Ingin Terlihat Cerdas Di Media Sosial? Inilah Caranya!

cerdas sosial media

Media sosial memang menjadi salah satu sarana komunikasi paling populer saat ini. Setiap aktivitas yang kita lakukan bisa kita posting di media sosial sebagai bentuk keisengan atau informasi bagi orang lain. Kendati begitu terbuka, penggunaan media sosial harus tetap dilakukan secara tricky supaya kita bisa tampak cerdas dan pandai menempatkan diri.

Mengenai tips menggunakan #media sosial secara cerdas, ketiga orang tim eksekutif dari media sosial paling populer di dunia akan membagikannya tipsnya pada kita. Mereka adalah Deepanjan De dari Facebook, John Mayhall dari LinkedIn dan Brett Goldslager dari Twitter.

1. Kenali Platform yang Kita Gunakan

#Facebook, LinkedIn dan Twitter memang sama-sama media sosial, akan tetapi ketiganya punya esensi dan maksud penggunaan yang jauh berbeda. Kalau Twitter biasanya digunakan untuk memberikan pelayanan secara real time, maka Facebook bertujuan untuk mendorong para pengguna internet untuk masuk ke sebuah website atau tujuan yang kita inginkan.



Kesan lainnya juga diberikan oleh LinkedIn dengan maksud agar para penggunanya tampak seperti seorang yang #profesional dan update terhadap perkembangan dunia kerja. Nah, sekarang tentu kita lebih menyadari perbedaan ketiga media sosial tersebut kan?

Begitu pula dengan media sosial lain yang punya tujuan berbeda-beda seperti Youtube, Instagram, Path atau Vine.

Artikel lain: 5 Cara Beretika Menghadapi Perdebatan di Media Sosial

2. Tawarkan Nilai yang Berharga pada Pengguna Internet

Menurut Depanjan De, Facebook bisa digunakan sebagai salah satu cara untuk mendapatkan perhatian pelanggan. Kalau kita hanya mem-posting foto anjing dan mengajak pengguna Facebook untuk memberi like, hal ini tentu tidak efektif bagi bisnis kita. Akan tetapi kalau kita punya toko kue dengan akun aktif di Facebook, maka kita bisa menjangkau calon pelanggan yang sebelumnya tidak pernah kita kenal.

Sementara John Mayhall menyatakan kalau #LinkedIn adalah tempat yang tepat untuk menawarkan bantuan bagi orang lain. Akan menjadi nilai tambah bila kita menjalin networking dengan para pengguna LinkedIn lainnya untuk memperoleh informasi tertentu.

Berbeda halnya dengan #Twitter yang mengetengahkan nilai esensi konten. Para pengguna Twitter akan tertarik untuk mengikuti konten kita dan menjalin komunikasi jika kita berhasil menghadirkan konten yang unik dan sesuai dengan kepentingan mereka.

3. Aktif di Media Sosial dengan Durasi yang Tepat

Keaktifan di media sosial juga harus memperkirakan durasi yang tepat. Misalnya di Facebook, melakukan posting konten 1 hingga 2 kali seminggu dengan konten berkualitas akan membantu kita meraih perhatian para pengguna Facebook lainnya. Hal ini lebih berguna dari pada sering mem-posting konten namun konten tersebut kurang menarik perhatian.

Melalui LinkedIn, aktif dengan durasi 20 kali per bulan bisa membuat kita meraih 60% jalinan networking yang efektif dan bermanfaat bagi karir kita. Lain halnya dengan Twitter yang menuntut kita untuk lebih aktif, dengan durasi posting 3 hingga 5 kali per hari. Durasi posting di Twitter membantu kita tetap update di timeline dan meraih perhatian banyak pengguna Twitter.

4. Mengombinasikan Tindakan Online dan Offline

Kombinasi online dan offline memang dibutuhkan untuk memaksimalkan penggunaan media sosial. Kita bisa meletakkan kontak yang jelas pada media sosial supaya para pengguna #internet yang melihatnya lebih leluasa menghubungi kita secara personal. Tawarkan pelayanan offline yang sama baiknya dengan konten-konten yang kita posting secara online.

Baca juga: 5 Tips Aman Akses Internet Dan Media Sosial Bagi Anak

5. Pertahankan Nilai-nilai yang Ingin Kita Sampaikan

Secara mudah, hal ini bisa diartikan sebagai penyampaian maksud-maksud kita kepada para pelanggan. Ketika kita memiliki toko online yang menjual produk kuliner sebuah pedas, maka kita harus bisa menyampaikan manfaat rasa pedas secara valid kepada para pelanggan.

Sehingga pelanggan bukan hanya mendapatkan kepuasan dari produk kuliner bercitarasa pedas, namun juga memahami maksud kita yang ingin menyampaikan manfaat rasa pedas bagi kesehatan.

Dengan senantiasa aktif menggunakan media sosial secara cerdas, maka pribadi maupun bisnis kita bisa berkembang dengan baik sesuai dengan tren yang sedang berlangsung. Pelajari selalu tips-tips penggunaan media sosial supaya bisa memperoleh strategi modern yang baru dan diminati oleh para pengguna media sosial lainnya.





Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud