Inilah 5 Paten Teknologi Milik Apple yang Paling Ditunggu Kehadirannya

Inilah 5 Paten Teknologi Milik Apple yang Paling Ditunggu Kehadirannya

Image dari techmaza.org
Image dari techmaza.org

Penemuan yang dipatenkan adalah suatu magnet yang menarik bagi dunia #teknologi. Hal ini menunjukkan kalau perkembangan teknologi benar-benar bergerak secara dinamis dan mampu memunculkan penemuan futuristik. Perusahaan sekelas Apple bahkan rajin membuat penemuan sebagai bagian dari portofolio perusahaan mereka.

#Apple mungkin tidak memimpin dunia teknologi dari segi kuantitas. Kendati demikian, selalu ada produk baru yang memiliki ciri khas dan memiliki nuansa canggih yang kental. Setidaknya 5 penemuan Apple yang sudah dipatenkan ini akan sangat bermanfaat jika bisa diwujudkan dalam bentuk produk aktual.

1. Headphone Biometric untuk Pelacakan

Penemuan Apple yang satu ini memiliki nama lengkap biometric-tracking headphone. Diajukan sejak tahun 2008, headphone yang satu ini mengacu pada sistem sensor yang mendeteksi karakteristik penggunanya. Denyut jantung, temperatur tubuh, dan keringat bisa dideteksi dari pergerakan yang dilakukan oleh sang pemakai.

Mungkin penemuan ini terdengar sangat keren. Namun akan lain jadinya bila penemuan ini disandingkan dengan penemuan Apple yang lain. Yaitu penemuan yang mampu melayani pemasangan iklan berdasarkan data biometrik seseorang. Nantinya ketika seseorang memakai perangkat tersebut, maka sistem akan mendeteksi secara otomatis dan memberikan rekomendasi tentang apa yang harusnya dibeli atau dilakukan.

Artikel lain: Steve Jobs – Pendiri Perusahaan Teknologi Apple

2. Perangkat Elektronik Tahan Air

Mungkin hal ini sudah menjadi salah satu masalah umum yang sering dihadapi pengguna teknologi. Perangkat elektronik yang tak sengaja terkena air akhirnya akan rentan mengalami kerusakan. Didasari masalah tersebut, Apple juga menggagas penemuan perangkat elektronik tahan air.

Ide yang direncanakan cukup sederhana. Hanya melapisi komponen elektronik yang rentan kerusakan dengan lapisan hydrophobic. Hydrophobic sebenarnya sudah lama ditemukan dan telah diaplikasikan ke banyak benda atau peralatan. Namun untuk perangkat elektronik, Apple menjadi yang paling agresive dengan mematenkan temuan tersebut.

3. Fitur “A walk and text”

Pada tahun 2012, Apple pernah mengajukan sebuah penemuan unik di bidang sistem SMS. Latar belakang fitur “a walk and text” adalah kesulitan para pengguna smartphone saat harus mengirim SMS sambil berjalan.

Fitur yang satu ini begitu unik. Saat seseorang sedang mengetik SMS, kamera utama smartphone akan menampilkan jalanan yang berada di hadapannya. Tentu saja bidikan kamera tersebut muncul dengan penampilan semi transparan pada layar smartphone. Mungkin saja fitur yang satu ini cukup efektif untuk mencegah kesulitan membalas SMS sambil berjalan, ya.

4. Voicemail Screener

Voicemail screener diajukan sepanjang tahun 2003. Konsep voicemail screener ini juga tak kalah sederhana namun sangat berguna seperti penemuan lainnya. Penemuan ini memungkinkan para pengguna iPhone untuk mendengarkan pesan suara saat mereka meninggalkan smartphone tersebut. Selain itu, voicemail screener juga dilengkapi dengan pilihan untuk mendengarkan bagian tengah pesan.

5. Car-Finder

Bagaimana perasaan kita saat mendadak kehilangan mobil di lokasi yang ramai? Ini menjadi salah satu permasalah umum yang sering dialami masyarakat perkotaan. Terlebih ke depan, kepadatan mobil nampaknya juga akan semakin meningkat.

Tentu saja kita akan merasa kebingungan bahkan sampai frustasi. Penemuan yang dipatenkan Apple pada 2013 ini memang terkesan sangat simpel. Karena ternyata car finder adalah sebuah teknologi sambungan iPhone dengan bluetooth. Nantinya bluetooth di dalam mobil tersebut bisa dikontak via iPhone untuk kemudian membuka pintu mobil dan mengarahkan si pemilik menuju ke lokasi mobilnya.

Baca juga: 10 Orang Paling Berpengaruh di Apple Sepeninggal Steve Jobs

Nah, demikianlah kelima penemuan Apple yang sudah dipatenkan namun belum diwujudkan ke dalam bentuk produk nyata. Memang menarik kala kita bisa menyaksikan terobosan baru yang disuguhkan sang raksasa teknologi. Entah akan diwujudkan atau tidak, penemuan yang dipatenkan itu sukses membuat para pengguna teknologi jadi makin penasaran.

Penemuan-penemuan tersebut memang nampak sederhana, namun tentu terasa sangat berguna ketika kita membutuhkannya. Inovasi apalagi yang nantinya akan mempermudah aktivitas kita di masa depan?

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan