Inilah 6 Tipe atau Golongan Pengguna Smartphone Indonesia

pengguna smartphone di Indonesia

Image dari Liputan6.com

Smartphone atau ponsel pintar di Indonesia memang telah menjadi fenomena yang sangat mengagumkan. Bagaimana tidak, jumlah penggunanya yang terus mengalami peningkatan menjadi bukti nyata bahwa perangkat canggih ini telah menjadi tren gaya hidup terbaru yang membudaya. Ponsel pintar memang sebuah perangkat yang sekarang banyak diminati karena kecanggihan dan kemudahan yang ditawarkan. Dengan semakin banyaknya pengguna perangkat ini tak ayal bila kemudian muncul beberapa tipe atau karakter dari penggunanya.

Pengelompokan tipe pengguna #smartphone ini sendiri merupakan hasil riset dari Vserv, penyedia platform mobile marketing dan commerce. Vserv sendiri dalam melakukan penelitian menggandeng Nielsen dalam penyusunan laporannya. Laporan hasil penelitian kemudian dibuat berdasarkan pengumpulan data pada 1.600 relawan di seluruh Indonesia selama 3 bulan.

Sagar Phadke, Direktur Eksekutif, Consumer Insights, Nielsen Indonesia, menyatakan bahwa informasi mengenai pengguna smartphone di Indonesia ini akan bermanfaat bagi para pemasar untuk menyusun strategi yang efektif. Dalam penelitian itu kemudian didapatkan hasil enam tipe kelompok pengguna smartphone. Lalu apa saja keenam tipe pengguna ponsel pintar ini? Berikut penjelasannya.

1. Tipe Pengguna Smartphone Rakus Data

Tipe atau kelompok pertama dari pengguna smartphone di Indonesia adalah kelompok rakus data. Golongan yang jumlahnya termasuk paling besar yaitu mencapai 20 persen dari keseluruhan pengguna ponsel pintar ini memang sangat mudah dijumpai di Indonesia.

Dengan berbagai keperluan serta kepentingan yang lain, kelompok ini akan terlihat sangat akrab dengan ponsel pintarnya. Di setiap harinya, pengguna ini akan menghabiskan waktu sebanyak 126 menit dengan smartphone mereka. Waktu paling lama sendiri terjadi pada pukul 7 hingga 10 malam.




Artikel lain: Inilah 7 Perilaku Unik Pengguna Media Sosial yang Hanya Ada di Indonesia

Tipe pengguna rakus data ini sendiri umumnya akan menghabiskan data yang tergolong besar yaitu mencapai 249 MB per hari. Angka ini sendiri sudah termasuk dari WiFi (109 MB) dan layanan data operator (140 MB). Ketika mereka menggunakan smartphone-nya, maka aplikasi yang seringkali dijalankan dan digunakan adalah YouTube.

2. Tipe Pengguna Gamer

Kelompok atau golongan selanjutnya dari pengguna smartphone di Indoensia adalah para gamer atau pecinta #game. Dengan jumlah 19 persen, kelompok ini juga cukup diperhitungkan sebagai golongan yang mampu memberikan warna dan budaya di Indonesia. Dalam sehari kelompok ini bisa menghabiskan waktu hingga 91,2 menit di depan layar smartphone untuk bermain game.

Meski dikategorikan sebagai golongan gamer namun mereka ternyata juga menggunakan ponsel pintarnya untuk keperluan konsumsi data. Meski angkanya tidak sebesar kelompok rakus data yaitu sebsar 179 MB per hari (96 MB seluler; 83 MB WiFi), kelompok ini cukup fenomenal. Beberapa game yang disukai oleh kelompok ini adalah Clash of Clans, LINE Let’s Get Rich dan Hay Day.

3. Tipe Pengguna Utama

Kelompok pengguna utama maksudnya adalah golongan yang menggunakan smartphone dengan seluruh manfaat yang dimilikinya. Mereka ini berjumlah 17 persen dari keenam golongan yang ada. Mereka kelompok pengguna utama ini akan menghabiskan waktu pemakaian ponsel pintarnya  paling banyak yaitu mencapai 155 menit.




4. Tipe Pengguna Pembicara

Sesuai dengan fungsinya sebagai alat komunikasi, maka kelompok ini akan menggunakan ponsel pintarnya untuk menelepon dan berkomunikasi. Golongan yang sering disebut  kelompok “bawel” ini sendiri menghabiskan waktu hingga 10 menit per hari untuk menelepon (baik panggilan selular maupun voip). Golongan atau kelompok ini sendiri berjumlah 15 persen dari total seluruh pengguna smartphone di Indonesia.

5. Tipe Pengguna Awam

Kelompok yang memiliki jumlah 15 persen ini adalah pengguna yang paling minim memanfaatkan smartphone. Pada setiap harinya mereka hanya menggunakan perangkat canggih ini mencapai 108 menit. Uniknya, golongan ini ternyata rata-rata memiliki usia 36 tahun ke atas.

Baca juga: 11 Investor Potensial Bagi Startup Teknologi di Indonesia

6. Tipe Pengguna Bintang Sosial

Terakhir, kelompok atau golongan pengguna smartphone di Indonesia adalah kelompok bintang sosial. Kelompok ini memiliki jumlah 14 persen dari keseluruhan kelompok yang ada. Namanya kelompok bintang sosial maka mereka ini adalah golongan yang gemar bermain #media sosial. Umumnya media sosial yang sering digunakan adalah Facebook, Twitter dan Path.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud