Beberapa Pengaturan Whatsapp yang Jarang Diketahui Penggunanya

Beberapa-Pengaturan-Whatsapp

Siapa sih yang tidak kenal dengan Whatsapp? Hampir semua pengguna smartphone tentu mengenal aplilkasi chat yang satu ini. Populer karena konsepnya yang simpel, mudah digunakan dan terintegrasi dengan nomor telepon membuat #Whatsapp menjadi salah satu aplikasi chat paling populer di dunia. Bahkan Whatsapp sudah digunakan oleh lebih dari 700 juta pengguna smartphone di berbagai belahan dunia.

Karena konsepnya yang simpel dan praktis, tidak banyak pengguna #smartphone yang mengetahui beberapa pengaturan Whatsapp yang membuat penggunaannya menjadi lebih efektif. Ini dia beberapa pengaturan Whatsapp yang harus kita ketahui antara lain adalah:

1. Me-Nonaktifkan Fitur Save Otomatis File Media

Kadang-kadang kamu pasti merasa jengkel ketika Whatsapp-mu melakukan penyimpanan otomatis terhadap file multimedia (misalnya foto atau video) langsung ke media penyimpanan smartphone-mu. Meskipun kita senang mengamati file multimedia yang ada di Whatsapp, namun bukan berarti kita ingin menyimpannya dan membuat kapasitas penyimpanan smartphone menjadi boros.

Sebenarnya cara ini bisa kita siasati dengan melakukan turn off pada setting Whatsapp. Caranya, pada menu setting Whatsapp, pilih sub menu chat setting dan segera non aktifkan pilihan save incoming media. Cara ini terbukti sangat efektif dalam mencegah Whatsapp menyimpan file multimedia secara otomatis.

Artikel lain: Kisah Inspiratif Di Balik Kesuksesan WhatsApp

2. Menyembunyikan Preview Pesan

Whatsapp biasanya menampilkan preview pesan sebagai push notification di smartphone kita. Namun jika kita tidak menyukai fitur preview yang terasa mengganggu tersebut, kita bisa menghilangkannya dengan cara memperbaiki setting Whatsapp.

Caranya sangat mudah, kita hanya perlu masuk ke bagian setting dan pilih sub menu notification lalu pilih turn off pada bagian show preview. Setelah me-nonaktifkan fitur preview, kita hanya akan memperoleh notifikasi berupa “Pesan dari (nama)” ketika ada pesan Whatsapp yang masuk.

3. Mengaktifkan Fitur Lokasi

Banyak pengguna Whatsapp yang merasa ingin berbagi info mengenai lokasi kepada para pengguna Whatsapp lain. Hal ini biasanya dilakukan ketika melakukan chat dengan sahabat atau kerabat yang lokasinya berjauhan dari kita. Kini kita bisa mengatur fitur lokasi secara khusus untuk para pengguna Whatsapp yang kita inginkan.

Kita tinggal memasuki setiap chat dan memilih icon bergambar anak panah pada setiap chat box. Selanjutnya pilih sub menu share location untuk membagikan informasi lokasi kepada pengguna Whatsapp yang kita kehendaki. Dengan melakukan cara ini, kita bahkan bisa berbagi informasi lokasi melalui Google Map.

4. Menyembunyikan “Last Seen” di Whatsapp

Setting privasi pada Whatsapp membuat pengguna Whatsapp lain bisa melihat “last seen” yang terakhir kali kita akses ketika menggunakan Whatsapp. Tapi bila merasa kurang nyaman dengan fitur last seen ini, kita bisa kok me-nonaktifkannya secara mudah. Tinggal masuk ke bagian setting, lalu pilih sub menu account dan sub menu privacy.

Pada sub menu privacy kita bisa memilih fitur last seen. Pilihlah untuk mengaktifkan atau me-nonaktifkan last seen pada akun Whatsapp kita. Namun ketika kita untuk memilih me-nonaktifkan fitur last seen, maka kita juga tidak bisa melihat last seen milik pengguna Whatsapp lainnya.




Baca juga: Fakta Menarik Dibalik “Pinangan” Facebook atas WhatsApp

5. Melakukan Backup Secara Otomatis

Bila kita takut dengan kejadian smartphone error yang mungkin membuat chat Whatsapp kita terhapus, maka kita bisa menggunakan fitur backup secara otomatis. Untuk mengaktifkan backup otomatis, masuklah ke menu setting, sub menu chat setting lalu ke sub menu chat backup. Untuk mengaktifkan fitur backup secara otomatis, pilihlah Auto Backup dengan pilihan waktu penyimpanan secara harian, mingguan atau bulanan.

Kelima trik pengaturan Whatsapp di atas memang tampak simpel dan mudah untuk dipraktekkan. Namun trik sederhana tersebut dapat membantu kita untuk menggunakan Whatsapp secara leluasa sesuai dengan kebutuhan kita. Tetapkan setting yang tepat agar kita tetap nyaman saat menggunakan Whatsapp. Jadikan Whatsapp sebagai salah satu aplikasi chat yang membantu memudahkan aktivitas komunikasi kita setiap hari.



7 total comments on this postSubmit yours
  1. Saya igin bisa ngetik whatsapp

  2. Stlh wa d upgrade, kuq nama2 d grup hilang, biasa e tertera d bagian kanan nomor kontak d kiri, biasa e ada walopun tidak masuk kontak phone, bagaimana settingan tuk mengembalikannya shg terlihat lagilagi?

  3. apakah kalau kita hapus akun wa kita. pesan yang udah terkirim ke wa teman ikut hilang nggak di hp sana?

    • Pesan yang sudah terkirim akan hilang di smartphone kita, tapi tidak akan hilang di hp teman sebelum dia menghapusnya.

  4. kasih tutor gambar buat ngehide preview pesan bisa nggak? butuh banget

  5. Untuk yang nomor 2 itu gimana yah? Setting di selulernya atau setting yang di WA? Soalnya kalau yang di WA gak ada fitur preview ataupun tulisan show preview gak ada. Apa bisa di screenshot??

  6. Apakah ketika last seen dinonaktifkan pada apalikasi punya kita, sedangkan teman yg lain mengaktifkan fitur ini, nah apakah last seen kita terlihat oleh mereka?

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud