Investasi Batu Mulia, Mampukah Menjadi Alternatif Investasi di Masa Depan?

Investasi Batu Mulia, Mampukah Menjadi Alternatif Investasi di Masa Depan?

Image dari Constantinwild.com
Image dari Constantinwild.com

Jika beberapa tahun lalu batu akik hanya dilirik secuil kalangan dan dijajakan dengan harga standar, tidak demikian untuk saat ini. Jenis batuan mulia tersebut seakan sedang dalam masa jayanya bahkan menjadi fenomena di Indonesia.

Saya sendiri menjadi saksi bagaimana #batu akik telah menggeser banyak sendi usaha lain, tak kurang dari 5 warung makan dan sebuah kios pakaian di sekitar tempat tinggal saya kini berubah menjadi lapak akik segala jenis. Mulai batu bahan hingga jasa gosokan, semuanya digelar dan hampir pasti ramai diserbu pelanggan. Dan nyatanya fenomena ini terjadi hampir di seluruh pelosok tanah air.

Namun yang tidak disadari adalah terdapat potensi besar di balik euporia batu akik, yakni dari sisi #Investasi. Pertanyaannnya adalah, apakah batu mulia mampu menjadi obyek investasi yang menguntungkan?

Masih Dipandang Sebatas Bisnis

Dalam satu liputan di televisi, saya melihat sebuah sesi wawancara seorang pengusaha batu akik yang terbilang sudah cukup sukses. Selain mempunyai beberapa lapak yang menjual bahan batu mulia serta perhiasan dari beragam batu mulia, ia juga mencari sendiri bahan batu yang akan dijual hingga ke berbagai pelosok daerah.

Menjawab sebuah pertanyaan dari sang wartawan, pebisnis tersebut lantas mengatakan bahwa perburuan untuk mendapat bongkahan batu mulia tersebut juga menjadi sarana investasi bagi dirinya. Menurutnya, bahan mentah tersebut nanti bisa diolah menjadi satuan batu yang lebih kecil sehingga mendatangkan keuntungan yang lebih besar tentunya.

Di sinilah letak permasalahannya, proyeksi keuntungan yang banyak dicari oleh penggiat batu mulia di Indonesia saat ini masih lebih pada ranah bisnis bukan investasi. Setelah mendapatkan bahanpun, nantinya batu mulia mentah tersebut akan segera diolah menjadi perhiasan atau mungkin dijadikan bahan mentah lain namun dalam ukuran yang lebih kecil.

Artikel lain: Ini Alasan Mengapa Bisnis Online Bisa Menjadi Sebuah Investasi

Mitos Mengalahkan Kualitas

Permasalah berikutnya terkait upaya investasi batu mulia di Indonesi adalah kebanyakan saat ini bisnis batu mulia seperti juga batu akik lebih menjual “cerita” dibanding kualitas dari batu tersebut. Dengan embel-embel khasiat hingga klenik mantra pemikat, batu mulia dengan kualitas biasapun bisa naik kelas dengan bandrol harga fantastis (cenderung kurang masuk akal).

Padahal jika kita melihat perkembangan bisnis batu mulia di beberapa negara yang memang terkenal dengan batu mulianya, seperti Sri Lanka, di sana batu mulia menjadi obyek bisnis yang sudah sangat terstruktur. Baik ukuran, jenis serta kualitas batu telah mempunyai standar tertentu sehingga bisnis batu mulia bisa berjalan dengan baik bahkan menjadi salah satu komoditas ekspor Sri Lanka hingga saat ini.

Peluang Investasi Batu Mulia di Indonesia

Dengan potensi kekayaan alam yang begitu melimpah, Indonesia sudah pasti mempunyai peluang bisnis batu mulia yang tidak kalah dengan negera lain. Dan jika dipahami kembali, batu mulia seperti batu permata serta beragam batu akik tersebut merupakan komoditas tak terbarukan alias tidak bisa diproduksi. Proses pembentukan batuan cantik tersebut membutuhkan waktu yang sangat panjang bahkan hingga ribuan tahun. Itulah yang menjadi alasan utama mengapa batu mulia sangat cocok sebagai obyek investasi.

Namun seperti yang telah dibahas sebelumnya, kendala terbesar untuk menjalankan investasi batu mulia di Indonesia adalah cara pandang masyarakat sendiri. Dan jika ingin memulai tren investasi batu mulia, diperlukan pola pandang baru terhadap bisnis hobi yang satu ini.

Lalu bagaimana kah tips untuk memulai investasi batu mulia? Jenis batu seperti apakah yang cocok sebagai obyek investasi batu mulia?

Nah menurut saya pribadi mengenai jenis bukan masalah, asal tetap menjamin keaslian batu tersebut jenis apapun mampu dijadikan bahan investasi di masa depan. Menambahkan, menurut beberapa pengamat investasi, akan lebih baik jika kita berinvestasi pada batu mulia yang masih berbentuk bongkahan besar bahan mentah.

Baca juga: Mari Mengenal Investasi Emas Online Secara Cermat

Bahan mentah dalam bentuk bongkahan, utamanya yang mempunyai kualitas bagus mempunyai nilai yang terus terjaga dan terkesan masih orisinil. Jika nantinya terjual di masa depanpun, bahan tersebut dapat dioleh kembali menjadi ukuran yang diinginkan. Menurut saya pribadi jika memang rekan-rekan mempunyai pandangan investasi batu mulia, akan lebih baik jika mulia memperluas jaringan secara global. Karena seperti diketahui, di pasar global bisnis ini terbilang akan selalu stabil karena telah mempunyai standar tertentu.

Semoga artikel singkat ini bisa menginspirasi rekan semua, tidak hanya untuk berinvestasi di bidang batu mulia namun juga untuk obyek investasi lain yang lebih luas.

1 KOMENTAR

  1. Menurut saya,batu akik hanya bersifat musiman lae…
    Horas…Ribak sude

Tinggalkan Balasan