5 Cara Beretika Menghadapi Perdebatan di Media Sosial

Perdebatan-di-Media-Sosial

Media sosial yang merupakan sarana orang untuk berbagi dan menumpahkan segala rasa, memang tak dipungkiri dapat mengundang perdebatan antar para penggunanya. Nah perdebatan yang memang seringkali terjadi saat antar pengguna #media sosial ini bertahan pada masing-masing pendapatnya ini memiliki pengaruh negatif jika terjadi terus-menerus.

Sebagai individu, Anda bisa saja kehilangan beberapa teman karena perdebatan ini. Sebagai seorang #professional atau pebisnis tentu saja perdebatan yang berlebihan ini akan membawa pada ketidakpercayan dan rasa kecewa dari para penggemar dan pelanggan Anda. Tentu hal ini sebuah hal yang tidak diinginkan oleh pebisnis dan professional manapun.

Lalu bagaimanakah cara efektif yang bisa dilakukan seseorang untuk bisa mengatasi perdebatan yang berujung pada hal-hal negatif tadi. Sebenarnya ada satu cara paling efektif yang bisa Anda lakukan, yaitu dengan tidak ikut atau keluar dari perdebatan. Hal ini terkadang tak bisa langsung dilakukan karena diskusi yang mungkin Anda awali atau mewakili ketertarikan Anda membuat Anda tak mau lepas dengan diskusi yang berujung perdebatan itu.

Bagi Anda yang sudah terlanjur masuk pada diskusi perdebatan ini, Anda bisa menggunakan lima cara beretika dalam debat berikut ini:

Artikel lain: Hati-hati Dgn Konten Seperti Ini di Facebook atau Twitter

1. Usahakan Tetap Tenang dan Rileks

Untuk menghasilkan pendapat dan pernyataan yang baik, Anda harus dalam keadaan tenang dan tak terbawa emosi. Dengan pikiran yang tenang, Anda bisa berpikir jernih dan mengeluarkan argumen yang masuk akal dan baik. Agar pikiran Anda tenang, Anda bisa sejenak menjauh dari komputer atau gadget Anda menuju luar ruangan dan mengambil nafas yang dalam dan mengeluarkannya dengan perlahan-lahan selama beberapa kali.




Setelah Anda merasa sudah tenang dan rileks, Anda bisa mulai bisa memikirkan argumen apa yang bisa Anda akan berikan. Dengan pikiran yang rileks, Anda tak akan kesulitan untuk memberikan argumen yang baik dan sehat bagi dialog Anda.

2. Bertanya Tentang Manfaat Debat

Hal kedua yang bisa Anda lakukan untuk tetap beretika sehat dalam sebuah perdebatan di media sosial adalah dengan aktif bertanya bukan memberi pernyataan. Terkadang dengan mengajukan pertanyaan, perdebatan akan jauh lebih mereda dan sehat.

Namun tidak semua pertanyaan bisa meredakan perdebatan. Hanya pertanyaan-pertanyaan tertentu, misalnya pertanyaan apakah perdebatan ini berguna untuk kita, bagaimana perdebatan ini bisa kita akhiri? Dengan pertanyaan-pertanyaan seperti ini semua pihak yang terlibat perdebatan akan berpikir dan menyadari bahwa apa yang diperdebatkan adalah hal yang perlu dipertimbangkan lagi.

3. Jangan Terpancing Oleh Komentar Provokatif

Salah satu hal yang membuat dialog atau diskusi menjadi sebuah perdebatan sengit adalah karena adanya pernyataan provokatif. Ya, pernyataan provokatif yang bisa saja sengaja dibuat oleh seorang provokator ini memang berbahaya bagi orang yang memiliki emosi tinggi. Maka dalam sebuah diskusi di media sosial, Anda harus pintar-pintar memilah-milah mana yang termasuk pernyataan biasa dan provokatif.

Jika Anda menemukan pernyataan provokatif ini maka Anda sebaiknya tak terpancing untuk membalasnya. Biarkan saja pernyataan itu mengambang dan berdiri sendiri. jika pun Anda mau membalasnya, Anda bisa membalasnya dengan memberi pernyataan lain yang tidak berhubungan dan tidak berkaitan dengan komentar provokatif tadi.




4. Sampaikan Dengan Sopan Santun

Semua orang pasti senang jika ada orang yang bersikap sopan santun dihadapan mereka. Begitu pula dama media sosial, perilaku sopan akan disenangi oleh siapa saja. Media sosial yang sangat bebas tanpa batasan ini memang seringkali dijadikan tumpahan kekesalan seseorang.

Namun sebagai seorang yang berkualitas, Anda tak selayaknya ikut-ikutan berbicara atau mengeluarkan pernyataan yang tidak sopan, meskipun itu Anda lakukan hanya untuk memperingatkan oraang lain agar tak memprovokasi Anda. Dengan bersikap sopan, Anda akan mendapat penilaian yang baik dimata teman-teman media sosial Anda.

Baca juga: Cara Bijak untuk Menangani Kritik di Media Sosial

5. Ketahui Momen Anda Harus Berhenti Berdebat

Langkah terakhir yang merupakan satu-satunya cara yang bisa Anda lakukan untuk mengindari perdebatan tak sehat ini adalah dengan mencari momen untuk segera berhenti berdebat. Ya, jika perdebatan memang sudah tak lagi bisa Anda kendalikan karena rekan Anda yang sudah tak bisa diberitahu dan dinasehati, maka disaat itulah Anda waktu yang tepat untuk Anda keluar dan berhenti berdebat. Meski sebenarnya belum kita ketahui ujung dari perdebatan ini, namun dengan keluar dari perdebatan setidaknya Anda sudah meminimalisir dampak terburuk yang bisa muncul dari perdebatan yang bisa membahayakan reputasi Anda.



1 comment on this postSubmit yours
  1. setuju, harus tetap tenang dan rileks
    kalau lagi emosi mending jangan menyentuh yang namanya sosial media

    bisa buruk akibatnya

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud