Inilah 6 Peluang Bisnis yang Bisa Anda Dilakukan Disaat Waktu Luang

Inilah 6 Peluang Bisnis yang Bisa Anda Dilakukan Disaat Waktu Luang

Image dari Myfamilyclub.net
Image dari Myfamilyclub.net

Tuntunan hidup yang semakin tahun semakin besar membuat banyak orang terus berusaha mencari penghasilan lebih. Tak ayal bila kemudian banyak beberapa pegawai perusahaan yang mencari tambahan uang selepas atau sebelum mereka bekerja.

Waktu luang yang masih bisa dimanfaatkan menjadi arena untuk mereka melakukan pekerjaan kedua. Namun Anda juga harus ingat bahwa membagi waktu untuk dua pekerjaan tidaklah semudah yang dilakukan. Apalagi Anda yang sedang berkeluarga, tentu Anda harus berusaha lebih bijak dalam mengatur waktunya.

Dalam sebuah penelitian diungkap bahwa pekerja yang biasa bekerja di jam 9 pagi hingga pukul 5 sore memiliki peluang untuk menambah penghasilannya jika mereka benar-benar menginginkanya. Pekerjaan kedua yang bisa berupa bisnis ini tidak harus Anda lakukan di dalam kantor, namun Anda bisa melakukannya di rumah dengan sederhana selepas Anda pulang dari kantor. Lalu apa saja pekerjaan atau peluang bisnis yang bisa dilakukan disaat waktu luang tersebut? Berikut ulasannya.

1. Berjualan Barang Bekas

Peluang bisnis  pertama yang bisa Anda kerjakan di waktu luang yaitu berjualan barang bekas. Pastinya di rumah, Anda memiliki barang-barang bekas yang sudah habis pakai. Barang-barang seperti buku, baju, sepeda, dan lainnya bisa Anda jual kembali kepada orang yang membutuhkan hingga Anda mendapatkan penghasilan atau uang dari penjualan tersebut.

Apalagi kini dengan makin banyaknya marketplace (toko pemasaran online) yang menawarkan penjualan barang-brang bekas. Dengan mengapload foto barang bekas Anda ke situs marketplace tersebut Anda bisa menawarkan dan menjual barang bekasa Anda pada online shopper.

Artikel lain: 6 Alasan Mengapa Peluang Bisnis Online Cocok Sebagai Usaha Sampingan

Dengan sistem pemayaran secara COD (Cash On Delivery) Anda pun akan lebih nyaman dan aman dalam penjualannya. Namun jika Anda mau menjualnya secara offline, Anda pun bisa saja menjualnya secara langsung ke customer atau dengan sistem garage sale.

2. Menjadi Penulis Lepas

Sejak kehadiran #internet dan maraknya atau ramainya dunia blogging, profesi penulis lepas memang semakin banyak dibutuhkan. Kebutuhan blog untuk terus diupdate membuat pemilik blog mau tak mau harus mencari para penulis lepas. Maka dari itu untuk Anda yang memiliki bakat menulis yang baik kenapa Anda tak mencoba profesi ini sebagai #peluang bisnis sampingan.

Selepas bekerja Anda bisa mengerjakan kegaiatan menulis ini di rumah Anda untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Untuk mencari job penulis lepas saat ini sangatlah mudah. Anda bisa mencarinya langsung melalui search engine atau dari #media sosial atau juga dari beberapa situs yang menyelenggarakan dan menawarkan job penulis lepas ini.

3. Merancang Situs Web

Masih diseputar marak bermunculannya #website, jika Anda tidak jago menulis tapi Anda jago merancang dan mendesain website, maka peluang Anda ada disana. Anda bisa menjadi seorang desainer website. Peluang bisnis ini juga bisa Anda kerjakan secara remote (jarak jauh) dari rumah.

Namun untuk mendapatkan pekerjaan ini Anda haruslah memiliki portofolio sebagai bahan pertimbangan owner untuk merekrut Anda. Pekerjaan tambahan ini juga bisa Anda cari dari search engine, media sosial dan situs yang menyelenggarakannya.

4. Membuka Jasa Guru Privat

Jika Anda adalah seorang pendidik, maka menjadi guru privat bisa menjadi solusi untuk Anda mendapatkan penghasilan tambahan. Kebutuhan akan materi pelajaran yang lebih mendalam sepertinya tetap menjadi perhatian lebih dari orang tua dan anak-anak. Apalagi kini Ujian Nasional (UN) dan ujian masuk perguruan tinggi yang makin sulit membuat para orang tua dan anak-anak merasa harus mencari guru privat atau bimbingan belajar di luar jam sekolah.

Anda memang bisa saja mendapatkan pengahasilan dari menjadi tentor di sebuah bimbingan belajar, namun alangkah baiknya jika Anda membuka pembelajaran sendiri di rumah sendiri.

5. Menjadi Penerjemah

Seorang translator atau penerjemah saat ini memang banyak dibutuhkan oleh beberapa perusahaan untuk menunjang bisnisnya. Jika Anda memiliki bakat dan keahlian bahasa asing maka menjadi penerjemah bisa Anda lakukan untuk mencari penghasilan tambahan. Profesi penerjemah ini umumnya juga bisa dilakukan di rumah secara remote (jarak jauh) sebagai pekerjaan part time.

Baca juga: 5 Peluang Bisnis Potensial Bagi Buruh Migran Indonesia

6. Peluang Bisnis Kerajinan Tangan

Terakhir, peluang bisnis dari waktu luang yang bisa Anda kerjakan yaitu membuat kerajinan tangan. Anda yang memiliki bakat membuat beberapa kerajinan tangan yang cantik dan menarik adalah hal dan potensi yang besar untuk mendapatkan penghasilan tambahan selepas bekerja di kantor. Anda bisa memasarkan hasil kerajinan tangan Anda melalui offline atau online yang kini makin digemari karena bisa mendatangkan penjualan yang cukup tinggi.

1 KOMENTAR

  1. Luar biasa bisnis yang di tawarkan untuk para pekerja kantoran yang mempunyai waktu luang, perlu di coba ne, terima kasih

Tinggalkan Balasan