Inilah 6 Tipe Pengunjung Blog, Anda Termasuk yang Mana?

Inilah 6 Tipe Pengunjung Blog, Anda Termasuk yang Mana?

Image dari Lineshjose.com
Image dari Lineshjose.com

Sebagai salah satu wujud produk dari dunia maya, blog yang dikelola oleh blogger sering menampakkan sejumlah fenomena yang menarik untuk ditelusuri. Media alternatif yang awalnya digunakan sebagai tempat berbagi dan juga mengembangkan bakat ini tentu saja semakin menjadi-jadi karena sekarang blog telah bisa digunakan untuk monetisasi guna mendapatkan penghasilan. Dari sini kegiatan blogging pun semakin ramai digeluti olen banyak orang.

Selain aktivitas #blogging yang makin marak, dampak dari monetisasi blog ini juga terlihat dari munculnya beberapa tipe pengunjung blog. Datangnya pengunjung blog memang akan membuat para pemilik blog senang, karena karya mereka yang mendapatkan respon dan juga menyebabkan naiknnya trafik blog. Namun Anda juga harus paham bahwa saat ini ada beragam tipe pengunjung yang bisa jadi membuat pemilik blog bukannya senang malah pusing tujuh keliling. Tidak percaya? Baca saja penjelasannya di bawah ini.

1. Silent Reader

Tipe pengunjung blog pertama adalah silent reader. Pengunjung bertipe silent reader ini adalah orang yang sukanya membaca postingan blog tanpa mau meninggalkan jejak apapun, terutama komentar. Pengunjung dengan tipe seperti ini tentu saja seperti sangat menjengkelkan bagi kebanyakan #blogger karena mereka tidak mau peduli dengan pemilik blogger dan ingin menangnya sendiri. Kabar buruknya, tipe silent reader ini diklaim memiliki jumlah terbanyak dari tipe pengunjung blog lainnya.

Artikel lain: Mau Jadi Blogger yang Sukses? Selalu Jalankan 4 Etika Blogger Berikut ini

2. Setia dan Pengertian

Jika Anda seringkali mendapatkan kunjungan dari orang yang menyukai dan membagi postingan Anda serta juga memberikan komentar baik pada setiap konten yang Anda buat, maka selamat Anda telah memiliki tipe pegunjung yang bisa membuat Anda sukses.

Tipe pengunjung  setia dan pengertian ini memang dambaan bagi setiap blogger. Bagaimana tidak dengan kehadirannya, trafik sebuah blog akan berpotensi semakin tinggi dan ramai. Dengan trafik yang semakin tinggi, tentu saja Anda akan semakin berpeluang untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan seperti popularitas, penghasilan dan #branding yang kuat.

3. Sekedar Mampir

Berbeda dengan tipe silent reader, pengunjung blog bertipe sekedar mampir ini akan meninggalkan jejak berupa komentar. Sayangnya komentar yang ditinggalkan oleh pengunjung sekedar mampir ini umumnya sangat singkat dan berupa kalimat tanya. Saat kita kita sudah menjawab pertanyaannya, maka belum tentu dia akan kembali ke blog kita.

Namanya juga pengunjung sekedar mampir. Ciri berikutnya dari pengunjung sekedar mampir adalah mereka datang dan berkomentar hanya untuk balas budi karena kita sudah blogwalking dan memberi komentar di blognya.

4. Kritikus

Berikutnya tipe pengunjung blog adalah kritikus. Pengunjung tipe ini pastinya tidak hanya sekedar berkunjung dan memberi komentar, namun mereka ini biasanya akan membahas segala bentuk detail dari blog dan konten Anda.

Mereka para tipe kritikus ini bukan saja memberi komentar tentang isi postingan, tetapi juga tentang esensi dan bisa juga penggunaan kata atau kalimat dari konten Anda yang tidak sesuai. Ciri lainnya dari pengunjung tipe yang satu ini adalah komentarnya yang pajang dan detail.

5. Tipe Promosi

Perkembangan dunia blogging yang berjalan seiring dengan pertumbuhan bisnis tentu saja akan berefek pada dunia blogging itu sendiri. Saat ini blog dengan tema #toko online memang sangat banyak. Dari sinilah maka tipe pengunjung blog promosi akan muncul. Mereka datang berkunjung ke blog lain bukan untuk membaca blog karena sebuah kebutuhan mendapatkan informasi.

Namun mereka ini berkunjung ke blog dengan suatu misi yaitu mempromosikan produk dan jasa usahanya. Karena saking seringnya ia berkunjung dan berpromosi lewat komentar maka kedatangan mereka ini sering dianggap sebagai spam.

Baca juga: Inilah 5 Alasan yang Membuat Pengunjung Malas Berkomentar di Blog

6. Stalker

Terakhir, tipe pengunjung blog adalah stalker. Sesuai dengan namanya, tipe pengunjung blog ini adalah orang-orang misterius yang tidak menunjukkan jati dirinya namun sangat antusias dengan Anda dan blog Anda. Mereka-mereka ini akan terus setia mengikuti blog Anda namun mereka tidak mau menunjukkan identitasnya.

Pengunjung seperti ini bisa ditandai dengan komentarnya yang selalu menggunakan status anonim (tanpa nama). Namun meski demikian, tipe stalker di blog memiliki manfaat yang lebih dibanding stalker di #media sosial karena Anda akan memperoleh trafik blog yang baik dari mereka.

4 KOMENTAR

  1. Abraham Jemmt Takalalumang

    Saya Seorang Bloging Pemula Yang Belum Begitu Paham Dengan
    Proses Membuat Blog Yang Bagus, Saya Akan Sangan Senang
    Jika Bloging Profesional Mau Shering Pengalamannya ,Thangs

  2. Kalau saya tipe yang susah di tebak mas..tergantung dari mood…hehe

    Namun yang pasti, jika menurut saya content blognya bagus maka saya akan selalu datang kembali ke blog tersebut seperti contohnya blog ini..karena blog ini sudah saya anggap sebagai blog rujukan untuk belajar mengenal dunia blogging.

  3. Wah, benar sekali tuh mas. dan rata-rata punya saya dari pengunjung setia dan pengertian. Trima kasih sudah di share..

  4. Ada juga yg cuman berkunjung untuk membaca info di blog tersebut, terus pergi deh untuk selamanya. hehe… sampe lupa nama blog nya tuu sndiri

Tinggalkan Balasan