Investasi Emas Bermodal Goceng-an, Beneran Bisa?

Investasi Emas Bermodal Goceng-an, Beneran Bisa?

Image dari investorscapital.org
Image dari investorscapital.org

Bentuk #investasi saat ini semakin beragam saja. Kita punya banyak pilihan berinvestasi sesuai dengan kemampuan dan minat kita. Sebenarnya berinvestasi bukan hanya sekadar soal minat, tetapi juga soal kejelian melihat peluang nilai investasi di masa depan.

Investasi emas adalah salah satu bentuk investasi yang tak lekang oleh waktu. Nilai emas cenderung bergerak meningkat secara perlahan-lahan dalam kurun waktu beberapa tahun ke depan. Hal inilah yang membuat orangtua kita selalu mengandalkan emas sebagai bentuk investasi yang praktis dan menguntungkan.

Seperti Apa Investasi Emas Di Zaman Dahulu?

Mungkin dulu kita sering berpikir, kenapa Ibu kita getol membeli perhiasan emas. Perhiasan itu ada yang disimpan, dan ada pula yang dipakai untuk mempercantik penampilan. Sebenarnya tujuan membeli emas itu bukan hanya untuk kesenangan semata. Ada manfaat investasi di balik setiap emas yang dibeli.

Harga emas tidak pernah turun, bahkan selalu meningkat. Dulu orangtua kita mungkin sering membeli emas setiap beberapa waktu sekali tetapi tidak membawa pulang emasnya. Hal yang dilakukan saat itu adalah mengangsur emas dengan berat tertentu kemudian mendapatkan nota pembayaran dari toko emas yang bersangkutan. Nantinya emas bisa diambil setelah jumlah uang yang disetorkan memenuhi nominal harga emas yang sudah disepakati.

Artikel lain: Mari Mengenal Investasi Emas Online Secara Cermat

Begitulah kiranya orangtua kita berinvestasi dengan menggunakan emas. Emas adalah salah satu aset lancar setelah uang. Emas yang dimiliki bisa segera dijual untuk berbagai kebutuhan, mulai dari biaya hidup, biaya pendidikan, membeli obyek properti, dan ragam kebutuhan lainnya.

Tentang Investasi Logam Mulia

Bagi kita yang tidak suka mengenakan perhiasan emas, ada cara investasi emas lainnya yang bisa kita coba. Cara tersebut adalah investasi logam mulia berbentuk emas batangan. Investasi emas batangan juga tak kalah mudah dengan investasi perhiasan emas. Pilihan berat emas batangan pun bervariasi. Mulai dari 1 gram, 2 gram, 2.5 gram, hingga yang paling besar mencapai 500 gram.

Semakin kecil bobot emas batangan, maka akan semakin mahal harganya. Hal ini disebabkan oleh besarnya ongkos cetak yang harus kita bayarkan saat membeli emas batangan. Sebaliknya, semakin besar ukuran emas batangan maka akan semakin kecil ongkos cetaknya. Toko emas biasanya menawarkan harga dasar emas batangan yang belum termasuk ongkos cetak. Sementara Antam justru menawarkan harga emas batangan yang sudah termasuk ongkos cetak.

Oleh sebab itu, tidak ada salahnya kalau kita memilih investasi emas batangan dengan berat di atas 5 gram. Sehingga ongkos cetak yang dibebani pada kita jadi tidak terlalu besar.

Menabung Emas Di Pegadaian Mulai dari Harga Rp 5.000

Melihat pentingnya investasi emas dalam mendukung perekonomian masyarakat, PT. Pegadaian berinisiatif membuat program tabungan emas yang diberi nama EMAS. Konsep tabungan EMAS ini mengacu pada harga emas batangan 1 kg.

Dengan mengikuti program tabungan EMAS di Pegadaian, kita memiliki keleluasaan dalam menyetorkan uang tabungan. Misalnya saja jika hari ini harga emas berkisar di angka Rp 500.000 per gram, maka kita bisa menyetorkan uang tabungan minimal 1% dari harga tersebut. Ya, dengan uang Rp 5.000 kita sudah bisa mendapatkan 0.01 gram emas. Nilai minimal tabungan yang disetorkan akan bergantung pada pergerakan harga emas setiap hari.

Lantas bagaimana jika keesokan harinya harga emas naik menjadi Rp 510.000 per gram?

Tentu saja kita harus menyetorkan minimal Rp 5.100 untuk bisa menambah jumlah tabungan emas kita di Pegadaian.

Namun karena emas dengan bobot sekecil itu tidak bisa dicetak, maka tabungan kita akan diakumulasikan hingga mencapai nilai tertentu.Jika sudah mencapai jumlah tertentu, kita hanya perlu menyetorkan ongkos cetak supaya emas tabungan kita bisa segera dibawa pulang.

Baca juga: Investasi Batu Mulia, Mampukah Menjadi Alternatif Investasi di Masa Depan?

Mengapa Kita Patut Memilih Pegadaian untuk Berinvestasi Emas?

Ada sejumlah keuntungan yang bisa kita dapatkan jika kita mengikuti program tabungan EMAS di Pegadaian. Keuntungan tersebut antara lain adalah :

  • Kita bisa menabung secara fleksibel sesuai dengan jumlah uang yang kita miliki
  • Pegadaian menyiapkan emas dengan harga dasar. Jadi kita hanya perlu mencicil gram demi gram emas mengikuti harga dasar emas sebelum ditambah ongkos cetak. Jika sudah mencapai bobot emas yang besar, kita bisa mencetaknya dengan menambahkan sedikit ongkos cetak. Sangat praktis dan hemat.
  • Pegadaian diawasi langsung oleh BPK dan OJK sehingga kita mendapatkan jaminan keamanan saat menabung emas melalui program Pegadaian.

Saat ini program tabungan EMAS dari Pegadaian masih berada dalam tahap uji coba. Nantinya setiap pelanggan pegadaian dapat mulai menggunakan layanan ini di 4.000 kantor cabang Pegadaian se-Indonesia. Jangan tunda lagi untuk memulai investasi yang praktis dan menguntungkan dengan memilih emas, ya.

1 KOMENTAR

  1. Anu… kira-kira usia untuk bisa melakukan tabungan di pegadaian berapa yah?

Tinggalkan Balasan