Irina Blok – Designer Wanita Dibalik Kesuksesan Logo Si Robot Hijau

irina blok

Rasanya tidak ada masyarakat modern yang tidak kenal dengan teknologi Android. Sistem operasi yang bersifat open source ini begitu mendunia dan banyak digunakan oleh para pengguna #teknologi. Kepopuleran Android tentu tidak lepas dari tangan dingin perusahaan #Google yang mampu menciptakan inovasi besar di bidang sistem informasi.

Bersaing ketat dengan sejumlah sistem operasi lainnya, tampaknya si robot hijau ini masih akan mendominasi teknologi gadget dunia hingga akhir tahun 2015. Dibalik bentuknya yang simpel dan unik, ada kekuatan besar yang dimiliki si hijau Android.

Siapa sebenarnya sosok yang pertama kali menciptakan logo Android hingga logo tersebut terkenal dan mendunia seperti saat ini?

Irina Blok, Wanita yang Menciptakan Logo Android

Irina Blok adalah wanita yang menjadi sosok pencetus lahirnya logo #Android. Wanita yang mencintai dunia desain ini mengawali proses pembuatan logo Android bersama timnya di Google pada tahun 2010. Dengan petunjuk berupa penggunaan mobile dengan unsur robot sebagai materi utama pada logo Irina dan rekan-rekannya berupaya berpikir keras untuk menemukan desain logo yang paling tepat dengan petunjuk tersebut.

Artikel lain: Sejarah Perkembangan Smartphone Versi Android




Mencari Banyak Inspirasi untuk Logo Android

Untuk membuat logo Android yang sesuai, Irina mulai mempelajari berbagai desain dari film, mainan dan action figure bertema sci-fi dan luar angkasa. Upaya kerasnya ternyata belum bisa membuahkan hasil yang maksimal. Irina dan timnya belum berhasil menemukan desain logo yang pas dan sesuai dengan konsep yang diinginkan.

Tidak ada yang bisa menebak dari mana inspirasi akan datang. Irina rupanya mendapatkan inspirasi desain dari simbol toilet pria dan wanita yang biasanya terdapat di tempat-tempat umum. Dengan desain piktogram yang begitu sederhana, simbol toilet bisa menyampaikan pesan universal tentang maksud yang ingin disampaikan.

Setelah terinspirasi dari simbol toilet, Irina mulai berkreasi dengan simbol tersebut. Mencoba menggambarkan berbagai bentuk piktogram, mencoba beragam pilihan warna dan menambahkan antena pada bagian kepala, akhirnya Irina dan rekan-rekannya berhasil menemukan desain logo Android seperti yang kita kenal saat ini.

Tak Sepopuler Hasil Karyanya

Meskipun berhasil membuat desain logo untuk teknologi sekelas Android, namun rupanya kehidupan Irina jauh dari publikasi dan pemberitaan dunia. Ia banyak menghabiskan waktu bersama keluarga dan putrinya. Ketika Irina hendak menonton film Alice in Wonderland di bioskop bersama putrinya yang berusia 6 tahun, layar bioskop sempat memutar logo Android yang membuat putri Irina berteriak “Ibuku yang menciptakan itu”.

Hal ini membuat penonton seisi bioskop menoleh ke arah Irina dan membuat Irina menjadi tersipu malu. Ia lantas hanya berlindung dibalik bucket popcorn untuk menutupi wajahnya. Wah, ternyata si pencetus logo Android adalah pribadi yang pemalu, ya.




Baca juga: Fakta Unik dan Menarik Seputar OS Android

Tentang Perkembangan Logo Android dan Passion Irina

Irina dan rekan-rekannya di Google memutuskan untuk membuat logo yang bersifat open source dan bisa dimodifikasi oleh siapa pun. Seperti semangat sistem Android yang mengusung konsep open source, logo Android yang bebas dimodifikasi juga diharapkan mampu menjadi salah satu sarana pengembangan kreativitas desain bagi masyarakat dunia. Irina menjelaskan bahwa kunci dalam membuat logo secara sukses adalah konsep yang sederhana dan abadi supaya bisa terus diingat oleh orang lain.

Kini Irina tidak lagi bekerja di Google dan memilih passion-nya yang lain yaitu bekerja di Edmodo, suatu teknologi jaringan sosial untuk menghubungkan guru dan siswa. Meski tidak lagi bekerja di Google, namun kenangan yang diperoleh selama menciptakan desain logo si robot hijau Android tentu menjadi salah satu pengalaman hidup yang sangat berharga bagi Irina. Karya Irina Blok kini sudah mendunia dan banyak menginspirasi desainer lain untuk membuat desain-desain logo Android yang unik.

Yuk belajar dari sosok Irina Blok yang low profile dan senantiasa bersemangat untuk menciptakan sesuatu yang baru dan bermanfaat bagi banyak orang!



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud