Ingin Tuntaskan Masalah Kesehatan Dunia, Bos Facebook Siapkan Dana $3 Miliar

chan-zuckerberg-initiative

Image dari Nytimes.com

Jika kita menilik kembali beberapa tokoh besar di bidang industri teknologi, maka kita akan mendapati sebagian diantaranya memiliki jiwa sosial yang luar biasa besar. Salah satunya yakni pendiri sekaligus CEO perusahaan media sosial Facebook, Mark Zuckerberg. Milioner muda yang satu ini, sudah lama dikenal mempunyai perhatian tinggi terhadap bidang sosial terutama dalam kesejahteraan masyarakat.

Dan yang terbaru, Mark Zuckerberg kabarnya telah menyiapkan dana sekitar 3 miliar dolar atau setara dengan Rp39 triliun untuk proyek pengembangan di bidang kesehatan. Proyek tersebut memiliki misi utama untuk menyelesaikan berbagai masalah kesehatan yang ada di dunia dalam jangka waktu 100 tahun mendatang.

Ambisi Sang Milioner Muda

Sebagai seorang milioner muda yang memiliki visi luar biasa, Mark Zuckerberg selalu mempunyai cara untuk mengekspresikan diri lewat beragam proyek teknologinya. Setelah sukses mendirikan Facebook sejak tahun 2004 ketika masih berstatus sebagai mahasiswa perguruan tinggi, perlahan perusahaannya tersebut menjadi kerajaan bisnis besar yang mencakup banyak bidang industri lain.

Namun di sela upaya ekspansi bisnis tersebut, Mark juga tak lupa menyisipkan beragam tujuan bernafas sosial. Sebelumnya kita mengetahui salah satu proyek #Facebook yang mana  ingin mengembangkan akses internet yang mudah bagi masyarakat di kawasan terpencil. Tentunya tidak itu saja, pria yang telah berjanji akan menyumbangkan 99% kekayaannya untuk kepentingan sosial dan kemanusiaan ini, masih menyimpan segudang rencana lain.

Artikel lain: Mark Zuckerberg – Pendiri Facebook.com

Yang terbaru, diungkap secara resmi bahwa Mark Zuckerberg telah menyiapkan dana sebesar Rp39 triliun untuk mengembangkan laboratorium penelitian kesehatan. Proyek ini nantinya akan ditukangi oleh badan amal yang ia dirikan bersama sang istri, Chan Zuckerberg Initiative.

Fokus Pada Empat Masalah Kesehatan Utama

Untuk mengawali pengembangan proyek penelitian kesehatan, nantinya Chan Zuckerberg Initiative akan berfokus pada 4 masalah kesehatan utama yang menjadi momok bagi masyarakat dunia. Empat masalah tersebut yakni kanker, penyakit jantung, penyakit infeksi serta penyakit saraf. Mengenai alasan mengapa mengutamakan 4 masalah kesehatan ini adalah karena, keempatnya menyumbang angka kematian dalam jumlah sangat besar di seluruh dunia. Selain itu beberapa penyakit yang berkaitan juga masih belum ditemukan obat atau terapi penyembuhannya.

Untuk itu, pengembangan yang dilakukan oleh Chan Zuckerberg Initiative dilaksanakan dalam tiga tahap yakni bagaimana mengobati, mencegah dan juga menangani penyakit tersebut dengan #teknologi yang tempat. Dan dengan dana yang ada, nantinya akan digunakan untuk mengumpulkan para ahli baik itu ilmuan serta teknisi yang akan membantu mengembangkan alat dan teknologi baru terkait dengan penyakit yang dihadapi.

Proyek Tahap Pertama

Mengenai tahap pertama dari proyek penelitian kesehatan Mark Zuckerberg, yakni dengan membangun sebuah fasilitas penelitian kesehatan yang diberi nama Biohub. Menghabiskan dana tak kurang dari 600 juta dolar, nantinya turut dilibatkan pula para ilmuan dan teknisi dari Universitas Stanford, UCSF, Universitas Berkeley serta tentunya para teknisi berpengalaman dari badan Chan Zuckerberg Initiative.

Dalam keterangannya, disebutkan bahwa proyek pertama yang sedang digodok oleh pusat riset Biohub adalah peneliti sejumlah jenis sel yang mengatur organ tubuh manusia. Dalam upaya tersebut, tim melakukan sejumlah tes dan membuat vaksin baru untuk mengatasi masalah krusial seperti HIV, ebola dan Zika. Dan kedepan, tim akan menambah jumlah penyakit yang coba dicari alternatif penyembuhannya.




Baca juga: Ingin Tahu Tips Hemat Dari Mark Zuckerberg, Simak Di Bawah Ini

Mark menyebut bahwa, upaya penelitian kesehatan ini merupakan upaya jangka panjang yang membutuhkan waktu dan tenaga dalam jumlah besar. Oleh karena itu, pihaknya merasa bahwa kesabaran sangat dibutuhkan hingga nantinya hasil penelitian bisa diaplikasikan pada bidang medis secara luas.

Jika nantinya misi kemanusiaan yang dijalankan oleh Mark Zuckerberg berhasil menemui kesuksesan, bukan tidak mungkin bisa memberi harapan baru bagi anak cucu kita di masa depan untuk kehidupan yang lebih baik. Bersama dengan Mark, terdapat juga beberapa miliarder lain dari industri teknologi yang memiliki pemikiran sejalan dalam mengembangkan proyek sosial, seperti contohnya Bill Gates, Tim Cook, Elon Musk, Michael Bloomberg dan taipan bisnis media Richard Branson.



1 comment on this postSubmit yours
  1. memang luar biasa ambisi dari bos Facebook ini

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud