Inilah Cara McDonald Terapkan Strategi Marketing Hingga Mampu Tembus Pasar Dunia

strategi marketing McDonald

Image dari Slate.com

Siapa yang tidak kenal dengan salah satu jaringan franchise kuliner cepat saji terbesar di dunia, McDonald. Dengan gerai yang sudah tersebar lebih dari 100 negara di seluruh dunia, McDonald saat ini bisa dibilang sebagai salah satu brand kuliner paling sukses dengan omset yang luar biasa.

Tentu banyak yang menanyakan apakah rahasia sukses dari McDonald hingga mampu mencapai posisinya saat ini. Selain mempunyai keunikan dan determinasi untuk terus berkembang, berikut ini beberapa strategi marketing yang dilakukan oleh pengembang McDonald untuk menjadi yang nomor satu.

1. Memiliki Visi Tingkat Dunia

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, memang tidak berlebihan jika dikatakan bahwa McDonald adalah salah satu brand kuliner cepat saji paling sukses di dunia. Melihat pencapaian baik dari kualitas maupun kuantitas bisnis, franchise yang menawarkan beragam kuliner mulai dari ayam goreng hingga burger cepat saji ini, sangatlah luar biasa.

Ternyata salah satu rahasia di balik pencapaian tersebut adalah, visi yang dari dulu hingga sekarang terus diusung oleh pengembang McDonald. Ketika pertama kali hadir di Amerika, saat itu pemilik McDonald bahkan sudah mematok keinginan untuk menjadi sebuah brand yang besar tidak hanya di skala benua Amerika namun hingga ke seluruh dunia.

Artikel lain: 9 Pelajaran Bisnis Berharga Dari Starbucks Coffe

Keyakinan dan juga visi tersebut, akhirnya menjadi bahan bakar bagi pihak pengembang untuk terus menggapai dan tidak berhenti hingga tujuan tersebut tercapai. Adanya visi tersebut, juga mampu menjadi tolak ukur apakah sebuah bisnis sudah bisa dikatakan mapan atau tidak. Dari situ, bisa dipahami bahwa bagi pemilik UKM tidak ada salahnya untuk mempunyai mimpi yang sama mencapai pasar global.

2. Cermat Memilih Pangsa Pasar

Memiliki visi yang kuat saja tidaklah cukup. Dan langkah selanjutnya yang dilakukan oleh McDonald untuk mencapai impiannya adalah, dengan cermat mengidentifikasi pangsa pasar mana yang akan disasar. Jika banyak bisnis lain tidak mempunyai fokus yang jelas dan cenderung menggarap pasar secara acak, sejak awal McDonald memilih diversifikasi makanan cepat saji yang bisa diterima oleh berbagai umur dan kalangan konsumen.

Hal ini diwujudkan dengan berbagai produk yang bisa disesuaikan baik untuk konsumen mulai dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa. Ditambah lagi, McDonald juga dikenal lihai dalam mengembangkan varian produk dengan rasa lokal yang memang sedang trend atau berkembang di negara tempat gerai tersebut dibuka. Ketepatan memilih pangsa pasar dan ditambah dengan inovasi yang sesuai, akhirnya mengantar loyalitas konsumen untuk terus menjadi pelanggan setia McDonald.

3. Kreatif Dalam Berpromosi

Hal lain yang bisa kita pelajari dari brand makanan cepat saji yang satu ini adalah, bagaimana kreativitas yang dikembangkan dalam melakukan promosi. Hampir di setiap negara di mana McDonald hadir, di sana pihak pengembang pusat selalu berfikir bagaimana menghadirkan alternatif promosi yang mampu menjangkau konsumen yang lebih.

Tidak hanya iklan diri televisi, promosi juga dilakukan dalam bentuk lain seperti adanya event internal, pemberian bonus, adanya hadiah lucu hingga menghadirkan produk baru yang sesuai dengan minat pasar lokal.




4. Berusaha Memberikan Kemudahan

Setelah kita mampu menarik perhatian konsumen dengan berbagai strategi promosi yang dilakukan, step berikutnya adalah bagaimana menimbulkan loyalitas konsumen untuk terus bertahan dengan bisnis kita. Caranya yakni dengan memberikan kemudahan bagi pelanggan seperti yang dilakukan oleh McDonald.

Jika kita menilik Lagi ke belakang, layanan drive thru atau pemesanan berjalan ternyata pertama kali juga dipelopori oleh salah satunya gerai McDonald. Metode pemesanan jalan ini, nyatanya dipandang sangat efektif terutama bagi mereka yang sedang sibuk. Selain itu ada lagi layanan seperti pesan antar, yang tentu dapat menjadi pilihan bagi Anda yang ingin menikmati kuliner lezat tanpa harus beranjak dari kursi rumah.

Baca juga: Sempat Di Ujung Tanduk, Inilah Langkah Besar Perusahaan Lego Mengubah Nasibnya

5. Berikan Keunikan

McDonald sudah lama dikenal sebagai gerai yang hobi memberikan mainan unik bagi para pelanggannya. Konsep ini juga jarang bahkan tidak ditemui pada berbagai gerai makanan cepat saji lain. Utamanya untuk menarik minat pelanggan anak-anak, cara ini terbukti sangat efektif dan memberikan dampak besar bagi keberlangsungan bisnis McDonald.

Kita juga bisa memiliki keunikan lain, disesuaikan dengan jenis maupun skala bisnis kita. Tidak perlu sama seperti yang dilakukan oleh pengembang McDonald, pemilik usaha mandiri harus lebih kreatif mengkreasikan kelebihan dan juga nilai unik lain apa yang bisa mereka bawa. Dengan begitu kita akan siap dengan persaingan yang ada bahkan memenangkan untuk menjadi bisnis terdepan.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud