Pengguna Wajib Bersiaga, iPhone Kembali Diserang Video “Berbahaya”

Pengguna Wajib Bersiaga, iPhone Kembali Diserang Video “Berbahaya”

virus-iphone
Image dari Kaspersky.com

Kemunculan beragam perangkat #teknologi, seperti ponsel pintar saat ini tentu dapat memberikan keuntungan bagi para pemakainya. Kita bisa melakukan berbagai macam hal mulai dari komunikasi, mendapat hiburan, hingga memperlancar beragam keperluan usaha dengan adanya perangkat teknologi.

Namun pada kenyataannya, memiliki ponsel pintar juga harus diimbangi oleh kepintaran si pemakai. Karena banyak kasus, dimana ada saja celah yang dapat merugikan pengguna akibat ulah beberapa oknum tak bertanggung jawab.

Kasus terbaru menyebut, perangkat ponsel pintar iPhone kembali disambangi serangan digital dalam bentuk video berbahaya. Video yang disebarkan melalui aplikasi perpesanan instan milik Apple ini, kabarnya mengandung bug yang dapat membuat perangkat iPhone kita rusak dalam hitungan detik.

Bagi rekan-rekan yang mempunyai perangkat iPhone, informasi berikut ini tentu sangat berguna dan wajib disimak.

Sudah Mulai Tersebar

Kurang lebih sudah seminggu para pengguna iPhone di seluruh dunia kabarnya telah mengalami serangan  yang membuat perangkat iPhone mereka mendadak crash dan tidak bisa dioperasikan kembali. Penyebabnya adalah, sebuah video yang dibagikan secara viral melalui layanan perpesanan instan iMessage.

Dikonfirmasi bahwa, dalam video berdurasi pendek tersebut terdapat sebuah bug yang dapat mempengaruhi kinerja ponsel pintar Apple. Namun tidak semua iPhone akan terdampak virus tersebut, karena ternyata file video MP4 ini hanya memberikan efek pada iPhone dengan seri iOS 10.1.

Artikel lain: Pastikan Keamanan iPhone Dari Serangan Hacker Dengan 7 Langkah Berikut Ini

Laporan pertama yang masuk mengenai adanya video yang mengandung bug ini, dilaporkan oleh seorang pengguna melalui situs reddit pada hari Selasa (22/11) lalu. Dari situlah, penyebaran video ini terus terjadi bahkan dalam sekolah global.

Lewat keterangan sang korban, file yang diberi nama MG_0942.MP4, sebenarnya menampilkan tayangannya tidak terlalu aneh. Di dalamnya nampak, sosok laki-laki berdiri kemudian diikuti tampilan visual hingga akhir video.

Cara Bug Menyerang iPhone

Sebuah media teknologi international, The Verge tempat mengunggah bagaimana proses bug yang terdapat pada video berbahaya ini mampu membuat sebuah iPhone menjadi crash dalam waktu yang sangat singkat. Awalnya, tautan video akan masuk melalui pesan iMessage yang kemudian dibuka oleh pengguna. Ketika pengguna men klik pada tautan video tersebut, maka video akan langsung terbuka menggunakan pemutar video default.

Pada banyak kasus, karena tampilan video di dalamnya tidak terlalu menarik, maka mereka cenderung akan keluar dan tidak lagi menonton #video tersebut. Memang pada detik-detik awal setelah kita menutup video ini, tidak akan terjadi kerusakan atau tanda mencurigakan apapun. Namun setelah sekitar 10 detik paska membuka video, tiba-tiba iPhone akan terasa lambat dan kemudian tidak bisa diakses sama sekali.

Himbauan Dan Cara Mengatasi

Setelah informasi terkait dengan adanya tautan video berbahaya yang menyebar melalui layanan perpesanan instan milik Apple, kemudian banyak himbauan bagi para pengguna iPhone terutama yang memiliki seri iOS 10.1 untuk tidak membuka tautan video yang dibagikan jika dirasa mencurigakan.

Selain itu, ternyata ada solusi bagi para pengguna yang sudah terlanjur membuka file berbahaya tersebut. Solusinya adalah, melakukan hard reset pada perangkat iPhone. Secara umum yang perlu dilakukan, pertama yakni membackup semua data penting terlebih dahulu. Setelahnya untuk mulai mengaktifkan hard reset, kita tinggal menahan tombol daya dan home secara bersamaan selama beberapa detik.

Dari situ proses akan secara otomatis bekerja, dan setelah proses reboot selesai, maka perangkat iPhone kita bisa kembali dijalankan secara normal.

Baca juga: Berhasil Bobol iPhone, FBI Menang “TKO” Lawan Apple

Namun ternyata, ada cara lain agar tautan video tidak memberikan efek buruk bagi perangkat iPhone. Caranya yakni file tersebut harus dikirim sebagai file MP4 secara utuh, jika dikirim secara utuh maka bug tidak dapat mempengaruhi kinerja iPhone.

Kasus semacam ini tentu bukan yang pertama yang menyerang para pengguna perangkat iPhone. Sebelumnya sudah banyak cara yang ditempuh para penjahat digital untuk menyebarkan program jahat atau virus yang tentunya dapat merugikan para pengguna. Oleh karena itu, yang jauh lebih penting para pengguna harus lebih cerdas dan update terkait segala informasi yang mungkin bisa merugikan bagi kita.

2 KOMENTAR

  1. Wirausaha Coklat

    Wah serem lihat photo tengkoraknya Bang! saya sih berharap punya saya aman-aman saja,terima kasih juga atas informasinya Bang Marixon.

  2. Ngeri bgt ya. Mudah2an iphone ku aman2 aja.. Btw itu bisa ngehapus data juga gak om? Ngeri bgt soalnya banyak data kerj di handphone

Tinggalkan Balasan