Inilah Ciri Khas Artikel yang Umumnya Ditulis Seorang Blogger Berdasarkan Tinjauan Usianya

blogger berdasarkan usia

Image dari Transitionblog.com

Dalam kegiatan blogging, blogger umumnya akan menulis apapun yang kita sukai atau kita minati. Dengan tema tau topik yang diminati memang seorang blogger akan mendapatkan kekuatannya sendiri dan juga mendapatkan potensi menulis blog dengan aktif dan konsisten. Namun meski telah mengetahui tema khusus (niche) mereka masing-masing ternyata karakteristik seorang #blogger masih bisa diketahui dari teknik dan ciri khas dari artikel yang dibuat.

Umumnya ciri khas dari tulisan atau artikel yang dibuat ini muncul dari usia seorang blogger. Meskipun memang banyak unsur yang bisa mempengaruhi ciri khas tulisan seorang blogger namun faktor usia tak bisa dipungkiri sedikit banyak akan sangat mampu  mempengaruhi artikel yang ditulis seorang blogger. Lalu seperti apakah karakteristik atau ciri khas artikel yang ditulis seorang blogger yang ditinjau berdasarkan umur ini? Berikut ulasannya.

1. Blogger Usia < 15 Tahun

Blogger di usia kurang dari 15 tahun umumnya akan menulis artikel di blognya tentang hal-hal keceriaan dan hal terkait pencarian identitas diri. Meskipun jumlahnya sedikit namun blogger yang berusia kurang dari 15 tahun ini menjadikan blognya sebagai ajang uji coba dirinya untuk bisa eksis di dunia maya. Karena kebutuhannya hanya ingin mencari identitas dan mendapat kepuasan dalam mengekspresikan diri maka blogger di usia kurang dari 15 tahun ini cenderung menulis blognya dengan hal-hal keseharian dirinya yang beraroma keceriaan.

Artikel lain: Waspadai FoMO, Blogger juga Bisa Terjangkit Penyakit Berbahaya Ini!

2. Blogger Usia 15-20 Tahun

Pencarian identitas diri memang masih akan menyelimuti blogger usia 15-20 tahun. namun berbeda dengan blogger di usia kurang dari 15 tahun yang mengisi blognya dengan kegiatan keceriaan sehari-hari mereka, blogger di usia 15-20 tahun ini akan menulis artikel di blognya dengan tulisan-tulisan bertema cinta. Pada usia-usia ini, seseorang memang banyak diliputi oleh kisah cinta pertama yang begitu menggoda. Maka tak ayal bila ia menjadi blogger, tema cinta pastilah akan menjadi pilihan untuk ditulisnya.




3. Blogger Usia 20-30 Tahun

Di usia 20-30 tahun, seorang blogger umumnya sudah memiliki pandangan tersendiri bagi hidupnya. entah itu pandangan tentang jati dirinya atau pandangan diluar hal yang melingkupi hidupnya. Meski beberapa blogger di kategori ini menuliskan tema cinta, namun banyak diantara blogger di  usia ini yang sudah menulis tema dunia politik dan kenegaraan.

Pada usianya mereka para blogger di usia 20-30 tahunan memang sudah memiliki hak memilih dan berpolitik. Nah dari sinilah maka artikel dengan tema politik dan kenegaraan atau pemerintahan akan banyak menghiasiblognya.

4. Blogger Usia 30-40 Tahun

Blogger di usia lebih dewasa lagi yaitu 30-40 tahunan umumnya teridentifikasi menulis tema fiski. Ya, kegaduhan politik dan gejolah kenegaraan memang akan terus menurun di level ini. Selain sudah bosan, faktor keluarga dan rumah tangga telah membuat para blogger di usia ini menulis tema yang baru.

Fiksi atau cerita bergenre kisah buatan adalah tema baru yang bisanya muncul di blog-blog usia 30-40 tahun. Cerita ini mereka tulis di blog dengan beragam latar belakang seperti kisah masa kecil atau ingin mengasah kemampuan mereka menulis fiksi dan lain sebagainya.

5. Blogger Usia 40-50 Tahun

Di usia 40-50 tahun, seorang blogger umumnya telah sangat bijak menyikapi hidup. Dari sini maka mereka blogger di usia ini umumnya akan menghiasi blognya dengan tulisan-tulisan bertema meraih cita-cita, humaniora dan kisah perjuangan hidup. Dikarenakan kehidupannya yang sudah mulai terfokus maka karakteristik tulisannya juga umumnya akan menjurus pada kedewasaan dan perjuangan hidup serta pada pewarisan atau berbagi pengalaman hidup yang dimilikinya.




Baca juga: Inilah 5 Wujud Investasi Seorang Blogger yang Seharusnya Dilakukan

6. Blogger Usia > 50 Tahun

Terakhir, blogger yang akan memiliki kekhasan pada artikel yang dibuat di blognya adalah blogger usia lebih dari 50 tahun. Dengan segala pengalaman hidupnya yang semakin matang, maka blogger di usia ini banyak dijumpai yang menulis artikel tentang kebijaksanaan petuah hidup. Blogger yang konsisten menulis di blog hingga usia ini biasanya akan dikenal sebagai blogger yang melegenda. Selain menulis tentang filosofi hidup, kebijaksanaan dan petuah hidup blogger usia diatas 50 tahun ini juga didapati menulis tentang kisah di masa lalunya.



11 total comments on this postSubmit yours
  1. saya 30 tahun, tapi genrenya bisa usia remaja,,,apa saya awet muda ya

  2. kalau saya sih masih 15 tahun.

  3. beda usia, cara berpikir juga berbeda ya pada umumnya…

  4. Wah benar sekali, ane dulu waktu kurang dari 15 hanya terfokus pada keceriaan saja, tetapi sekarang fokus ke berbagi artikel bermanfaat gan udah 15 tahun,

  5. Mas saya mau nanya. Kan saya edit post. Setelah saya edit, saya liat lagi. Yang terjadi tulisan font di konten sudah teredit jadi smallest atau kecil sekali. Mohon pencerahannya :)

  6. sependapat gan sama tulisanya…….kebanyakan orang memiliki kecenderungan seperti itu,,,, bisa di bilang “Seseorang itu akan berbicara sesuai dengan kemampuan yang ia dapatkan”. Makasih mas artikelnya…….buat nambah wawasan juga nih.

  7. haha, sya usia 17th. punya dua blog sih blog pertama tentang teknologi dan yg kedua tentang blog pribadi (pengalaman,cinta juga termasuk :D)

  8. ah bisa aja lue :D, peace !!!

  9. Saya usia 16 dan tema saja Tekno :D

  10. ↑ itu semua tergantung minat anda

  11. saya umur nya 16 tahun, tapi tema nya bukan “cinta” :v

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud