Inilah 4 Cara Sederhana untuk Mendapatkan Pengunjung Blog, Cobalah!

cara mendapatkan pengunjung blog

Image dari Cindybuccieri.com

Pengunjung blog memang sangatlah penting keberadaannya bagi seorang #blogger. Bagaimana tidak, keberadaan pengunjung blog ini memang akan menentukan peluang blogger untuk sukses dalam mengembangkan blog. Apapun itu tujuannya, entah popularitas, eksistensi atau monetisasi blog, semuanya butuh kehadiran pengunjung blog yang membantunya mencapai tujuan.

Semakin banyak dan rutin pengunjung yang datang ke blog mereka maka semakin besar pula kesempatan blogger tersebut untuk meraih sukses dalam #blogging. Namun untuk mendapatkan pengunjung blog ini tidaklah mudah.

Seorang blogger haruslah berjuang dan bekerja keras untuk bisa mendapatkan pengunjung tersebut. Namun meski tak mudah, bukan berarti hal ini tak bisa Anda capai. Anda hanya membutuhkan beberapa cara dan langkah agar Anda bisa mendapatkan pengunjung blog. Berikut ulasannya.

1. Dari Mulut Ke Mulut

Cara pertama untuk mendapatkan pengunjung adalah dengan promosi dari mulut ke mulut. Cara atau strategi ini terbilang langkah konvensional atau lama untuk sebuah cara berpromosi. Namun meski merupakan teknik yang kuno, cara ini masih terbukti efektif untuk membuat blog dikunjungi dan didatangi pengunjung.

Tapi bagaimana caranya untuk menjalankan teknik ini? Namanya promosi dari mulut ke mulut tentu Anda harus bertemu dan berbicara langsung dengan calon pengunjung blog Anda. Anda bisa menceritakan blog Anda ke teman-teman atau keluarga besar Anda. Ceritakan bahwa Anda memiliki blog dan konten yang tulis di sana.




Artikel lain: Ini Kegiatan Blogwalking yang Semestinya Dilakukan Blogger

Jangan lupa juga memberi tahu link url alamat blog kamu serta meminta mereka berkunjung ke blog Anda tersebut. Jika mereka suka dengan cerita dan tampilan blog Anda maka bisa dipastikan mereka akan berkunjung lagi ke blog Anda.

2. Gunakan Media Sosial dan Aplikasi Pesan Instan

Cara kedua untuk mendapatkan pengujung blog ini sudah terbilang modern. Caranya adalah dengan menggunakan #media sosial. Media sosial saat ini memang sangat fenomenal sebab hampir setiap orang memiliki akun media sosial. Maka bila Anda ingin mendapatkan pengunjung blog Anda bisa menggunakan media sosial untuk mempromosikan blog.

Caranya Anda bisa menuliskan link URL blog atau postingan blog untuk update status di Facebook atau update tweet di Twitter. Untuk lebih tepat sasaran Anda bisa menuliskan link URL blog ini pada komunitas blog yang ada pada Facebook dan #Twitter. Disini penulis berikan contoh Facebook dan Twitter karena kedua media sosial ini merupakan media sosial terbesar di dunia.

Tentunya tidak hanya Facebook dan Twitter yang bisa Anda manfaatkan untuk promosi blog ini. Anda juga bisa memanfaatkan media sosial lain seperti Path, Instagram, atau  #aplikasi pesan instan seperti BBM, WhatsApp, Line dan lainnya.




3. Blogwalking dan Memberikan Komentar di Blog Lain

Berikutnya cara untuk mendapatkan pengunjung blog adalah dengan #blogwalking. Blogwalking sendiri adalah kegiatan berkunjung ke blog-blog lain. Tidak hanya sekedar berkujung, dalam blogwalking blogger juga diharapkan bisa berinteraksi dengan pemilik blog tersebut. Caranya Anda bisa memberi komentar pada postingan atau menjadi subscriber blog yang ada.

Dengan menjalin interaksi lewat kegiatan blogwalking ini maka Anda akan berpeluang besar untuk mendapatkan pengujung blog dari blogger yang blog-nya telah Anda kunjungi tersebut. Namun untuk benar-benar mendapatkan kunjungan balik pastikan Anda untuk menjalin hubungan dan interaksi yang baik saat blogwalking tersebut. Semakin baik tingkat interaksi Anda maka semakin besar pula kesempatan Anda untuk mendapatkan pengunjung blog yang setia.

Baca juga: 7 Tips untuk Membuat Pengunjung Betah Berada di Blog Anda

4. Jadikan URL Blog Sebagai Signature Email dan Forum

Terakhir, cara untuk mendapatkan pengunjung blog adalah dengan menjadikan URL blog sebagai signature #email dan forum. Maksudnya disini adalah dengan aktif di forum dan mengganti thread atau postingan di forum tersebut dengan URL blog Anda. Meski hal ini adalah usaha coba-coba, namun banyak blogger yang sudah membuktikan bahwa mereka bisa mendatangkan pengunjung dari usaha ini.

Selain di forum, Anda juga bisa mencobanya pada email. Caranya tentu saja dengan mengirim email ke teman-teman dan rekanan Anda dengan mencantumkan alamat URL blog Anda. Teknik atau cara ini memang bertujuan untuk memperluas jaringan blog Anda. Karena semakin luas jaringan blog yang Anda miliki maka semakin besar Anda akan memperoleh pengunjung blog.



14 total comments on this postSubmit yours
  1. KEREN….BENER-BENER WEBSITE MAXMANROE INI SUDAH SEPASTINYA MENJADI SITUS TERBAIK

  2. makasih gan infonya mau ane terapkan di saladinez.blogspot.com ya hehehe

  3. cara yang simple dan mudah dipraktikam no 2 dan 3. saya sebagai blogger pemula sangat terbantukan dengan artikel diatas,

  4. Thanks Info nya Bermanfaat banget..
    saya sudah coba untuk no 1-3 dan terlihat peningkatan walapun belum signifikan..
    tinggal coba yang no 4 semoga semakin meningkat..

  5. makasih iinfonya gan
    btw nomer 4 caranya gimana?

  6. ane mau tanya untuk tips yang ke 4 gan, bagaimana kita bisa mempromosikan web kita melalui email kalau kita sendiri gak tau alamat email yang akan kita kirimkan url blog kita gan.

  7. kalau saya belum pernah mencoba yang nomor 4 itu mas, kyaknya menarik ya mas

  8. Min saya mau bertanya apakah langkah nomer 2 ini nantinya berpengaruh pada penilaian dari Google? karena saya baca-baca beberapa artikel google lebih suka pengunjung blog datang melalui pencaria organik di Google. Apa bedanya ya min?

    Mohon penjelasannya. Terima kasih.

  9. saya lebih suka cara nomor 2 karena itu cara paling keren dan instant, yg penting modal ads, heheh

  10. bang mau nanya nih , berapa sih pageview perhari sebuah trafik blog yang tergolong tinggi ? kalo blog saya Boruchigo.blogspot.com udah 1rb perhari pageviewnya, apa itu tergolong trafik yang tinggi bang?

    makasih :D

    • Masih terhitung kecil mas kalau 1000 pv per day

  11. memang cara ke 2 yang paling mudah dan simpel apalagi media sosial lahan yang potensial buat narik visitor blog hehehe…

  12. Menurut hemat saya tips trik diatas musti dicoba. Terlebih ketika blogwalking untuk berinteraksi sesama blog sehingga memungkinkan adanya pertukaran wawasan tentang blogging. :)

  13. Cara di atas memang mudah. Saya paling suka yang nomor 2, saya rasa paling simpel. :-)

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud