Inilah 7 Perilaku Unik Pengguna Media Sosial yang Hanya Ada di Indonesia

Image dari Soclab.co

Image dari Soclab.co

Setiap negara memang memiliki keunikan tersendiri dibanding negara lain dalam banyak hal. Dari tradisi, budaya, adat-istiadat hingga gaya hidup yang dijalankan. Seiring dengan perkembangan teknologi dan pertumbuhan #media sosial, kini juga muncul sebuah beberapa sebuah kebiasaan unik dari para penggunanya dibeberapa negara.

Sebagai salah satu negara dengan basis pengguna media sosial terbesar di dunia, Indonesia juga ternyata meninggalkan jejak dalam hal perilaku atau kebiasaan unik pemakaian jejaring sosial ini. Lalu seperti apakah kebiasaan dan perilaku unik yang ada para pengguna media sosial di Indonesia ini? Berikut ulasannya.

1. Ngobrol, Flirting di Timeline

Kebiasaan dan perilaku pertama Orang Indonesia adalah ngobrol dan flirting di timeline. Bangsa Indonesia yang terkenal dengan budaya menyapa ternyata juga terbawa di dunia maya, terutama di twitter. Dengan melakukan mention, para pengguna #Twitter ini yang mencoba memulai obrolan dengan mengajak orang yang di mention untuk membahas sebuah topik tertentu.

Dari pembicaraan soal makan siang hingga urusan politik dan negara bisa mereka bahas dengan sangat intens. Para pengguna Twitter di Indonesia ini juga tak jarang yang melakukan kebiasaan flirting atau menggoda pengguna yang lain. Dalam hal ini mereka akan mencoba mengajak ketemuan atau hal-hal yang sifatnya sangat personal yang tidak ada hubungannya dengan informasi publik.

Artikel lain: 5 Kota Dengan Koneksi Internet Tercepat di Indonesia

2. Membuka Toko Online di Instagram

Media sosial Instagram sejatinya bukanlah platform atau sarana untuk berjualan online. Tapi di Indonesia hal ini bisa saja terjadi. Ya, jejaring sosial berbasis gambar ciptaan Kevin Systrom ini oleh orang Indonesia memang telah banyak dijadikan tempat atau sarana mencari uang dengan menciptakan toko online.

Memang sampai sekarang dari pihak Instagram sendiri tidak melarang aktivitas yang hanya terjadi di Indonesia itu. Uniknya ternyata #toko online yang mereka buat di Instagram ini banyak yang mennemui kesuksesan. Beberapa toko online personal yang sukses itu diantaranya adalah SaroengMaumere, Kamengski dan masih banyak lagi.

3. Nge-like Semua Page Di Facebook

Diantara semua negara pengguna #Facebook, hanya Indonesia yang memiliki grafik pertumbuhan tombol “like” yang paling cepat. Entah karena hanya latah, ikut-ikutan, atau memang benar-benar menyukai sebuah tema di Page, namun inilah kenyataannya, Facebooker Indonesia sangat mudah sekali mengklik like di Facebook.

Fenomena perilaku unik para Facebooker di Indonesia ini akhirnya banyak dimanfaatkan oleh banyak brand untuk bisa meningkatkan “like” pada halaman Facebooknya. Apalagi dengan iming-iming hadiah, Facebooker Indonesia sangat mudah terpancing untuk melakukan aktivitas itu.

4. Memasang Foto-foto Anak

Jika Anda tahu bahwa memajang foto anak dari bayi hingga balita sebenarnya melanggar privasi anak. Tapi entah kenapa pengguna media sosial di Indonesia, terutama para orangtua sangat gemar memposting gambar anak-anaknya di jejaring online tersebut.




Padalah jika Anda sadari perilaku dan kegiatan ini sangat berbahaya sekali karena foto tersebut akan menjadi sasaran para pedofilia yang terus berkeliaran di dunia online. Untuk mengatasi hal ini, sebenarnya di media sosial Facebook sudah ada fitur untuk memproteksi siapa saja yang boleh melihat postingan, namun kadang para Facebooker agak tidak mempedulikannya.

5. Kultweet

Selain mengobrol dan menggoda, orang Indonesia juga acapkali menggunakan Twitter untuk berbagi pengetahuan (kultweet) kepada para followers-nya. Orang Indonesia memang suka berbagi pengetahuan. Entah apapaun bidang yang dikuasasinya, meraka dengan keilmuan dan pengalaman yang dimilikinya dengan suka rela berbagi pengetahuannya di timeline.

Biasanya kegiataan kultweet ini ditandai dengan adanya penggunaan nomor yang berurutan. Tak jarang nomor dalam perilaku kultweet ini bisa mencapai ratusan nomor. Dan uniknya lagi ternyata para follower ini dengan setia dan sangat antusias mengikuti kultweet yang ada.

Baca juga: 8 Fakta ‘Tersembunyi’ di Balik Media Sosial Facebook Saat Ini

6. Twitwar

Obrolan dan pembahasan yang ada dan sedang berlangsung di Twitter tak jarang juga yang berujung perdebatan, pertentangan dan perseteruan (twitwar). Di Indonesia, perilaku ini sudah bukanlah hal yang luar biasa. Bahkan twitwar di Indonesia yang panas di timeline tak jarang juga akan memunculkan perkelahian, adu fisik, duel secara offline. Seperti yang terjadi beberapa waktu lalu antara dua kubu yang berbeda pendapat.

7. Minta Ijin Follow

Terakhir kebiasaan dan perilaku unik pengguna media sosial di Indonesia adalah meminta ijin follow. Setiap follower ini memang bisa memfollow, mengunfollow, memblock siapapun yang mau. Tapi beberapa tweeple di Indonesia ini sangat ramah, mereka meminta ijin dulu ketika akan memfollow seseorang. Namun sebaliknya jarang sekali yang meminta ijin untuk unfolllow. Unfollow kadang dianggap tidak mau berteman.



2 total comments on this postSubmit yours
  1. Curhat di tembok alias wall Facebook…. itu yang sering saya temui.

  2. Tambah lagi gan, sering curhat

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud