebut atau tidak.

Baca juga: AutoBridal Rent Car ~ Usaha Rental Mobil dari Bandung yang Kini Tawarkan Kemitraan

5. Bergabung dengan Asosiasi Pengusaha Rental Mobil

Cara terakhir yang dapat anda lakukan untuk mengatasi risiko yang muncul adalah bergabung dengan asosiasi pengusaha rental mobil. Dengan cara bekerja sama dengan asosiasi tersebut yang pada umumnya sudah ada di setiap kota, Anda akan menerima banyak manfaat.

Hal ini dikarenakan pada umumnya asosiasi telah terhubung dengan POLRI sebagai pihak berwajib yang akan membantu pada anggota asosiasi pengusaha rental mobil. Sehingga dengan cara ini, Anda dapat meminimalisir risiko terjadinya tindak kejahatan atau kriminalitas pada bisnis rental mobil yang Anda jalankan.





2 total comments on this postSubmit yours
  1. tips bisnis rental mobil ini, Saya setuju dengan memperketat surat-surat dan jaminan. paling tidak akan membuat orang yang berkeinginan melarikan armada bisa berfikir ulang.

  2. memang dalam menjalankan bisnis rental mobil itu harus benar – benar memiliki ketentuan dan syarat yang ketat agar tidak terjadi tindakan penipuan

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud