Beranda SEO Internet Marketer: Lupakan SEO, Buat Saya SEO Itu Menjebak!

Internet Marketer: Lupakan SEO, Buat Saya SEO Itu Menjebak!

Sudah-Kuduga-Internet-Marketer-Lupakan-SEO

Beberapa waktu yang lalu saya membaca sebuah artikel yang menurut saya cukup unik. Di artikel tersebut si penulis memaparkan hasil interview yang dilakukannya bersama dengan beberapa blogger dan internet marketer Indonesia, di mana salah satu narasumber (sebut saja Beni) mengatakan bahwa SEO itu menjebak.

Sebenarnya awal interview itu cukup memberikan pencerahan, di sana disebutkan bahwa kegiatan blogging harusnya menyenangkan, blogging itu harus bermanfaat bagi pembaca, topik blog harusnya disesuaikan dengan kemampuan si blogger, dan lain-lain. Namun, saya menemukan sesuatu yang agak ‘kontroversi’ di interview tersebut. Saya tidak bisa menemukan kata lain yang lebih tepat selain kata ‘kontroversi’, karena ini pernyataan dari seorang internet marketer.

Beni menyebutkan bahwa kegiatan blogging itu seharunya tidak perlu memikirkan hal-hal yang berhubungan dengan SEO. Menurutnya tidak perlu juga melakukan riset keywords/ kata kunci dalam kegiatan membangun konten di blog, dan membangun backlinks itu adalah sesuatu yang tidak penting. Blogging ya blogging aja, sekedar berbagi tentang perspektif Anda tentang hal-hal yang terjadi di sekitar Anda, dan juga berbagi tentang pengetahuan/ keahlian Anda. Lalu di bagian lain, Beni juga menyebutkan bahwa semua itu dikembalikan kepada tujuan kita membuat blog. Hmm…Saya harus bilang ‘Super Sekali’ ala Mario Teguh, karena Beni telah sukses membuat saya bingung.

 Dari interview tersebut, saya urutkan beberapa pernyataan Beni yang menurut saya cukup kontroversial;

  1. Semua itu dikembalikan kepada TUJUAN kita membuat blog
  2. Lupakan SEO, buat Saya SEO itu MENJEBAK. Blogging tidak perlu memikirkan keywords/ kata kunci. Backlinks itu adalah sesuatu yang tidak penting
  3. Blogger terperangkap oleh pendapatan online seperti Google Adsense dan PPC lain.

Anda pasti menemukan sesuatu yang saling bertentangan dari pernyataan Beni. Jika saja ini diucapkan oleh seseorang yang bukan dari kalangan internet marketer, saya akan acuhkan saja karena pernyataannya seperti orang yang tidak mengerti internet marketing. Tapi kalau pernyataan tersebut berasal dari seorang blogger sekaligus internet marketer, ini menjadi sesuatu yang bisa saja menyesatkan para pemula yang menjadi fans si Beni di bidang internet marketing. Kenapa saya bilang begitu? Saya coba jelaskan.

Artikel lain: Sebenarnya, Apa Itu Internet Marketing?

1. Apa Tujuan Membangun Sebuah Blog?

Saya mengacu pada pernyataan Beni yang menyebutkan “semua itu dikembalikan kepada TUJUAN kita membuat blog. Di beberapa artikel lain yang membahas tentang blogging, saya pernah menyebutkan bahwa setiap blogger pasti memiliki tujuan masing-masing dalam membuat dan membangun blog mereka. Ada blogger yang membuat blog sebagai tempat berbagi pengalaman, tempat curhat, berbagi pengetahuan, berbagi sudut pandang tentang sekitarnya, membuat blog untuk bisnis, dan ada juga blogger yang membuat blog untuk menghasilakan uang secara online (make money online) dari affiliasi atau PPC. Ya, itu semua kembali ke tujuan kita membuat blog.

Saya coba buat sebuah contoh sederhana. Anda adalah seorang pebisnis dan tujuan Anda membuat blog adalah untuk membantu mengembangkan bisnis Anda, misalnya Usaha Kecil Menengah (UKM). Dengan membangun konten di blog, Anda berharap akan semakin banyak pengunjung datang dari berbagai sumber, termasuk dari search engine. Tapi tentu saja Anda tidak akan mendapatkan trafik begitu saja dari search engine bila tidak memahami strategi SEO yang baik seperti apa.

Ok, bisa saja Anda membayar trafik dengan beriklan via Google Adwords, Facebook Ads atau sumber trafik berbayar lainnya, tapi apakah Anda mau selamanya tergantung pada iklan saja untuk mendapatkan trafik? Tentu tidak. Nah untuk mendapatkan trafik dari berbagai sumber, tentunya Anda juga harus mempertimbangkan trafik organik dari search engine, terutama Google. Dan ketika Anda menginginkan trafik organik dari Google, maka Anda wajib mengerti dan melakukan strategi SEO (search engine Optimization).

Jadi memang benar, kembali ke tujuan Anda membangun blog. Kalau tujuan blog Anda hanya ingin sekedar ingin menulis dan berbagi hal-hal yang berhubungan dengan passion Anda tanpa perduli trafik dari mesin pencari, maka lupakan saja SEO. Tapi kalau blog Anda dibuat dengan tujuan untuk membangun bisnis, maka SEO itu wajib dilakukan. Jangan pernah melupakan SEO untuk mengembangkan blog bisnis Anda, tentunya dengan strategi yang benar.

2. Lupakan SEO, Buat Saya SEO Itu Menjebak!

Menurut Beni SEO itu adalah sesuatu yang menjebak karena dia melihat sekarang ini banyak sekali blogger yang terlalu memaksakan diri mengoptimasi blognya agar cepat masuk halaman utama search engine. Tujuannya sudah jelas, supaya trafik blognya lebih banyak. Alih-alih mendapatkan peringkat yang baik di Google, blogger ini malah melihat peringkat blognya di Google semakin jeblok, atau parahnya deindeks. Tapi apakah benar SEO itu menjebak?

Kalau kita perhatikan, ada banyak blog/ website yang pada awalnya cuma blog biasa, namun setelah dioptimasi (SEO) dengan baik akhirnya memiliki peringkat yang baik di Google dan memiliki trafik yang besar yang akhirnya membuat blog tersebut terkenal. Begitu juga dengan blog-blog bisnis ecommerce, seperti blog Lazada dan blog bisnis online lainnya, mereka mengoptimasi blog mereka terus menerus dari sisi SEO. Di saat banyak pengusaha online dan internet marketer berusaha mengoptimasi website mereka dari sisi SEO, Beni justru mengatakan bahwa SEO itu menjebak. Sekali lagi saya harus bilang ‘Super Sekali’ ala Mario Teguh.

SEO itu adalah salah satu bagian dari internet marketing, walaupun bukan satu-satunya cara untuk mendapatkan trafik. Saya berasumsi bahwa Beni ini adalah internet marketer yang sama sekali tidak mengerti tentang SEO, atau mungkin dia pernah punya pengalaman buruk websitenya deindeks karena mempraktekkan SEO yang salah. Well, kalau kasusnya seperti itu saya bisa memaklumi pernyataannya. Namun sangat keliru bila dia mengatakan bahwa SEO itu menjebak, karena pada dasarnya SEO itu tidak pernah menjebak, tapi MINDSET kita tentang SEO lah yang menjebak sehingga melakukan strategi SEO yang salah.

Saya tahu bahwa sebagian dari blogger dan internet marketer tidak menerapkan SEO pada blog mereka. Itu sah-sah saja. Memang benar, SEO itu bukan hanya tentang keywords dan backlinks, tapi juga berhubungan dengan authority dan beberapa hal lainnya. Namun, menurut saya, bila kita membuat dan membangun blog untuk bisnis atau make money online (PPC & Affiliate), sebaiknya jangan pernah melupakan SEO. Bukan berarti kita harus terpaku pada SEO, tapi konten pada blog bisnis kita bisa dibangun dengan menerapkan strategi SEO yang sederhana. Itu kembali ke tujuan Anda membuat blog.

Baca juga: Apa Itu SEO & Apa Manfaatnya Bagi Sebuah Bisnis?

3. Blogger Terperangkap Oleh Penghasilan Online Seperti Google Adsense

Bila saja pernyataan ini disebutkan oleh seorang travel blogger, pasti akan beda ceritanya. Tapi karena pernyataan ini dilontarkan oleh seorang blogger sekaligus internet marketer, orang yang paham bahwa blogging for money itu adalah salah satu bentuk internet marketing yang wajar, menurut saya ini adalah sebuah pernyataan yang absurd.

Saya sangat setuju bahwa seorang blogger sebaiknya menulis hal-hal yang memang berhubungan dengan passion, keahlian, pengetahuan, dan hal-hal lain yang menjadi minat kita. Memang banyak sekali blogger yang melakukan riset kata kunci terlebih dahulu sebelum membuat konten yang sesuai dengan minat mereka, tapi ini bukan berarti mereka adalah ‘budak’ Google seperti yang disebutkan oleh Beni. Bagaimana kalau passion si blogger memang tentang bisnis online, make money online, Google Adsense, etc, tidak salah kan mereka membuat blog dan ingin menghasilkan uang dari Google Adsense atau affiliate? Menurut saya terlalu ‘dangkal’ bila kita menghakimi orang lain dengan mengatakan seseorang itu ‘budak’, padahal kita sendiri bukanlah orang yang paling benar.

Passion + riset keyword + konten = money, bukankah itu sesuatu yang baik? Kombinasi antara keahlian/ passion dalam hal tertentu, ditambah kemampuan menentukan kata kunci untuk konten, membangun konten yang sesuai dengan keahlian/ passion, sekaligus menghasilkan uang dari konten-konten di blog tersebut. Sama sekali tidak ada yang salah di sana, semua ini adalah proses belajar dan menikmati passion mereka sekaligus menghasilkan uang dari sana.

Kecuali Anda melakukan kegiatan blogging tanpa arah, desain blog asal-asalan, membuat konten asal-asalan, backlink sana sini, SPAM link sana sini, lalu ingin menghasilkan uang dari blog asal-asalan itu. Kalau kasusnya seperti itu, mungkin Anda blogger MATRE yang memang ‘terperangkap’, terperangkap dalam mindset yang salah.

Baca juga: Ini Ahli, Pakar, dan Master SEO di Indonesia

Kesimpulan:

Hobi blogging itu memang seharusnya memberikan kesenangan tersendiri bagi si blogger, tidak perduli Anda masuk kreteria jenis blogger apa. Mungkin Anda hanya suka menulis tentang passion, mungkin juga Anda suka menulis tentang minat Anda dan ingin menghasilkan bisnis dari sana. Itu kembali ke diri sendiri.

Dan kalau kegiatan blogging sudah masuk ke strategi internet marketing, maka ini sudah berhubungan dengan bisnis online dan make money online, maka trafik blog, riset keywords, backlinks, dan hal-hal yang berhubungan dengan SEO akan menjadi sesuatu yang penting. Jadi, kembali ke tujuan kita membangun blog. Semoga artikel ini bermanfaat.

228 KOMENTAR

  1. saya setuju banget sama pendapat ini, soalnya rata-rata blogger pemula skrg terlalu memaksakan Seo, pdhl mereka blm bener bener pandai mempraktikkannya.

  2. Wah, seru sekali pembahasannya. SEO memang terus tumbuh dan terus berubah. Yang tidak berubah, ya SEO itu sendiri. Tetapi, faktor-faktornya terus berubah dan berkembang.

    Buktinya, Google selalu mengadakan pembaharuan aturan tentang SEO. Inginnya Google memberikan pelayanan terbaik kepada pembaca atau pelanggannya. Tetapi, ada juga orang-orang yang curang dengan SEO.

    Di situlah google selalu mengembangkan dan memperbaharui per-SEO-an untuk menyeleksi blog-blog yang curang. Misalnya ada SEO yang trend tahun 2010 sangat populer, kini tidak berguna lagi dan seterusnya.

    Saya pikir, SEO tetap penting. Tetapi, sebagian faktornya akan selalu mengalami perubahan. Bisa jadi, ada yang dulu penting kini harus ditinggalkan. Terima kasih.

  3. SEO itu memang penting tapi jangan pernah melupakan kualitas konten,trik SEO yang saya terapkan sih sangat sederhan:membuat judul yang menarik,link aktif ke ditus lain,gambar.gambar itu lebih penting karena kebanyakan orang suka melihat gambar ketimbang tulisan,biasanya orang terlebih dahulu melihat gambar sebelum tulisan.untuk menjadi nomer 1 di googele saya rasa tidak kebagian tempat ama blogger senior

  4. bener juga sih klw kita mikirin seo malah ga kelar kelar tulisan

  5. SEO memang perlu kerja keras, memakan banyak waktu dan pikiran, tapi akan memberikan hasil positif dikemudian hari, termasuk uang karena website bisa tampil di halaman 1 google,

    mantap ulasannya,

  6. SEO bukanlah hanyalah salah satu cara dalam internet marketing, jadi ya kurang optimal kalau memasarkan suatu produk atau jasa hanya mengandalkan SEO. Lihat dong tuh Google aja masih pasang iklan di TV

  7. Liburan Bali Lombok

    memang seo itu bikin pusing , tp tetep kalau mau no 1 di google harus kerja keras .

  8. Keren Ulasanya. Bagi saya seo adalah satu syarat mutlak bagi pebisnis yang sumber buyernya Lewat media Online.

    Keren Ulasanya pak. Thanks

  9. Ulasan bapak luar biasa. Bagi saya seo ( sesuai term) adalah segalanya untuk para pebisnis yang salah satu sumber buyer nya melalui dunia online. Bahkan ketika salah satu keyword saya jatuh, jatuh pula pendapatan saya hahahaha…

    Thanks you pak max apa pak man ini?

    • Sebaiknya sumber trafik jangan hanya dari SEO mba Mutiara. Kombinasikan juga dengan sumber trafik lain, misalnya Google Adwords atau Facebook Ads

  10. Apa orang ini benar – benar Internet Marketer yang masih waras? Atau jangan – jangan pernyataan “SEO itu menjebak” terlontar karena frustasi atau kecewa karena belum berhasil menyelami SEO? Saya pernah menulis artikel “Bercintalah dengan kualitas, lupakan SEO magic”. Tapi harapan saya lewat artikel itu adalah supaya para blogger fokus pada kualitas bukannya SEO sesat Sebab saya memahami SEO dengan sangat sederhana yaitu kualitas.

    Namun demikian, sebaik apapun kualitas konten yang dibuat tetap memerlukan yang namanya riset kata atau frase kunci kecuali tujuannya membuat artikel hanya untuk diri sendiri saja. Saya turut mengakui pernyataan, ” SEO itu menjebak” sangat vague. “Mengagumkan” ala Google.

  11. nomer 3 biasanya yg sering dijadikan motivasi ngeblog. dan… biasanya hasil diluar keinginan bisa bikin setres. hihi

    artikel yang menceritakan fakta yg terjadi mas, cocok dibaca calon blogger dan pemula kyk saya. thks

  12. Artikelnya sangat menarik membuat saya bingung :D

    baik om beni, tak pikir2 dulu pendapatnya..

  13. SEO itu menjebak? SEO itu salah satu faktor penting keberhasilan sebuah blog/website pak beni..hahaha..artikel yg menarik gan.

  14. Wew, SEO itu menjebak yha gan? sudah kuduga gan (y) heheehehh

  15. Lupakan SEO, Buat Saya SEO Itu Menjebak! waduh jadi intinya harus bagaimana nih kalau kejadiannya seperti begini supaya web atau blog saya naek kelas..

  16. SEO itu menjebak?

    Hmmm.. sudah kuduga. Hahaha.

  17. ilmu SEO itu wajib bagi publisher,,, ksenangan itu bisa di dapat jika sebuah pasion atau hobi dihargai,dengan kata lain dapat menjadi arus kas bagi penulis. salam

  18. Sangat bermanfaat pak. tapi karena sya seorang internet marketer tentu jg memikirkan SEO donk hehe,, tapi itu tadi kembali ke tujuan masing2 blogger..

    thanks artikelnya pak

  19. terimakasih banyak atas artikelnya ternyata saya di pikir-pikir ko saya menjadi budaknya google ya, daripagi sampai malam mau tidur saya selalu memikirkan apa itu yang namanya seo…
    terimakasih banyak ya….

  20. mantap….
    artike yang membuat cara pandang saya berubah mengenai apa itu seo

  21. Artikel saya tidak bagus dan masuk dalam persaingan kata kunci yang tinggi di search engine.
    Hal tersebut menjadikan SEO sangat penting. Tapi jujur saja, kalo bicara SEO, kepala saya seperti mau pecah. karena seringkali artikel yang masuk di pejwan langsung lenyap ketika kata kuncinya lagi booming.

    Menurut saya bung Max termasuk suhu SEO Indonesia. karena hal tsb bisa dilihat di Alexa Rank yang (cuman) 37.9K….. hahahaha

    Salam

  22. Salam kenal mas,, mas kan sering wawancara internet marketer atau para blogger nih, saya juga penasaran nih sama si mas, pgen sekali wawancara lgsg sii mas ini .. pasti blogger atau visitor disini juga sama seperti saya punya rasa penasaran juga hehehe

  23. sepakat..membuat blog harus dilihat tujuannya buat apa?

  24. wah, menurut ane ya MUNGKIN ya dimaksud menjebak itu adalah bagi pemula seperti ane yg turun ke dunia blogging dan ingin tau tentang SEO dan usaha mati matian agar masuk google halaman pertama namun gagal. dan ane setuju banget sama admin, memang semuanya adalah saling berkaitan satu sama lain dan tidak dapat dipisahkan antara internet marketing di blog website maupun SEO karena jika tidak seimbang maka jalannya juga doyong.. heheheh..

  25. Info yang menarik kak,,, khusus nya bagi blogger pemula spt saya tidak terpaku lagi dengan SEO itu…. mantab kak…. :-)

  26. mungkin memang harus gitu. yg menetukan adalah pasar

  27. Ihsanarena.com ~ Informasi Teknologi

    Kembali ke tujuan ngeblog itu apa? Kalau buat cari earning penting banget SEO itu, kalau sekedar nulis ya ndak pentiNG Seo. Lagian SEO itu relatif…

  28. “Blogger terperangkap oleh pendapatan online seperti Google Adsense dan PPC lain”
    kalo saya gak peduli yang beginian yg penting ngeblog walaupun isinya gado2 dan mau cari duit dengan cara saya sendiri

  29. saya blogger pemula, sebenarnya saya jd bingung dgn statement tsb, tapi skrg saya sedikit paham, thnx gan,,

  30. bolehlah… baru tahap belajar memahami nih…

  31. Setuju sekali dengan pendapat internet marketer Bung Beni, kebanyakan dari kita sudah menjadi BUDAK GOOGLE ! Padahal apa sih yang kita dapat dari Google ? Secara tidak sadar kita hanya terus-terusan membesarkan Google ! Adsense ?? Unjuk jari, siapa yang sudah dapet min $1000 per bulan dari Adsense Indonesia ! Ya paling cuma Bung Marixkon saja kan ??

    • Banyak lah Kang Jajang. Teman-teman blogger lain banyak kog yang penghasilannya di atas $1000 per bulan. Bahkan ada beberapa blogger Indonesia yang penghasilannya yang di atas $10.000 per bulan :)

  32. mas itu gambarnya ngeri, perlu disensor dikit. wkwkwkwk

  33. kalau bagi saya pribadi membuat artikel yang berkualitas sudah merupakan bagian dari SEO

  34. Setuju, SEO sangat penting bagi internet marketer :)

  35. Menarik nih.
    Pemikiran nya ga beda jauh sama Brian Dean (baclinko).
    Pada nyatanya, seo tanpa konten yang bagus = 0
    tapi konten yang bagus tanpa promosi yang tepat sasaran juga sama aja :)

    jadi konten yang bagus aja masih jauh dari cukup juga sebenarnya

  36. Sebuah pemikiran yg kritis dan membangun. Jadilah Blogger yg profesional dan mencerahkan, mantapp gan, Lanjutkan! Moga sya sukses seperti Anda. Star Action!

  37. Nugroho Atma Hadi

    Saya setuju bahwa konten yang bagus itu penting. Hal ini sesuai dengan apa yang saya baca di panduanim.com

  38. Wisata Halimun Indonesia

    Saya mengulang ‘Super Sekali’ ala Mario Teguh. menulis adalah expresi seseorang atas emosi dan pikirannya dan sangat benar sekali ketika menulis harus terbebas dari kerangka yang membatasi sebuah expresi dalam mencipta sebuah tulisan. banyak buku-buku terkenal dan populer tidak dibatasi oleh kata kunci.

    nah looh disinilah letak nya, ketika kepentingan uang dan popularitas mendominasi maka kita dijebakan dengan kata-kata kunci dalam mencipta sebuah karya tulis, seorang penulis yang baik seharusnya memang tidak dijebakan atau menjebakan diri dengan belenggu kata kunci sehingga expresi emosi dan ilmu dalam menulis akan utuh.

    ini hanya berbagi, salam sahabat

  39. Karena blog saya bertujuan untuk mendapat penghasilan tambahan, FIX SEO itu penting!

  40. semuanya tergantung dari tujuan seseorang membuat blog …. kalau saya sich ngeblog adalah memberikan informasi yang bermanfaat bagi pembacanya

    • Setuju. Bikin blog emang harus memberi manfaat.
      Dan jauh lebih bermanfaat jika yang baca banyak. Tapi kalau yang baca gak ada?

  41. Benar sekali Gan. Sebelum saya terapkan optimasi mesin penelusuran pada web, traffic-nya jauh dari harapan walaupun konten sudah saya seleksi. Sedangkan tujuan awal buat web adalah untuk perkenalkan daerah dan produk kami jadi mau tidak mau penerapan SEO jadi keharusan.

  42. Serius tuh mas?bukannya 90% internet marketer seo itu nyawa yak?

  43. iya mas banyak sekali sekarang jasa seo yang bilang bisa tapi kenyataan nya nol besar..

  44. Artikel yang cukup bermanfaat dan update terus gan

  45. Kalau saya membuat blog itu tujuannya untuk berbagi pengetahuan sekaligus buat mengembangkan bisnis, dan SEO itu cukup penting. Namun yang lebih penting lagi adalah konten. Dan kebanyakan blogger membuat blog untuk mendapatkan penghasilan, terutama di Google Adsense, termasuk juga dengan saya.

    • Pastinya, konten memang selalu yang harus diutamakan. Kalau konten sudah bagus, proses SEO offpage akan jauh lebih mudah

  46. Sekarang ini AdSense adalah mimpi besar di abad informasi

  47. saya suka gambar di artikel ini..
    hmm.. sudah kuduga…
    apa ini salah fokus?

  48. Benar apa tidak kalo SEO itu menjebak?

    Menurut aku ada benarnya juga, itu tergantung dari sudut pandang mana kita melihat.
    Sebagai contoh, sudah beberapa hari ini aku pengen belajar apa itu SEO?, bagaimana caranya dan apa saja manfaatnya?
    Sampai aku menemukan artikel ini, hehe…. ternyata benar, aku terjebak dengan SEO. Artinya aku sampai saat ini belum mengerti secara pasti apa itu SEO apalagi teknik SEO dan cara menggunakannya karena begitu banyak aku mampir di beberapa blog yang berbeda2 cara penyampaiannya membuatku semakin bingung dan belum bisa berbuat apa-apa untuk menaikkan traffik dari blog gratiskabeh.com punyaku ini.
    Tapi aku semakin semangat untuk blogging setelah meninggalkannya selama kurang lebih hampir 3 tahunan.
    Thanks ya.
    Maju terus

  49. Siang, Mas…
    Saya belum paham dengan konten artikel ini ? Pertama; Mengapa sebagai blogger harus tinggalkan tehnik seo ?
    Kedua; Seo merupakan salah satu langkah awal untuk keseriusan blogger agar seseorang mencari produk yang diinginkan tanpa harus beriklan di pihak kedua atau ketiga (contoh ; iklan baris, atau ppc), Mengapa seo itu dikatakan menjebak ?
    Sangat bertolak belakang bila maxmanroe.com pada postingan yang sudah-sudah yaitu manfaat seo untuk bisnis Anda, nah sekarang kok beda..?
    Barang kali hanya itu unek-unek dari saya. Mohon maaf bila ada sesuatu yang kurang berkenan..

    • Berarti Anda ga baca artikelnya, cuma baca judulnya. Monggo dibaca dulu mas artikelnya baik-baik

      • Bener bang Robbie Ismail, baca dulu sampe ujung sebelum komen. Biar tidak membingungkan yang sedang bingung seperti aku hehe.

  50. SEO tetap penting, tapi ada yang lebih penting yaitu konten yang berkualitas dan original, no copas …

  51. Ma'ruf Falah Nurdin

    saya kenal sama orang ini

  52. sangat membangun seperti saya sebagai blogger pemula

  53. saya pernah bereksperimen dengan membuat situs asal asalan tanpa memperdulikan seo bahkan untuk struktur data testing tool saja tidak lolos,…
    satu satunya seo yang saya lakukan hanyalah membuat konten berkualitas setiap hari , dan mendfaftarkn ke webmaster tool, sambil submit setiap ngepos,..
    alhasil 3 bulan berjalan visitor saya bisa mencapai 25 sampai 50perhari…
    untuk yang tidak percaya bisa klik nama pada komentar ini, disana saya sudah pasangkan alexa widget untuk membuktikan jika anda tidak percaya

    sedangkan situs satunya saya benar benar perhatikan seo nya mulai dari hal terkecil dan hasinya selama 6 bulan pengunjung saya hanya bisa mentok diangka 250 visitor perhari…
    sama saja kan? ini membuktikan jika seo bisa berguna jika dimanfaatkan dengan tepat…tapi juga bisa tidak berguna sama sekali…!! jadi stop membuang buang waktu hanya memikirkan seo.

  54. www.berwirausaha.net

    saya pernah bereksperimen dengan membuat situs asal asalan tanpa memperdulikan seo bahkan untuk struktur data testing tool saja tidak lolos,…
    satu satunya seo yang saya lakukan hanyalah membuat konten berkualitas setiap hari , dan mendfaftarkn ke webmaster tool, sambil submit setiap ngepos,..
    alhasil 3 bulan berjalan visitor saya bisa mencapai 25 sampai 50perhari…
    untuk yang tidak percaya bisa klik nama pada komentar ini, disana saya sudah pasangkan alexa widget untuk membuktikan jika anda tidak percaya

    sedangkan situs satunya saya benar benar perhatikan seo nya mulai dari hal terkecil dan hasinya selama 6 bulan pengunjung saya hanya bisa mentok diangka 250 visitor perhari…
    sama saja kan? ini membuktikan jika seo bisa berguna jika dimanfaatkan dengan tepat…tapi juga bisa tidak berguna sama sekali…!! jadi stop membuang buang waktu hanya memikirkan seo…

  55. PERMATA PULSA MURAH

    Benar juga kata mas jika dipikir, memang SEO tidak pasti,.. tetapi juga tida untung juga jika kita buat blog tanpa memperhatikan teori ini,… terima kasih,.. info-info disini benar-benar sangat menarik,..

  56. intinya adalah beliau mencoba menguji mental pembaca . apakah bertahan atau tidak dengan dunia bloging

  57. Tinta Murah Surabaya

    Setuju dengan pedapat mas muttaqin. SEO memang susah di tebak, karena hanya Google yang mengerti aturan mainnya. Selama ini kita hanya mengikuti “pakar2” SEO yang mungkin blog nya sering/sudah peringkat 1 google. Menurut saya, tetap gunakan basic2 SEO seperti riset kata kunci + konten berkualitas, juga perbanyak relasi antar sesama blogger. Btw, artikel diatas sangat menarik sekali :) terimakasih mas maxmanroe :)

  58. Mungkin artikel ini juga menjebak, he.

  59. isi pulsa online

    betul sih tapi susah banget buat lupain seperti sudah mendarah daging yang namanya seo itu

  60. David Donika Panjaitan

    Sangat memberikan masukkan yang baik, dan menjahui persepsi yang salah dari master blogger abal-abal. hehehe Thx infonya gan.

  61. Pada dasarnya seo tetap diperlukan apapun jenis websitenya karena bagaimanapun juga anda butuh pengunjung. Apakah anda mau jika anda membuat blog dengan tujuan hobi atau berbagi info tapi pengunjungnny hanya anda. Situasinya akan beda jika anda orang terkenal macam syahrini maka seo bisa dikatakan tidak diperlukan karena hampir pasti website atau blognya bakalan ramai dikunjungi fansnya

  62. hahaha.. tpi wlaupun bgitu dia sdah suskes bg

  63. Ya… Menurut saya memang pemahaman SEO itu perlu. Percumaa punya blog kalo gak tau cara optimasinya. Blogger makin banyak bro…

  64. mungkin internet marketernya lagi berusaha untuk membuat blogging itu murni blogging karena minat, kalo menurut saya ya susah sekarang mana ada bloger yang bisa benar2 blogging tanpa mengharapkan imbalan??
    sedangkan kegiatan blogging saja membuatuhkan biaya

    tapi ada si kata kata yang menurut saya logis, tentang blogging itu seharusnya menyenangkan, mungkin maksudnya boleh berusaha maksimal tapi jangan melupakan hal lain,

  65. newbi mau nanya ya..tapi tanpa seo kira-kira banyak di kunjungi orang gk ya, bukanya blogging itu lebih nikmat lagi kalau banyak pengunjung.

  66. terlalu membuang-buang waktu untuk membaca teknik seo, lebih baik terus berkarya menulis artikel agar banyak pembaca yang memperoleh manfaat dari artikel tersebut.
    pengunjung ingin mencari solusi terhadap permasalahan yang ia hadapi, makanya dia mencari solusi tersebut lewat internet. kalau artikel kita relevan dengan apa yang dibutuhkan makan otomatis akan di rekomendasikan oleh simbah.
    jika salah ya maap, sekedar menyampaikan unek-unik karena bosen belajar SEO…

  67. Di baca dengan kepala dingin. Menurut saya intinya kembali ke tujuan membuat web. Klo tujuan membat web adalah sebagai sarana bisnis, SEO memang penting. Jika tujuan membuat web adalah sebuah hobi atau sarana informasi, SEO di nomor sekiankan.

    • Setuju bang, makin kesini kok saya liat banyak blog dengan artikel Hoax bergentayangan Demi adsense :D . SEO perlu untuk bisnis.. dan SEM juga penting ketika baru buka bisnis.

  68. Seo… akhir2 ini saya bingung algoritme google 2016…
    Benar penjelasan sampean mas…

    Gimana lagi kalau gak lake seo agar bisa berjualan…

    • SEO hanya satu dari sekian banyak cara promosi di internet. Selain SEO, yang populer itu promosi bisa via Facebook, Instagram, Google Adwords, BBM Ads, YouTube, dan lain-lain.

  69. Super sekali topiknya !

    memang semuanya kembali lagi pada si blogger, mau buat blog untuk kepuasan sendiri atau dapat $

    tapi ya di jaman sekarang yang sudah serba canggih pasti banyak blogger yang ingin mendapatkan $, toh banyak juga anak muda sekarang yang meninggalkan pekerjaan dan menjadi blogger, seperti saya hehehe

    anyway happy blogging

  70. SEO bikin pusing kalau dikejar-kejar terus, ada konten yang dah bagus tapi peringkatnya gak bagus. Backlink juga dah bagus onpagenya gak bagus, banyak faktornya.. pusiiiiing :)

  71. Mantap mas!!, Selain itu tanpa SEO blog yang kita kelola takkan pernah dikenal orang lain..

  72. benar sekali, terlalu menganggap SEO itu harus dan selalu melakukan apapun untuk nya itu tidaklah bagus. kita sebagai blogger ngga harus merasa terkekang dengan SEO sampai terjebak di dalamnya ..

  73. Mia-infohamilcepat

    Memang jadi agak membingungkan ya mas ,tetapi saya masih memakai cara yang lazim saja ,dengan keyword pilihan. Tks.

  74. Duh, supeer skali bang, Apalagi saya sebagai blogger yang baru belajar saya slalu trpokus kepada seo seo dan seo. bikin mumet. xiiii. salam kenal :)

  75. masih perlu belajar banyak di web ini..infonya sangat berguna,,selalu mengikuti

  76. Betul tuh.. tp klo lagi ikut kontes seo, modal content saja cukup lemah..

  77. Setuju sekali sama tulisan ini, ada tim penulis saya yang begitu belajar SEO justru tulisannya jadi tidak natural dan terlalu memaksakan kata kunci, huruf miring,bold dan aspek2x “onpage” lainnya yang malah mengurangi kenyamanan pembaca. Blogger atau penulis konten harusnya menulis buat manusia,bukan fokus ke konsumsi Google Bot saja….

  78. Ahaa…SUPER SEKALI artikelnya :)
    Saya tidak anti SEO dan juga tidak di perbudak SEO.

    Saya kurang menguasai tentang SEO, namun sebagai blogger saya mencoba berusaha dan terus belajar bagaimana menjadi blogger yg baik, menurut saya SEO penting tapi jangan juga terlalu di perbudak. Banyak manfaat dari SEO setelah saya belajar memahami dan ini sudah saya rasakan dampaknya…

  79. Tersinggung nih mas. Hehehe.

  80. Kalau udh website profesional berkata demikain, yah mau gimana lagi.
    oke saya off mikir SEO yang penting tulis, mau panjang atau pendek, mau di index atau ndak terserah google lah, yang penting tulis,
    tulisan saya jelek? sewoot… yang jelek tulisan saya juga.

  81. Saya memang masih newbe dalam SEO, tapi dari apa yang telah saya pelajari dari beberapa blogger2 sukses, menerapkan SEO pada blog itu sangat penting, sama pentingnya dengan menulis “konten yang berkualitas”. konten berkualitas + SEO merupakan 2 hal yang seharusnya sejalan bersama dan saling mendukung layaknya sepasang kekasih he..he.he… mungkin bro Beni punya trauma tentang SEO makaya dia berpikir seperti itu. Thanks.

  82. www.gudegjogja.com

    menarik sekali gan isinya
    kok bisa dia melontarkan argumen seperti itu
    heran gan ane

  83. kalo ada yang bilang ngeblog bertahun-tahun tapi tujuan utama bukan nyari uang, saya pastikan dia munafik…saya sendiri merasakannya… tujuan utama saya ngeblog adalah uang.. saya memang bukan tipe orang yg hobi menulis,,karena gak punya uang terpaksa nyari penghasilan lewat blog…alhasil terbiasa nulis..

    sekali lagi kalo tujuan utama ngeblog bukan uang,,mungkin dia udah lama ngebangun blog tapi belum juga menghasilkan uang, makanya alesan dia ngeblog bukan nyari uang buat nutupin usahanya

  84. menurut saya SEO itu juga penting dalam dunia blogger, namun yang lebih penting lagi adalah kualitas konten yang kita bagikan kepada publik. SEO-Konten keduanya saling berhubungan.

    Salam blogger untuk semuanya :)

  85. Kebanyakan orang memikirkan SEO padahal kontenlah yang menjadi raja.

  86. saya pakai SEO selalu pada halaman pertama..Maklum Masih SD Hhe

  87. cukup menarik sekali judulnya, kalau menurut saya pribadi itu semua dikembalikan pada tujuan awal pembuatan blog, untuk mencari uang atu sekedar menuliskan pengalaman pribadi di blog..

  88. Ilmunya bagus, tapi terlalu berat untuk di pahami. Harus langsung studi kasus baru bagus kayaknya. saya lagi perdalam ilmu seo dalam blogger

  89. ngeblog itu passion, kalo emang bisa dapet dollar anggap aja itu bonus karena kita sudah memberikan informasi, hehehe

  90. Dan bisa jadi ketika kita memulai blogging dengan tidak memperdulikan SEO ataupun sejenisnya, tulisan akan terlihat sangat natural karena tidak terjebak harus terpaku dengan kata kunci yang mungkin sudah dibantu oleh mesin pencari google.

  91. Pada Jaman Dahulu kala membuat Blog memang tujuan utamanya adalah saling berbagi pengalaman, tempat curhat, berbagi pengetahuan, berbagi sudut pandang tentang sekitarnya. Tapi Itu semua berubah saat negara api Menyerang (GA) dan Mengiming imingi Fulus agar mau dipasangi iklannya. Kini Mindset sebagian besar Blogger bisa dikatakan berubah menjadi diperbudak oleh Fulus Hanya mengejar Earning Semata

  92. Super sekali !!!
    alasan gua ngeblog juga karena tergiur dollar.. jika blog yang semakin baik otomatis hasil yang diberikan juga semakn baik.:)

    Benar ! untuk blog sebaiknya dengan fashion kita ketimbang harus menjadi budak Google, hanya saja kita butuh perjuangan untuk mempromosikan blog atau artikel kita agar mendapat pageview yang baik di google. :D

    keep blogging., :D

  93. saya malah ngga baca isi artikel ini malah kejebak dengan meme sudah kuduga. siapa dia sebenarnya kok sering jadi meme :(

  94. kkk..lucu juga lu mas…nampilin artikel kek gini brusakakaka

  95. menarik artikelnya mas… ada yang menjungjung tinggi seo ada juga yang tidak mementingkan seo:)

  96. tutorial terbaru blogger

    memang klo baru belajar bikin blog memang lebih baik dari kesukaan kita, nantinya akan mengalir juga, kita akan jadi bisa menulis artikel yang kita sendiri tidak tau harus memulai dari mana. klo untuk riset saya mengalir sajah bis bingung cara mainnya hehehe, ngomong2 itu foto sapah kayaknya terkenal

  97. Mungkin maksudnya baik gan. Biar gak ada saingan. :p

  98. Super sekali…. SEO yaa… tergantung tujuan awal membuat website/…

  99. hati hati dalam bermain SEO jangan terlalu banyak manuper menggunakan Tool nanti Imbasnya akan berpengaru sama yang lain jika ketauan Google. dan ini pun pernah terjadi di tahun tahun lalu. lebih baik bermain aman dan organik tanpa bahan itu ini istilahnya ma

  100. pada awalnya juga heran lihat judul diatas, tapi setelah dibaca poin pertama dan ke-2 itu memang benar, tapi klo untuk mencari keuntungan dari Ads SEO perlu banget, capek kalau menulis saja tanpa ada imbalan. makanya banyak template dibikin seo kaya’ punyaku sempit…

  101. Super sekali artikelnya, mengkritik seorang internet marketer yang berbeda haluan seo

  102. yani nurhastuti

    nice info ,terima kasih untuk artikelnya yang sangat membantu…….

  103. yani nurhastuti

    terimakasih atas infonya gan,terutama bagi saya yang newbie

  104. Kaget banget pas baca judul ‘Lupakan SEO, Buat Saya SEO Itu Menjebak!’ langsung berpikir loh kok bisa? Tapi, setelah baca artikelnya emang ada benernya juga si, tapi ya gimana lagi SEO memang sudah sangat terkenal bisa menaikkan traffic user, ya semoga banyak yang membaca artikel ini jadi orang lain juga bisa dapat pencerahan wkwk. Keep posting kang monroe, nice post! :D

  105. Terima Kasih Atas Ilmunya Bermanfaat Sekali, Meski Terjebak dengan Judulnya

    Artikelnya CUkup Bermanfaat

  106. antonytriwidian

    Salam Super .
    ane Jadi pusing nih banyak kan orang mecari seo agar iklan nya penjadi paling teratas . tetapi dibahas disini seo gak penting .mana yang bener nih maklum ane baru pemula jadi minta saran nya. kalau bisa lewat video buktiin kalau seo tu menjebak . biar saya bisa paham semuanya , biar gak kejebak . trim

    salam kenal

    anton

  107. Super sekali, ala mario teguh..

    sangat menarik artikellnya, sempat membuat saya down ketika menaca judul artikel, maklum masih pemula….

  108. Solusi Hipertensi

    Tiap poin ada jebakannya…

    Bagi amatiran, ada yang memang hobi menulis. Eh…tahu-tahu berkenalan dengan adsense. Jadi hobi yang dijalani menjadi berbayar.

    Ada juga, kejar earning dulu. Motivasi cari penghasilan, setelah dapat earning. Eh…malah merasa asik dengan kegiatan yang menghasilkan ini.

    Semua, bisa menemukan jalan ini. Tahap finishnya, mungkin adalah membuat pekerjaan ini menjadi bermakna.

  109. Pada poin 3 ttg Adsense, Menurut Om Manroe masih relevan dan andalankah platform iklan itu dengan banyaknya tool untuk memblokir iklan yg dipasang para pengguna internet?

    • Masih dong, pengguna tools blokir iklan sangat sedikit mas dibanding dengan yang tanpa tools itu. Biasanya yang pakai tools blokir iklan itu sudah melek IT dan tidak suka dengan tayangan iklan di web. Yang pasti, kita sebagai pemilik website juga harus menjaga kenyamanan pembaca…jangan memasang iklan pop up terlalu berlebihan

  110. para blogger tidak tergantung pada teknik seo tetapi seorang blogger itu menitik beratkan pada sebuah artikel yang bermanfaat untuk orang lain

  111. Paket Wisata Bandung

    Betul gan… mungkin Bang Beni ini ada permintaan dari pengusaha yang ingin websitenya cepat naik dan nanti dapet bonus ratusan jeti kalo bisa ngebikin tuh websitenya di halaman pertama gugel, trus jangan pake jasa iklan gitu harus asli dari seo gitu. Taunya gagal ketauan ama ‘Suhu Panda’ langsung aja kena banned. website ambruk, si pengusaha nuntut ganti rugi tuh websitenya.

    Gitu kalee kasusnya…

  112. Menarik, Semuanya guru bagi saya, baik blog ini atau beni yang dibicarakan.

    Yang saya tangkap dari guru saya bernama Beni ini, Maksudnya menurut pandanngan saya dikhususkan sebenarnya untuk pemula atau untuk yang awal ngeblog. Pemula Jangan diberatkan dan pusing2 SEO diawal karena jika di awal sudah diribetkan oleh SEO akan membuatnya malas nge Blog, seiring dengan perkembanganya dia akan belajar SEO juga, ini yang saya alami selama ngeblog.

    Saya juga setuju dengan Blog ini SEO penting, apalagi kombinasi ini Passion + riset keyword + konten = money, saya sekarang persis melakukan hal ini.

  113. akhir2 ini lg cari info soal seo terbaru, iseng2 gw berkunjung ke blog lo max, n lihat foto imagenya itu si “sudah kuduga”. tapi kaget pas baca titlenya, gw setuju banget sama pendapat lo, dan setuju apa tujuan membuat blog itu sendiri, baik konsumsi pribadi, sekedar share, ataupun untuk peluang bisnis. Semua itu gak bisa dipahami dengna memukul rata.

    Regards
    Lutfi Yu

  114. Saya Setuju banget ini, Pengennya sih blajar nulis sesuai passion kita ,. Prinsipnya gini aja, Mau website kita di datangin visitor yang banyak atau visitor datang ke website kita dengan sendirinya karna memang tertarik dengan isi konten dari website tersebut. lebih baik mana ?.

  115. Mungkin beliau lagi habis diputus sama pacarnya kali mas, jadi galau tuh. Maunya bilang pacar itu gak penting tapi berhubung di pertemuan ya jadinya seo itu gak penting, menjebak. Haghaghag

  116. ekspedisi murah

    Menurut saya SEO sangat penting sekali karena di situ adalah nyawa sebuah web asal penggunaannya tidak serampangan membabi buta untuk bisa nomer 1 di halaman google semua di paksakan

  117. SEO itu penting, konten juga penting (Content is King). Sebenarnya antara konten dan SEO itu 11-12, konten original tanpa di imbangi dengan keyword yang bagus, tetap akan kalah dengan konten yang di SEO-kan di mata Search Engine walaupun sama-sama original content. Ini sudah dapat diPASTIkan hasilnya berbeda di search engine (menurut saya). Jadi, kalau membahas SEO itu “menjebak” ala si Beni, pandangan itu saya kurang setuju bro. Ibarat kita hidup di kasih namanya alat indera, ada anggota tubuh, ada otak/pikiran. Kita bisa tahu jalan itu lurus dan ga kecebur kali karena punya mata/perasaan untuk memilih jalan. Bagaimana kita jalan tapi biar ga kena paku, ya pakai sandal/sepatu, bagaimana kita jalan biar sampai duluan di tujuan, pakai mobil jika biasanya orang-orang pakai sepeda, atau berlari jika biasanya jalan kaki, atau cari waktu yang ga macet. Kurang lebih begitu. SEO menurut saya adalah “improvisasi” atau Optimisasi konten/website kita agar lebih dekat dan mendekat dengan Search Engine. kembali, itu pandangan saya :)

  118. bloging itu berbagi..
    berbagi informasi itu harus dijadikan prioritas utama…
    jangan di perbudak iklan sehingga menepiskan berbagi informasi demi keuntungan pribadi… ;)

    • setuju mas Brow!…blog saya bersih tanpa iklan ….tapi saya jualan produk sendiri melalui blog ^_^ Saya juga tidak mengambil keuntungan pribadi…tp saya bagi tuk anak istri ^_^ hehe…

  119. Jiahh… klo begitu… nggak ada optimasi, gimana bisa dibaca orang? sebenarnya kan kita mau konten kita itu kelihatan di halaman pencarian. Klo gak muncul __- gimana ada yang baca…

  120. terus apa yang musti saya lakukan untuk meningkatkan posisi blog saya di serp? kalo seperti ini?

  121. yup betul, antara konten dan SEO dua hal yang sama2 perlu diperhatikan

  122. Saya rasa SEO itu pnting juga untuk sebuah blog

  123. Baju Wanita Korea

    setujuh jika blog utk tujuan bisnis SEO itu sangat sangat penting,tapi utk pemula seperti sya seo sangat misteriusss agak sulit di mengerti hee,,
    thanks artikelnya bagus

  124. Betul banget SEO penting untuk blog, tapi penyajian konten yang bermanfaat dan menarik jauh lebih penting. Meski muncul di halaman pertama Search Engine tp kalau kontens mengecewakan pembaca maka si pembaca bakal kapok ga bakal mau datang lagi.

  125. memang benar sekali mas. Saya sendiri juga berfikiran pertama ngeblog adalah menyalurkan ide gagasan dengan disandingi belajar menulis yang baik agar bisa diterima orang lain. Namun, setelah tahu informasi tentang SEO, pada kenyatannya kita memang memerlukannya.

    Salam

  126. Kren juga orang ini, punya pendapat yang bertentangan dengan ilmu yang saya dapatkan tentang seo. Tapi malah bilang seo menjebaknya. Memang perlu dicerna lebih mendalam apa maksud dari ungkapan tersebut. Kalimat itu bisa disebut out of the box…kren.

  127. blog tanpa seo mgkn seperti kendaraan yang tdk pernah di servis, majunya psti lambat heeeee……makasih mas untuk artikel menariknya, semoga bermanfaat untuk rekan rekan semua….

  128. terimakasih untuk sharenya. meskipun terkadang banyak argumen yg berbeda pendapat tentang sosmed, tpi setlh sya cbs sosmedya mnarik jg. terimakasih

  129. Mengerti dan memahami SEO itu penting. Penting buat ngelamar kerja didunia real.wkwkwkw
    Saya masih amatir didunia blog.Banyak blog tp gak keurus semua. Maklum karyawan.

  130. Thanks bgt utk ilmu2nya om. Saya banyak belajar dari tulisan2 anda. Saya membuat blog pure utk sharing, tp kadang ada rasa bangga juga kalo tulisan saya bisa muncul di halaman depan google dan langsung menjadi referensi pembaca. Jadi SEO juga tetap saya pakai, tapi seperlunya saja. Kualitas konten tetap no 1

  131. Saya mulai blog, karena temen saya bilang blog bisa menghasilkan uang….
    Tapi yah masih lumayan keteteran terutama karena saya belum begitu ngerti SEO, mana yang bener mana yang salah.

    Kaya a harus banyak baca lagi hahaha :D

  132. Darmudi Susanto

    Met malem gan, masak sih gan, bahwa SEO itu menjebak ? Tapi menurut saya SEO itu punya peranan penting dalam artikel sebuah blog.

    Saya sih bukan pakar SEO, tapi menurut SEO itu seni dalam konten blog, selama menerapkan SEO itu tidak melanggar TOS saya kira google gak begitu saja menghukum sebuah blog.

    Salam sukses, juga pada sobat bloger yang hadir disini.

  133. passion itu penting, tapi kalau mau jualan online cuma modal passion tanpa teknik marketing mah keblenger..setuju ama admin :)

  134. Karet bantalan jembatan

    artikel diatas emang sangat menarik ..bagi saya tanpa seo yang baik dan backlink berkualitas juga sulit mendapat peringkat top ten mbah google..heeee

  135. Paket Wisata Danau Toba

    Saya setubuh dengan admin, eh setujuh…… seo merupakan tolak ukur apakah sebuah blog itu bagus atau tidak

  136. Bener banget mas. ngapain mikirin keyword di postingan. kdang menyusahkan ini jd nulis pun terbentur sama keyword. skr saya udah ga peduli lg soal keyword. yang penting kualitas konten.

  137. artikel yang menarik, dan emang artikel adalah kuNci sukses sebuah blog, tapI SEO juga penting

  138. Betul sekali lae, saya sangat setuju dengan pernyataan lae tersebut, memang kita harus menentukan kembali tujuan kita membuat sebuah blog itu apa sih, apa hanya untuk mencari uang saja atau memang kita benar – benar minat disana dan mencoba membangun sesuatu yang berharga lewat sebuah blog.

    Mantab !

  139. Biar aman dalam bermain SEO menurut saya jangan semua artikel menargetkan keyword, jadi hanya beberapa artikel saja yang menargetkan keyword. Begitu juga dengan backlink, backlink sedikit tapi berkualitas lebih baik daripada pasang banyak backlink tetapi kurang untuk SEO. Menurut saya sendiri sih seperti itu,, tapi thanks untuk infonya gan.

  140. Benar sekali yang dikatakan admin. Gara-gara SEO yang ngaur ga karu-karuan blog kita bisa dihukum sma mbah google. Jadi kita harus mengetahui apakah guru SEO atau mejalah SEO yang mengajarkan SEO kekita merupakan sumber yang dapat dipercaya.

  141. hobikomputer.com

    jadi bingung mau belajar SEO apa tidak, soalnya bnyk yg bilang SEO penting ada jg yg blg gk penting, tapi kembali ke kita masing2 aja sih jadikan blogger hobi

  142. Ronaldi Tumanggor

    Ok lae, makasih atas pencerahannya, sempat bingung juga, harus ngikut yang mana.

  143. Gambar nya bagus banget Bang .. hmmm.. maksud saya artikelnya. :)
    Budak Google ?? Pada dasarnya Google tidak pernah memaksa orang lain untuk menuruti peraturan mereka. Hanya saja, kalau mau website atau blognya punya posisi bagus di hasil penelusuran, ya ikuti pedoman aturan main Google.
    SEO menjebak ?? gak juga ah.. buktinya Bang Marikxon bisa sukses besar karena SEO..

    Terima kasih untuk ilmu yang sudah dibagi ke saya.. :)

  144. tergantung pemikiran kita masing masing sih… ngk ada yang menjebak kok

  145. ternyata seo itu menjebak ya mas, selama ini berarti saya telah dijebak.. hmm..sudah kuduga, wkwkwkkw

  146. Ya, super sekali….alias membingungkan jika mengatakan SEO bukan sesuatu yang penting untuk blogging, dan internet marketing. Dulunya saya asal2 buat artikel, trus hasilnya nol, kini saya mencoba memadukan riset kata kunci, optimasi seo tambah keahlian sedikit hasilnya memuaskan dan mengdongkrak trafik.

    o ya, menurut saya Bang Max, SEO itu adalah segalanya jika kita ingin menekuni internet marketing dan blogging.

    Jika Beni menyatakan sesuatu yang kontroversi, mungkin biar cepat terkenal atau numpang tenar gitu bang. Sehingga karena kebingungannya, Bang Marikxon sampai bikin konten khusus untuk membahas pernyataanya….dia sukses menurut saya

  147. Yang penting rajin update konten yg bermutu secara rutin dan diutamakan sesuai passion biar tetep berasa having fun pas nulis niscaya SEO jadi lebih optimal.”

    -abraham lincoln.

    Becanda yak.haha
    keep posting

  148. Bagi saya SEO itu tetap penting, dan jika SEO itu memang benar-benar optimal, bukan tidak mungkin kinerja blog akan semakin pesat. Logikanya adalah pengunjung, sebab seorang blogger yang memang serius, tentu pengunjung adalah target utama.

    So, untuk mendapatkan ribuan bahkan jutaan pengunjung perlu upaya SEO dan jangan sempat berpikir kalau share ke media sosial bukan bagian dari SEO, sebab menulis artikel dengan tata bahasa yang baik juga bagian dari SEO.

    Kesimpulannya SEO itu adalah bagian dari pekerjaan Blogger yang serius.

  149. setujaa! oops maksud ane setuju :D cuma mungkin seonya jangan berlebihan aja, normal aja jg udah bagus, yang penting mah, backlink kita punya pr4 dan metrik bagus, :D awal awal 10 biji aja, ntar kalo udah balik modal baru, beli lagi 20 biji setiap bulan! pasti tanpa seo pun, ranking 1 :D kwakwkkwkwk

  150. dari pertama ngeblog, SEO adalah destinasi awal saat membuat artikel, kini bagi saya itu hanya omong kosong, kenapa bisa begitu?..banyak artikel saya yang duduk di SE, namun trafik tak kunjung meledak, akhirnya saya memutuskan membuat artikel sesuai apa yang saya suka dan mengalir apa adanya,..yg penting pembaca suka,

  151. Tapi memang benar yang dikatan oleh Mas Beni, karena blog yang kita bangun dan konten2 yang kita upload nanti dengan sendirinya akan menjadi SEO Onfage yang bagus. Bedanya hanya membutuhkan waktu yang lebih panjang ketimbang kalau kita menggunakan ilmu SEO untuk mengoptimasi blog kita.

  152. antara seo dan adsense bisa menjadi prioritas yang menguntungkan atau malah menjadi kontradiktif karena tidak sesuai dengan tujuan awal ngeblog… hehe

  153. Hmmm sudah kuduga…hehe..memang “super sekali ” om,buat blogger pemula seperti saya seolah di kejar sebuah “harapan” yang menjanjikan,,tapi rasa konsisten yang terkadang mulai pudar,menjadikan jenuh untuk memikirkan SEO..kata kunci yang padat,persaingan yang ketat sesama blogger..artikel yang jauh lebih bagus di luar sana menjadikan blogger baru patah obsesi..,,mungkin bener jika di kembalikan”kita ngeblog itu untuk apa”,dan tiap kemampuan orang juga berbeda beda..sementara ini saya masih lebih enjoy buat nulis aja…. hehe

  154. Hai All..
    Up Mr. Marikxon…

    “Bagi saya isi konten lebih dominan dan menjadi prioritas bagi pengunjung… ”
    Eksistensi sangat diperlukan…!!!
    Untuk SEO sendiri bisa dilakukan sambil berjalan, atau sambil blogging… Karena kalau terlalu dipaksakan bisa rambut bisa botak, hehehe… becanda deh…

    Salam Blogger All…

  155. Semua orang punya tujuan dan passionnya masing2, jalani sesuai passion sendiri aja. hihihi

  156. kalau menurut saya SEO itu juga penting pada awal awal membangun blog. kalau blog udah populer tinggal giling aja dengan konten yang banyak. :)

  157. trkadang SEO itu buat pusing, harus ini lah itu lah.. tapi gak ada salahnya untuk di optimasi

  158. Thanks buat gambarnya yang memukau… eh, maksudnya artikelnya…
    Untuk SEO memang diperlukan, setidaknya SEO dasar yang baik sudah cukup, namun yang terpenting dari semua itu adalah tetap Isi dari blog tersebut, yaitu artikel yang berkualitas dan bermanfaat bagi orang lain :)

  159. hahaha iya.. lucu meme nya..
    btw that’s true.. saya setuju dengan isi artikel ini.. hehehe..
    semoga bisa bikin para SEO hunter sadar untuk tidak terlalu menghabiskan waktu mikirin Optimasi pencarian

  160. Belajar Bisnis Online

    Mantap kesimpulanya gan, bisa jadi pertimbangan..

  161. Saya setuju dengan Om Beni, mengenai tujuan ngeblog, mengalir aja sesuai tujuan… Tapi SEO tidak menjebak namun bisa diabakan :)

  162. terkadang memang SEO itu membuatku pusing tujuh keliling, Namun karena suhu Max selalu memberi pencerahan ya akhirnya gak pusing lagi. Walau pada kenyataannya SEO gak selalu digunain lebih sering pake feeling hahaha…

    • Kadang SEO memusingkan saya juga mas. hehe. namun, blog yang sukses kadang tidak pernah memperhatikan sebuah SEO. Bagi saya sendiri, konten yang dalam sangat penting jika harus memikirkan SEO dan menulis harus lepas seperti keinginan sendiri.

  163. wah setahu saya SEO bukannya hal yang penting agar artikel kita bisa berada di urutan teratas ya mas? saya jadi bingung mas? trus kalau tidak menggunakan teknik seo apa bisa menjadikan blog kita diketahui orang banyak?

    maaf mas sekedar pemikiran saya saja
    maklum masih newbie masih perlu banyak belajar lagi

  164. Tulisan yang bermanfaat dan mencerahkan :D.

    Seo itu selalu berubah-ubah om,. maka dari itu update seo harus rutin dan ditambah lagi keyword juga selalu berubah sehingga cukup berat untuk mengikutinya,… tepi kalau blog untuk yang niche atau khusus misalnya bertopik tentang “Kesehatan” seo nya gak musti mantab namun tulisan yang harus diperbaiki dan di mutahirkan lagi.

    Seo 100 + Artikel 0 = 0

    Salam hangat buat mas marikson :D

    • Betul sekali mas Tora, pada dasarnya SEO itu tidak sulit. Itulah sebabnya mengapa semua orang bisa melakukannya, walaupun ada yang melakukannya dengan cara yang salah.

      Kita melihat SEO itu harus secara keseluruhan. Bukan hanya soal backlinks, justru konten lah yang menjadi faktor penentu. Salam super mas Tora :)

  165. hmmm…sudah kuduga (wkwkwkwk)
    salah fokus saya, antara baca artikel sama lihat meme hmmm…sudah kuduga

    ini gambar siapa ya?

    • Gambar blogger mas, cari aja di Google dengan keywords Hmmm sudah kuduga :)

  166. Sepertinya saya tahu artikel yang dimaksud :D

    Memang mungkin terlalu ekstrem kalau dibilang lupakan SEO karena menjebak. Tapi yang dimaksud sama Pak Beni sebetulnya nggak gitu-gitu amat.

    Maksudnya gini,

    Belakangan ini saya aktif di beberapa komunitas SEO Indonesia. Banyak orang (biasanya pemula) fokus tentang SEO di bagian yang salah….misalnya template SEO, kecepatan blog, keyword density di artikel, dsb.

    Padahal itu kan sebetulnya paling cuma < 10% pengaruhnya, dan 10 menit juga selesai. Tapi banyak yang menghabiskan waktu di sana. Sehingga lupa yang lebih penting, misalnya pemilihan topik (keyword), kualitas artikel dan caranya memasarkan artikel itu untuk dapet link, seperti yang mas Marikxon tadi bilang.

    Jadi mungkin yang dimaksud Pak Beni, berhenti buang-buang waktu di yang 10% tadi dan fokus ke yang lebih penting.

  167. seperti yang kuduga, blogging itu tak usah terlalu pusing mikirin SEO ini-ono kucrut ya mastah? yang penting happy posting aja. hehe makasi atas pencerahannya mastah

  168. Kalau pendapat saya bukan “Buat Saya SEO Itu Menjebak!” tetapi, Buat Saya SEO Itu Bisa Menjebak! ” jika tingkatan pemahaman kurang tepat, seperti contohnya memaksakan kata kunci yang tidak benar-benar menguasai materinya. terjebak di pusingkan dengan mengarang kata-kata yang tidak punya dasar, menjebak memusingkan dirinya sendiri. kalau sudah seperti ini tidak happy blogging lagi tapi pusing blogging.

    • Betul sekali, SEO memang bisa saja menjebak apabila kita melakukannya dengan cara yang salah. Nice comment, thanks :)

  169. Setuju kalo seo itu menjebak apalagi bagi blogger newbie kyk saya, kalo kebanyakan mikirin seo yg ada malah bingung sama ngedown sendiri gara2 pv dikit. Mending fokusin sama artikel dulu ehehehehe

  170. Sepakat dengan apa yg disampaikan bung Max, Blogger secara tidak langsung seiring berjalannya waktu, akan mempelajari SEO. Walaupun ketika awal bikin blog ga kepikiran untuk SEO dll. Lha, orang bikin tulisan atau share pengalaman kan butuh di baca orang, butuh apresiasi juga. Jadi klo SEO dikatakan hanya menjebak, sy katakan Bung Beni bener juga, ‘terjebak’ kepada yg lebih baik. Heehe.
    Oya, Tulisan Bung Max yg diatas juga salah satu strategy kan? Hehe

  171. SEO itu tidak pernah menjebak, tapi MINDSET kita tentang SEO lah yang menjebak sehingga melakukan strategi SEO yang salah : Sejutu om!

  172. Blogger Pemulung

    “seo itu menjebak” adakalanya benar juga tuh pernyataan. mungkin yg dimaksud adlah terkadang seorang blogger yg posisi blognya bagus di serp berkat optimasi seo. namun karena “KETAGIHAN” dengan optimasi seo ahirnya ia melakukan optimasi berlebihan sehingga blognya bermasalah .

    dari sini dpt dipahami ia TERJEBAK karena KETAGIHAN yang menyebabkan optimasi berlebihan

  173. Menurut saya SEO itu hal yang penting, bukan berarti untuk menjebak. Dan juga, SEO itu seperti sebuah pedang, kalau kita salah menggunakannya, maka imbasnya akan ke kita.

  174. pembahasan yang sangat keren dan menginspirasi, iya memang benar semuanya dikembalikan kepada tujuan kita untuk membangun blog, terima kasih banyak pengalaman yang saya dapatkan

  175. Andai saja semua tulisan di blog bisa dapat pengunjung besar dengan sendirinya, pasti gak perlu lagi mikirin SEO hehe..

    • Bisa, syaratnya blog tersebut harus populer dulu hehehe. Gimana cara membuat blog populer di internet? Ya dengan internet marketing. Apa saja proses internet marketing itu? Ada banyak, termasuk diantaranya; social media marketing, email marketing, search engine marketing, guest posting, banner, SEO, dan lain-lain.

      Sebenarnya SEO hanya salah satu cara untuk mendapatkan trafik, tapi terbukti bahwa blog-blog yang punya strategi SEO bagus trafiknya besar dan non stop 24/7 hehehe. Jadi, kembali lagi ke tujuan kita blogging. Blogging for business, tentu saja harus mempertimbangkan SEO.

  176. saya setuju dengan yang oom max katakan.
    kebanyakan blogger yang awalnya hanya menulis untuk iseng sekedar sharing dan menceritakan apa yang terjadi di sekitarnya. Namun, ketika traffik blognya sudah mulai rame, pikiran untuk mendapatkan penghasilan dari blogging mulai muncul.
    Opini saya sendiri, sebelum memulai blog, lebih baik tentukan dulu apa tujuan utama anda dari blogging. Apakah itu untuk sharing pengalaman? Making money? ataupun untuk tujuan lain

  177. Abadi WayaheNgopi

    aku setuju banget kalo blogging harus menyenangkan, dan bekerja jadi internet marketer harusnya pun menyenangkan :D terimakasih max!

  178. IOTODIDAK | DOWNLOAD SOFTWARE GRATIS

    pertama baca Judul ane kaget, setelah ane baca sampai tuntas ternata oh ternyata. :)

    ini sangat menginspirasi dgn tujuan blog awal dari saya sendiri, untuk kedepannya semoga menjadi lebih bagus lagi tujuan saya (DOWNLOAD LEGAL)

    Amin

  179. Adhitya Chandra

    Yap, keduanya tidak salah. Tulisan Om Max menjelaskan secara dalam maksud dari ‘Beni’ yg beliau sampaikan secara tersirat. Nice article, Master!!

  180. Tadi saya di sana bingung, setelah membaca sedikit sudah nggak bingung, setelah membaca sampai selesai kembali bingung. Ah SEO, saya belum ngarti banget.
    Terima kasih pencerahannya Mastah. ;)

    • Ternyata mas Beni bela-belain menyambangi blog saya yang sederhana ini. Terimakasih sudah berkunjung super mastah, semoga artikel ini mengharukan :)

  181. Sepertinya saya tau tentang pernyataan SEO itu menjebak., terimakasih telah diluruskan max, mungkin yang mengatakan SEO itu menjebak sudah pada posisi zona nyaman sebagai internet marketer dan hanya fokus menulis aja tanpa melihat awal mula membangun blog.

  182. SEO itu ya penting lah.. terutama buat internet marketer. Kalau cuma hobi bikin artikel tentang passion mah nggak usah pake SEO2an juga nggak papa.

  183. Menurut saya bener pak, tujuan awal nge blog biar blognya bermanfaat buat masyarakat, eh pas kenal duit. Kadang nge post jadi lemes kalau traffic blognya gak naik naik

    • Nah kembali lagi ke tujuan membangun blognya pak. Kalau memang blognya tujuannya untuk make money, ya bukan sekedar bermanfaat lagi, tapi harus mengerti pemasaran online…termasuk strategi SEO. Tapi kalau tujuan membuat blognya hanya ingin sharing pengalaman dan pengetahuan, ya santai saja. Ga perlu mikirin SEO :)

    • Ciee… masih muda – muda udah panggil bapak – bapak ;-)

      Mas, mindset SEO itu gimana menurut mas ?

  184. download movie terbaru

    Betul yang suhu katakan. Blogging adalah sebuah hobby yg tidak terpaku pd adsense dan lainnya. Penghasilan dr blog adalah suatu tambahan dr blogging itu sendiri

  185. Sangat menginspirasi max… :)

Tinggalkan Balasan