5 Orang Yang Anda Butuhkan Dalam Sebuah Tim Marketing Online

5 Orang Yang Anda Butuhkan Dalam Sebuah Tim Marketing Online

tim marketingg

Ketika Anda membangun sebuah #bisnis online pada awalnya dimungkinkan masih bisa Anda handle sendiri.  Karena sebagai peletak dasar ide yang akan Anda kembangkan pada perusahaan adalah Anda sendiri maka mau atau tidak Andalah yang harus menjalankannya terlebih dahulu.

Seiring berjalannya waktu, karena bisnis online Anda tumbuh, Anda akan merasa perlu untuk membangun tim spesialis. Dan ketika saat itu sudah tiba, maka salah satu tim pertama yang harus Anda bentuk dengan baik adalah tim marketing online.

Kenapa marketing online, ya karena marketing adalah ujung tombak untuk usaha online Anda. Maka dari itu sangat penting sekali memiliki orang – orang yang tepat dalam tim marketing Anda. Lalu siapa saja orang yang harus ada dalam sebuah tim marketing agar bisa memutar roda perusahaan Anda dengan baik, simak ulasannya berikut ini.

1. Ahli Strategi Pemasaran Online

Ahli strategi pemasaran online Anda adalah sosok yang akan bertanggung jawab untuk menentukan dan mengawasi #promosi online Anda. Ke depan, ahli strategi Anda akan bekerja dengan seluruh tim pemasaran online Anda untuk membuat konten, menjadwalkan promo dan memastikan perusahaan tetap berada di jalur yang tepat.

Karena dalam menjalankan sebuah strategi perlu adanya sebuah kombinasi dari kedua keterampilan analitis dan kreatif, maka Anda harus pandai – pandai menempatkan orang pada posisi ini. Banyaklah bertanya untuk mendapatkan referensi dan jika Anda melakukan wawancara, pastikan proses wawancara Anda dilakukan dengan tuntas dan menyeluruh.

Artikel lain: Kenali 4 Dasar Marketing Online Ini, Sudah Menerapkannya?

2. Manajer Media Sosial

Keberadaan seorang manajer yang mengelola langsung #media sosial untuk memaksimalkan pemasaran online sangat diperlukan. Seperti kita ketahui bersama bahwa pengguna media sosial semakin hari semakin meningkat, dan itu merupakan peluang sangat baik untuk bisnis online Anda. Manajer media sosial Anda nantinya akan bertanggung jawab untuk mengimplementasikan rencana pemasaran online melalui media sosial dari ahli pemasaran.

Manajer media sosial Anda harus menjadi ahli dalam mengetahui bagaimana cara berkomunikasi dengan pelanggan secara baik. Orang pada posisi ini harus menunjukkan kematangan yang baik dan bakat yang maksimal. Siapa saja bisa mengklaim sebagai ahli media sosial, namun Anda juga harus mengetahui track record nya, pengalaman juga attitude yang ia miliki.

3. Content Creator Yang Handal

Pembuatan konten merupakan prioritas paling utama bagi sebagian besar bisnis online hari ini. Memiliki pencipta konten sendiri yang terampil dalam tim pemasaran online Anda akan memungkinkan Anda untuk membuat lebih banyak konten, lebih efisien daripada jika Anda terus-menerus mengandalkan pekerja outsourcing.

Pencipta konten Anda akan bekerja sama dengan baik dengan ahli strategi dan manajer media sosial untuk menciptakan konten bisnis online Anda. Sehingga orang yang Anda butuhkan di posisi ini adalah orang yang mampu menciptakan sesuatu mulai dari posting blog, mengkreasi video #YouTube hingga yang lain nya.

4. Analis Data Yang Kompeten

Dalam menjalankan sebuah bisnis online, kita harus pintar menganalisa data. Apapun data yang kita dapatkan harus bisa kita analisa untuk kemudian digunakan sebagai referensi dalam menentukan langkah dan strategi berikutnya.

Dengan bantuan seorang analis, pemasaran digital Anda akan dapat fokus pada upaya membuat konten yang menghubungkan dengan pelanggan. Selain itu dengan adanya posisi tersebut dapat menghindari membuang-buang waktu dan uang pada hal-hal yang tidak efektif. Nantinya ia yang akan menganalisa seberapa efektif dan efisien nya sebuah konten atau strategi yang dilakukan baik dalam #Facebook, #Twitter, Youtube atau yang lainnya.

Baca juga: 7 Tehnik Online Marketing Ini Akan Jadi Tren di Tahun 2015

5. Teknisi Yang Mumpuni

Ia nantinya yang akan menjadi pelaksana teknis dalam merealisasikan strategi pemasaran online Anda. Karena sebagian besar peralatan yang digunakan dalam pemasaran online hari ini membutuhkan beberapa tingkat coding, orang ini harus berpengalaman dalam HTML dan CSS.

Seorang teknisi harus tetap bergerak dalam bidang #teknologi, dan mendapatkan informasi tentang perubahan tren di media digital. Dengan keterampilan ini, spesialis teknis dapat merancang konten dalam sebuah template hingga menyesuaikan dengan algoritma yang baru jika memang dibutuhkan. Hal ini sangat diperlukan kehadirannya dalam tim pemasaran online Anda, untuk menunjang keberhasilan dalam memasarkan produk Anda.

2 KOMENTAR

  1. Terimakasih sudah berbagai informasinya. Saya juga mau memulai bisnis online. Blog ini cukup menginspirasi saya .

    Makasi

Tinggalkan Balasan