Pastikan Keamanan iPhone Dari Serangan Hacker Dengan 7 Langkah Berikut Ini

Image dari ibtimes.co.uk

Image dari ibtimes.co.uk

Keberadaan hacker memang akan selalu hadir mengancam siapa pun dan apapun termasuk para pengguan perangkat iPhone. Meskipun #Apple sebagai produsen iPhone selalu mengklaim bahwa perangkatnya akan aman dari hacker atau virus, namun hal ini tidak lantas membuat Anda sebagai penggunanya tenang-tenang dalam menjaga keamanan iPhone. Yang namanya hacker mereka akan selalu berusaha mencari celah untuk bisa mereka tembus dari sistem sekuat dan secanggih apapun.

Apalagi saat ini banyak pengguna iPhone yang menggunakan perangkatnya untuk menyimpan berbagai informasi pribadi. Hal ini tentu semakin membuat para hacker semakin tertantang untuk coba membobol sistem keamanan iPhone.

Dari sinilah maka langkah pengamanan untuk mencegah penyalahgunaan sangat diperlukan. Berikut ada beberapa cara dan langkah yang bisa dijalankan oleh para pengguna iPhone untuk mencegah perangkatnya diretas atau disalahgunakan oleh hacker.

1. Gunakan PIN Atau Touch ID

Langkah pertama untuk bisa menjaga keamanan iPhone dari ulah hacker adalah dengan selalu mengunci layar iPhone dengan PIN atau Touch ID. Hal ini dilakukan guna mengantisipasi dan mencegah orang lain menggunakan iPhone Anda untuk mengakses data-data pribadi Anda. Untuk memasang PIN atau Touch ID Anda bisa masuk ke Setting lalu tab General dan Touch ID & passcode lock.

Di sana Anda akan diberikan pilihan antara mengaktifkan PIN numerik atau menggunakan pemindaian sidik jari menggunakan Touch ID untuk mengunci layar iPhone. Jika Anda memutuskan untuk menggunakan PIN, maka Anda harus menghindari kombinasi angka yang umum dan mudah ditebak, misalnya kombinasi 0000 atau 1234. Gunakanlah kombinasi angka yang berlainan dan sulit ditebak untuk semakin meningkatkan keamanan iPhone.




Artikel lain: Tips Mudah Membedakan iPhone Asli dan iPhone Replika

2. Gunakan Fitur Keamanan iPhone Passphrase

Selain PIN, Anda juga bisa menggunakan Passphrase yang diyakini lebih handal dan kuat. Untuk menciptakan Passphrase ini Anda harus menuju menu Settings, kemudian Touch ID & Passcode dan matikan Simple Passcode.

Mengutip beberapa sumber dengan pilihan keamanan Passphrase ini Anda akan dapat menciptakan kode password yang lebih panjang dan kompleks dengan kombinasi huruf besar dan kecil, angka, bahkan simbol.

3. Mengatur Penghapusan Otomatis

Pengaturan penghapusan otomatis dilakukan untuk mengantisipasi jika iPhone Anda tiba-tiba hilang. Keamanan iPhone yang sudah jatuh ketangan orang lain memang akan sangat rentan disalahgunakan seperti membobol data-data pribadi. Untuk mengantisipasi hal ini, Anda dapat melakukan pengaturan penghapusan otomatis.

Dengan pengaturan otomatis ini , ketika orang lain akan mencoba membobol data pribadi namun gagal saat memasukkan PIN hingga sepuluh kali percobaan, maka perangkat akan melakukan penghapusan data secara otomatis. Untuk melakukan pengaturan ini, Anda bisa menuju halaman Settings yang sama dan mengaktifkan fitur Erase Data.




4. Pengaturan Pribadi

Banyak pengguna iPhone yang tidak sadar bahwa beberapa aplikasi yang ada memiliki akses pada kamera, mikrofon, bahkan dapat melihat galeri foto. Nyatanya ini sangat berbahaya untuk keamanan iPhone Anda.

Untuk mengantisipasi hacker yang bisa datang dari sebuah aplikasi untuk melakukan pembobolan pada beberapa data penting, Anda dapat membatasi izin dari aplikasi tersebut mengakses informasi. Caranya berangkatlah ke menu Settings, kemudian pilih tab “privacy”. Di bagian ini, Anda bisa memilah-milah informasi apa saja yang Anda izinkan untuk bisa diakses oleh aplikasi dengan cara mematikannya.

5. Matikan Notifikasi

Jangan anggap remeh notifikasi atau pemberitahuan yang muncul di lock screen. Hal ini dikarenakan notifikasi yang muncul di lock screen bisa dilihat orang lain atau hacker dan dimanfaatkan untuk kegiatan yang bisa merugikan Anda. Oleh karena itulah Anda harus berhati-hati dengan ini. Anda bisa mengatisipasi hal ini dengan mematikan notifikasi hingga akhirnya membatasi orang lain untuk mengincar informasi mengenai Anda dari notifikasi yang muncul di lock screen.

6. Matikan Siri

Sama seperti notifikasi, Siri dapat berjalan meskipun iPhone Anda dalam keadaan terkunci. Oleh karena itu, orang lain atau hacker bisa saja menggunakannya untuk bertanya mengenai Anda sehingga dapat memunculkan informasi pribadi. Untuk mematikannya, pilih menu Settings, kemudian “Touch ID & passcode” dan matikan Allow access when locked di Siri.

Baca juga: 6 Alasan Kenapa iPhone Masih Menjadi Pilihan Dari Smartphone Lain

7. Non Aktifkan Fitur AutoFill

Terakhir, langkah untuk menjaga keamanan iPhone dari hacker adalah dengan dengan cara mematikan fitur AutoFill. Meskipun fitur ini membuat pekerjaan mengetik menjadi lebih mudah, namun Anda harus ingat bahwa fitur ini bisa sangat berbahaya saat iPhone Anda berada ditangan orang lain atau hacker.

Saat iPhone berada di tangan hacker ini mereka bisa saja memanfaatkan fitur AutoFill yang aktif ini untuk membobol username dan password Anda. Maka dari itu pilihan menonaktifkan fitur AutoFill adalah pilihan yang tepat. Cara mematikan fitur ini adalah dengan cara men-tab Settings, kemudian pilih General dan Passwords & AutoFill.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud