5 Peluang Bisnis Potensial Bagi Buruh Migran Indonesia

5 Peluang Bisnis Potensial Bagi Buruh Migran Indonesia

Image dari abc.net.au
Image dari abc.net.au

Menjadi tenaga kerja di luar negeri atau sering disebut dengan buruh migran memang didasari dengan berbagai pertimbangan. Ada yang memang ingin mendapatkan pendapatan yang tinggi, ada yang ingin menambah pengalaman dan tentunya masih abanyak alasan yang lain.

Memang menjadi seorang buruh migran menawarkan gaji dan pendapatan yang relatif lebih besar jika dibanding dengan buruh di Indonesia. Namun saya yakin menjadi seorang buruh migran tidak akan bisa dijalankan selamanya. Akan ada waktunya dimana Anda harus berhenti dan memulai hidup kembali di Indonesia.

Nah, masalahnya yang sering saya lihat, seseorang yang lama menjadi tenaga kerja di luar negeri selama ini sering “buta” terhadap #peluang bisnis yang ada di sekitarnya. Ya meskipun ini tidak semuanya, masih adalah mantan buruh migran yang sukses menjalankan usaha setelah kembali ke Indonesia. Nah, jika teman-teman saat ini masih aktif menjadi buruh migran, tidak ada salahnya untuk mencoba menjalankan bisnis mulai saat ini.

Artikel lain: 6 Jenis Peluang Usaha Untuk Pensiunan Atlet, Profesi Jadi Bisnis

Ada banyak peluang usaha sampingan saya kira yang bisa dikerjakan di sela-sela kesbukan pekerjaan teman-teman. Apa sajakah peluang itu, yuk di simak ulasan sederhana di bawah ini.

1. Bisnis Online

Tentu saja #bisnis online menjadi pilihan yang sangat tepat untuk teman-teman semua. Kenapa demikian, karena bisnis online sangat memberikan ruang yang luas untuk pengelolaannya. Bisa dikelola di mana saja, selama ada koneksi internet tentunya. Nah, perlu teman-teman ketahui bahwa ruang dalam bisnis online ini sangat luas sekali.

Ada banyak pilihan di dalamnya yang bisa dijadikan sebuah usaha bisnis. Untuk bisnis online, teman-teman bisa memasuki pada dunia blogging, membuat #toko online, menjalankan bisnis affiliasi, menjalankan bisnis dropshiper dan masih banyak lagi yang lainnya.

2. Bisnis Kuliner

Selanjutnya adalah #bisnis kuliner, bisnis ini di manapun tempatnya seakan tidak pernah lekang oleh waktu. Di negeri seberang pun bisnis ini masih dan terus menjadi bisnis primadona. Nah, sebagai seorang buruh migran dari Indonesia, tentu teman-teman tidak sendirian, ada banyak sekali buruh migran Indonesia yang bekerja di luar negeri.

Selain buruh migran, orang Indonesia yang berada di luar negeri rata-rata jika ingin makan atau sekedar membeli makanan ringan biasanya akan mencari resto masakan Indonesia. Nah, kita manfaatkan peluang bisnis ini.

Ya, meskipun mungkin teman-teman tidak atau belum bisa full setiap hari mengurus bisnis ini, tapi setidaknya untuk bisnis rintisan bisa dikerjakan ketika mendapat jatah libur. Sebagai permulaan, teman-teman bisa membuat makanan ringan sebisanya sesuai dengan lidah kita orang Indonesia, lalu coba tawarkan pada teman-teman terdekat Anda.

3. Bisnis Salon Kecantikan

Peluang berikutnya adalah bisnis salon kecantikan. Informasi ini saya dapat setelah sedikit ngobrol dengan beberapa teman buruh migran Indonesia di luar negeri. Kecantikan masih menjadi daya tarik yang kuat bagi para wanita. Apalagi bagi teman-teman yang tinggal di luar negeri, kebanyakan dari mereka cukup sadar akan pentingnya menjadi wanita yang menarik.

Peluang ini sangat bagus untuk dikerjakan. Cara mengerjakannya adalah jemput bola, jadi kita yang mendatangi beberapa buruh migran lalu mencoba menawarkan jasa pada mereka.

4. Bisnis Event Organizer

Peluang bisnis ini juga termasuk peluang yang sangat potensial untuk dijalani. Di kalangan buruh migran di luar negeri, teman-teman sering mengadakan event-event akbar dalam rangkaian bermacam-macam acara. Mereka di sana sering menggelar konser musik, pengajian atau event besar lainnya. Nah, peluang ini bisa teman-teman manfaatkan untuk dijadikan sebuah bisnis.

Namun, untuk menjalankan bisnis ini sendiri juga memerlukan usaha yang tidak mudah. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk pertama kali adalah dengan menjalin hubungan dengan event organizer yang sudah ada. Anda bisa belajar, atau bahkan turut serta membantu di dalamnya.

5. Bisnis Fashion

Bisnis ini begitu menjanjikan, melihat banyak pekerja wanita yang berada di luar negeri sangat memperhatikan kebutuhan fashion mereka. Teman-teman bisa menjalankan #bisnis fashion ini secara online maupun secara offline.

Secara online bisa dipasarkan melalui banyak cara, seperti #media sosial Facebook, Twitter dan lain-lain. Untuk cara offline, teman-teman bisa langsung memasarkannya di tempat-tempat di mana bisanya banyak buruh migran Indonesia berkumpul.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan