Inilah 5 Wujud Investasi Seorang Blogger yang Seharusnya Dilakukan

investasi blogger

Image dari Huffingtonpost.com

Blogging saat ini memang bukan hanya sekedar sebuah aktivitas mengisi waktu luang semata. Dengan adanya kemungkinan blogger mendapatkan penghasilan, maka kegiatan ini tak lagi bisa diremehkan. Maka tak ayal bila kemudian status #blogger ini semakin hari semakin banyak diminati untuk dijadikan sebagai sebuah profesi.

Dari sini maka beberapa blogger pun tak ragu untuk melakukan #investasi pada bidang blog yang ditekuninya ini. Investasi dengan cara mengeluarkan sejumlah dana ini memang perlu dilakukan agar tujuan mendapatkan penghasilan dari blog ini tercapai dengan sukses. Lalu apa saja bentuk dan wujud investasi seorang blogger yang seharusnya memang dilakukan  ini? Berikut ulasannya.

1. Laptop

Bentuk investasi seorang blogger yang pertama adalah pengadaan laptop. Jika Anda masih melakukan kegiatan blogging ini di perangkat PC (Personal Computer), maka jika Anda memiliki budget yang cukup maka Anda perlu membeli laptop.

Mengapa harus membeli laptop? Sebab dengan perangkat ini Anda akan lebih leluasa untuk melakukan kegiatan blogging di mana saja. Dan asyiknya lagi dengan laptop, Anda bisa memposting blog di tempat-tempat yang nyaman  dan menyenangkan.

Artikel lain: Inilah 5 Tahapan Blogger Menghasilkan Uang dari Kegiatan Blogging-nya

Untuk investasi yang satu ini Anda tak perlu memaksakan diri untuk membeli laptop yang mahal. Sebab blogging yang hanya mengandalkan program microsoft word dan aplikasi #browser sepertinya tidak menuntut Anda untuk membeli laptop yang mahal. Bahkan cukup dengan laptop jenis netbook saja Anda sudah bisa mengerjakan kegiatan blogging Anda dengan cepat dan nyaman.

2. Smartphone

Jika Anda sudah memiliki laptop, tapi belum punya perangkat smartphone, maka ini saatnya untuk berinvestasi pada device yang satu ini. Mengapa harus smartphone? Sebab dengan perangkat ini, kegiatan #blogging Anda akan makin dimudahkan lagi.

Kok bisa? Tentu saja bisa, karena degan smartphone maka Anda bisa melakukan kegiatan mobile blogging dimana aktivitas seperti menulis, memposting, blogwalking, moderasi komentar, membuat draft dan lainnya semua bisa dilakukan melalui smartphone.

Dengan adanya ponsel pintar ini Anda juga bisa menjalin komunikasi dengan beberapa klien dan vendor untuk program kerjasama dengan Anda. Selain itu dengan perangkat canggih ini Anda juga bisa melihat saldo akun #paypal atau akun bank Anda yang mungkin sudah mendapatkan setoran penghasilan.

3. Blog, Hosting dan Domain

Untuk menjadi blogger profesional maka Anda dituntut untuk juga bersikap profesional. Salah satu cara sikap profesional dalam dunia blogging ini adalah terkait penggunaan hosting dan domain blog. Ya, dua unsur ini memamang akan mencerminkan keseriusan seorang blogger. Jika Anda masih menggunakan domain dan hosting gratisan maka tentu Anda bisa dianggap tidak profesional.




Maka dari itu bila Anda memiliki dana lebih, Anda bisa melakukan investasi pada blog Anda dengan membeli membeli domain dan hosting. Domain dan hosting ini sendiri harganya tidak terlalu mahal kok. Karena cukup dengan Rp 100 ribu pertahun maka Anda bisa mendapatkan domain. Sedangkan untuk hosting sendiri Anda hanya perlu mengeluarkan uang mulai dari Rp 10.000 perbulan.

4. Desain Blog

Blog profesional yang berpeluang untuk memperoleh penghasilan juga bisa terlihat dari desain blog yang dimiliki. Semakin responsif dan nampak memukau desain blog yang dimiliki maka semakin profesional pula blog Anda.

Maka jika selama ini Anda masih menggunakan desain blog dari template standar yang gratisan, maka Anda bisa membeli template berbayar atau menyewa jasa web desainer untuk mendesain blog Anda. Jangan khawatir bahwa hal-hal yang Anda lakukan ini akan sia-sia, sebab tampilan blog yang profesional adalah sebuah investasi jangka panjang bagi kegiatan monetisasi blog.

Baca juga: Panduan Belajar Blogging Untuk Pemula, Tips Membangun Blog

5. Promosi

Terakhir, bentuk atau wujud investasi blogger yang seharusnya dilakukan adalah promosi. Ya, agar blog makin dikenal dan populer, Anda memang dituntut untuk melakukan promosi. Layaknya sebuah bisnis, blog juga membutuhkan #promosi atau kampanye pemasaran yang tepat dan efektif.

Dalam hal ini blogger memang bisa memilih bentuk promosi gratis via media sosial. Namun bila Anda memiliki dana yang lebih maka tak ada salahnya untuk melakukan promosi secara berbayar seperti membuat stiker blog, iklan via media massa atau iklan pada #Google Ads dan lainnya.



6 total comments on this postSubmit yours
  1. fokus dan harus serius, semoga bisa. Aamiin :)

  2. nice inpoo. Untuk tambahan, kalau ada duit sebaiknya disisipkan juga untuk mengikuti kursus atau pelatihan baik itu tentang internet marketing ataupun, SEO, ataupunprogramming hehehe :D

  3. ha….a kirain ntah invest apaan, penasaran bcanya

  4. Kayaknya kalo udh ada smartphone, urusan laptop bisa di undur.. skrng udh jaman nya smartphone tablet yang bisa kerjakan hampir 90% kegiatan blogging.. s3lain karna budget yg pas-pasan.. tapi komentar ini sy buat dengan pengalaman pribadi saya saat ini.. blogging menggunakan tablet ..
    Tp artikel nya manteb..
    Salam sukses ya..

  5. nice share, memberi wawasan baru

    mau tanya, misal kita mempunya blog yang sudah stabil dan mempunya modal, modalnya dipake buat sewa penulis/build backlink ?

  6. bermanfaat sekali gan. walaupun saat ini saya masih pakai blog gratisan. :D

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud